Minggu, 18 Oktober 2015

NETBOOK ASUS INDIKATOR NYALA SEBENTAR TERUS MATI & LAYAR BLANK

Assalamualaikum..

Halo sobat jagad, gimana kabarnya?..semoga baik-baik saja yach..

weekend kemarin ane ngerjain instalasi rumah ane yang lante 2..masih kondisi puasa dan yang bikin capek tu buat tempat pralon untuk kabel..harus pakai betel bahasa jawane..kalau indonesiane gak tahu..dari pagi nyampe sore..mau ngerjain service laptop udah capek duluan udah dech tinggal tidur aje..

lha kok malah curhat..

kali ini ane bukan mau share lho gan..mau nitip tutorial..nanti nyampe rumah tak coba.jadi ceritanya ane beli netbook second yang mati dengan kondisi indikator nyala sebentar kemudian mati. begitu seterusnya..ane tanya sama yang jual. trus dikasih tahu kalau habis dipakai seharian tanpa mati..habis itu setelah dimatikan mau dinyalakan jadi begitu deh hasilnya layar blank indikator nyala sebentar..

weh perkiraanku mesti ada yang short nih bisa jadi chipsetnya atau ada komponen lain..hal itu dikarenakan ada protect..tinggal nanti nak pulang dicoba ah..ditest pakai adaptor khusus..hehe..

ne penjelasan dari blog sebelah..hampir samalah sama fikiranku..


Laptop Lampu Power Nyala Sebentar

Ini adalah salah satu jenis kerusakan laptop pada motherboardnya dimana jika laptop dinyalakan dengan menekan tombol power maka lampu indikator power akan menyala tanpa ada tampilan apapun yang muncul di layar LCD dan selang beberapa detik laptoppun akan mati sendiri. Kondisi ini terjadi saat laptop menggunakan charger saja atau battery saja atau kedua-duanya.

Penyebab laptop nyala sebentar

Kenapa laptop bisa menyala lampu indikatornya namun hanya selang beberapa detik mati lagi? Yang jelas kerusakan laptop tersebut adalah pada motherboardnya dimana terdapat bagian tertentu pada motherboard yang tidak pada kondisi normal, bisa saja ada bagian komponen yang rusak short atau konslet ke bagian ground, atau ada ic yang solderan kaki-kakinya mulai melemah atau berkerak sehingga mengakibatkan koneksi antara ic tersebut dengan komponen lain terganggu maka arus (ampere)-pun akan naik dengan sendirinya, hal ini mengakibatkan system proteksi melakukan pemutusan arus karena melebihi standart yang sudah di tetapkan, laptoppun mati lagi. Penyebab lain adalah karena kerusakan beberapa komponen power yang tidak terhubung secara langsung ke ground, misalnya sebuah deoda yang putus atau ic power (sekunder) yang putus bagian sumber dan outputnya, namun biasanya kalau kerusakannya adalah putus laptop akan restart, tidak mati.

Cara memperbaiki laptop nyala sebentar dan blank

Cara memperbaikinya adaah sesuai dengan sumber penyebab kerusakannya, jika ada komponen yang rusak tentu saja harus di ganti dengan yang normal demikian juga jika komponen-nya putus. Untuk kerusakan yang disebabkan karena melemahnya kaki-kaki IC maka kita bisa melakukan pemanasan ulang pada ic tersebut dengan tujuan agar kaki-kakinya menjadi lebih kuat lagi seperti solderan baru.
Kali ini saya akan memberi contoh perbaikan pada sebuah laptop Acer Aspire 4520 yang ketika tombol powernya di tekan maka lampu indikator power akan menyala namun layar blank atau gelap dan setelah beberapa detik laptop akan mati lagi dengan sendirinya.
Setelah dianalisa ternyata IC VGA-nya melemah-solderan kaki-kakinya, maka sya melakukan pemanasan pada IC VGA ini dengan menggunakan blower dengan suhu 200 derajat celsius selama kurang lebih 1 menit dengan jarak antara IC dengan ujung mata blower kira-kira 5-10 CM. Setelah pemanasan dilakukan saya tunggu agar IC VGA tersebut turun suhunya dan tidak terlalu panas atau bahkan sampek panasnya hilang. Dan kemudian laptop di test dan ternyata laptop bisa kembali bekerja dengan normal, di test selama beberapa waktu tetap saja normal. Pekerjaan selesai dan berhasil.
Inilah cara untuk memperbaiki sebuah laptop yang bisa menyala lampu powernya namun layar gelap dan mati sendiri setelah kira-kira beberapa detik.

5 komentar:

  1. Cari Tiket Pesawat Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELL TIKET aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!
    Harga dijamin lebih murah!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    Info lebih lanjut hubungi:
    No handphone : 085363402103
    PIN : 5C0C4F38

    BalasHapus
  2. ada kemungkinan tidak gan rusaknya di processor

    BalasHapus
  3. gan laptop saya di nyalakan sebentar mati kerusakan apa ?

    BalasHapus
  4. zyrex ane nasibnya gitu gan...mobo apa kapasitor yah

    BalasHapus