Kamis, 07 Agustus 2014

MEMPERBAIKI MAGIC COM YUK.....

Assalamualaikum..

halo sobat jagat gimana kabarnya?..baik bukan

kali ini tim jagat akan ikut share masalah magic com...walaupun copas tapi tentu saja tim kami uji dahulu dirumah. sehingga sinau on line bisa juga dianggap tim penguji..halah...

oke begini ceritanya..kemarin ibu ane ngaduin ke ane kalau si magic com tu sekarang lagi rewel..trus ane tanya kenapa emange?...nasinya jadi bau sekarang..owh itu to masalahe..

karena ane gak terlalu mudeng ane tanya mbah google aja..dan begini jawabanya....

monggo disimak... 

PENGERTIAN MAGIC JAR & PERBAIKANNYA.

 
Magic jar atau magic com atau rice cooker atau apapun sebutannya, yang berfungsi sebagai pemanas nasi, atau sebagai penanak / pemasak nasi apabila rusak atau tidak mau panas dapat kita perbaiki sendiri sebelum kita membawanya ke bengkel atau membuangnya (bila anda orang kaya raya). Sebelum kita bahas cara memperbaikinya, kita perlu tahu (walau sedikit) cara kerja dari pemanas nasi.
Umumnya tempat nasi dari pemanas ini terbuat dari bahan alumunium, dengan tujuan agar lebih cepat panas saat dialiri panas dari elemen pemanas. Pemanas nasi pada dasarmya terdiri dari tempat nasi, elemen pemanas, saklar pemanas atau pemasak, dan red switch (saklar suhu otomatis).
Elemen pemanas, komponen ini pada dasarnya sama dengan pemanas pada setrika. Elemen pemanas terbuat dari sebuah atau lebih satu kawat yang dapat dialiri arus listrik yang merubahnya menjadi panas. Pada magic jar, elemen ini biasa berbentuk seperti sticker / lakban yang direkatkan di sekeliling tempat nasi. Dimana kawat pemanas terdapat didalam lakban ini.
Saklar pemanas dan pemasak, ini berfungsi untuk merubah aliran listrik ke pemanas atau ke elemen pemasak. Pada rice cooker / pemasak nasi, biasa terdapat 2 elemen pemanas. Meski begitu ada juga yang hanya menggunakan satu elemen. Bila pemanas yang digunakan ada 2, maka pemanas untuk pemasak berada pada bagian bawah tempat nasi. Sedangkan pemanas untuk penghangat nasi sama dengan pada magic jar, yakni direkatkannya pemanas berbentuk lakban di sekeliling tempat nasi. Bila hanya ada satu elemen, maka pemanas yang ada dibawah tempat nasi berfungsi sebagai pemasak dan penghangat.
Red switch, meski namanya red switch namun warnanya tidak merah. Umumnya red switch ini berwarna hijau bening (kaca). Pada magic jar / rice cooker ia berfungsi sebagai saklar otomatis. Pada dasarnya red switch ini adalah saklar suhu, dimana 2 buah elemen didalamnya akan melengkung (jadinya terputus) apabila suhu disekitarnya mencapai suhu tertentu (dalam hal ini adalah suhu masaknya nasi). Dan akan kembali lurus (tersambung lagi) ke dua elemen didalamnya, apabila suhu disekelilingnya turun. Red switch ini biasa dimasukkan kedalam serupa tabung kecil berwarna hitam yang kemudian direkatkan di sisi tempat nasi, yang dikedua ujungnya teruntai kabel penghantar arus.
Nah, bila kita sudah tahu sedikit cara kerja dari pemanas / pemasak nasi, akan lebih mudah kita dalam memperbaiki nya bila magic jar tidak mau panas, atau magic jar panasnya yang berlebih. Bongkar magic jar pada tutup bagian bawah, bila memungkinkan bongkar total untuk membersihkannya sekalian dari kemungkinan kemasukkan beras atau nasi. Kenali bagian bagiannya (komponen utama) sesuai petunjuk / keterangan diatas.

Cara Kerja Unik dan Fungsi Bagian Dalam Mesin MagicJar akan cendol bagikan kepada sobat semua yang sedang mencari Cara Kerja dan Fungsi Bagian Dalam Mesin Rice Cooker atau pemanas nasi. Artikel Cara Kerja dan Fungsi Bagian Dalam Mesin Magic Jar cendol copas dari kaskus. Oke langsung saja berikut isi dalam mesin magic jar :


Cast Heater
Heater ini menyatu dengan logam. Menghasilkan daya 300-400 watt, tergantung jenis cookernya. Apabila kerusakan pada bagian ini, sudah tidak memungkinkan untuk diperbaiki.
Mica heater / termistor
Heater jenis ini tertutup oleh semacam kertas (mica) yang berfungsi pada waktu warming. Heater ini juga berfungsi sebagai termistor, yaitu tahanan makin besar bila bertambah panasnya. Makin besar tahanan maka tegangan yang masuk berkurang sehingga mengurangi daya panas yang dihasilkan heater. Sehingga mampu mengontrol panas cooker saat warming supaya panasnya tetap di kisaran 70-80 celcius.
Thermostat
Dalam thermostat terdapat magnet dan pegas, pada suhu ruang gaya magnet lebih besar dari gaya pegas. Bagian metal thermostat (bagian yang kontak langsung dengan panci tempat nasi) menyensor panas dari panci apakah panasnya sudah mencapai sekitar 134 derajat celcius. Metal bila terkena panas maka daya magnet berkurang sehingga gaya pegas lebih besar dari gaya magnet. Akibatnya pegas terlepas dari magnet (menjauh) sehingga menekan tuas dan tuas menekan saklar.
Thermal Fuse
Thermal fuse berfungsi memutus arus bila panasnya melebihi kewajaran akibat adanya kerusakan dari rice cooker.
Saklar
saklar berfungsi untuk memindah dari posisi cooking ke warming maupun sebaliknya. Tombol saklar ditekan oleh tuas yang digerakkan otomatis oleh thermostat maupun secara manual melalui tombol panel.
Panel led (lampu)
Terdiri led indikator untuk posisi cooking dan warming.
Cara kerja magicjer :
Pada posisi cooking, saklar (swicth) terhubung. Arus listrik dari L langsung ke cast heater dan led cooking. Lampu led cooking menyala, dan cast heater menghasilkan panas secara maksimal. Bila tegangan listrik 220 volt maka cast heater juga mendapat tegangan 220 volt. Pada panas 100 celcius (titik didih air), air dalam panci sudah menguap semua. Panas dilanjutkan hingga pada 134 celcius thermostat trip (pegas lepas dari magnet), selanjutnya menekan tuas dan menggerakkan saklar menjadi off (putus), masuk ke mode warming. Saat warming, arus listrik dari L melalui mica heater (termistor) dan led warming. Tegangan yang keluar dari mica heater kurang dari 25 volt. Posisi warming, cast heater hanya mendapat tegangan kurang dari 25 volt, tegangan yang masuk ke cast heater dikontrol oleh termistor (mica heater) sehingga didapat panas yang stabil (sekitar 70-80 celcius) untuk menjaga nasi tetap hangat.
Untuk memperbaiki kerusakan magicjer, saya kira sudah mudah bila memahami cara kerjanya.

Rangkuman
Fungsi dasar magic jar yaitu hanya sebagai penghangat
Fungsi dasar magic com memasak nasi dari beras sampai menghangatkan
Konsumsi watt rata-rata untuk magic com 350W (tergantung merk)
Konsumsi watt rata-rata untuk magic jar 150W (tergantung merk)
Merk yang ada di pasaran antara lain : Miyako, Panasonic, Denpoo, Sanyo, Yongma, Blue Sky
Bagian dalam magic com
11.      Elemen
-          Elemen Piring
-          Elemen Bodi

-          Elemen Tutup

22.      Termostat
  Yang digunakan 5A s/d 10A (900-920)
33.      Lampu Indikator
44.      Fuse/Sekring yang digunakan 10A (1650 atau lebih)

55.      Kabel
66.      Panci Teflon ukuran 1 liter s/d 2 liter

MEMPERBAIKI MAGIC JAR 

 

Seluruh rumah pasti ada yang namanya magic jar alias penghangat nasi.tapi kalo rusak pasti tukang service yang dipanggil!!!!! ya kalo deket ama tukang service nya,kalo jauh???padahal alat yang ada didalam magic jar tsb sederhana sekali,betulllll,suwerrrr.nyooo kita liat :
PART :
1.Lampu 2 buah (Sebagi Tanda) : 1.Power 2. Warm
2.Thermostate (Sebagi Mandor) / Control / Pemutus hubungan panas
3.Elemen Body (Sebagi Pekerja) / Penghangat
4.Elemen Tutup (Sebagi Pekerja) / Penghangat
5.Kabel Penghubung
SISTEM KERJA :
Saat kabel dicolokin kelistrik kedua lampu langsung nyala,kedua elemen (Bodi dan Tutup) langsung bekerja (Panas), Nah Thermostate mengontrol kadar panas pada bodi magic jar,karena pada suhu tertentu/jika panas sudah cukup,Thermostate akan menghentikan atau memutuskan aliran listrik ke elemen tersebt sehingga elemen tidak bekerja lagi.Tapi jika panas didalam tempat nasi/bodi sudah tidak panas lagi maka Thermostate akan menghubungkan kembali aliran listrik ke elemen dan elemen bekerja lagiiiii untuk memanaskan bodi .begitu seterusnya.
KELUHAN :
1. Nasi basi/kuning/bau dan sejenisnya
2. Nasi kering dan sejenisnya
CARA MEMPERBAIKI :
1. Jika Nasi basi/kuning/bau dan sejenisnya
1. Buka baud magic jar yang ada di pantat/dibagian bawah magic jar
2. Setelah baud terlepas lalu penutup pantat magic jar dengan cara karate bodi magic jar dengan kedua tangan
3. Setelah terbuka disamping bodi bagian dalam akan terlihat thermostate (bentuknya kaya kancing) dalam posisi terjepit.coba selipkan kertas tebal (kertas bekas pembungkus power glue) sebanyak tiga lipatan .lalu pasangin deh tutupnya
untuk denpo:
Elctronic Rice Cooker DENPOO DMJ 80 A ini selain berfungsi sebagai pena nak Nasi, bisa juga digunakan untuk memasak bubur dan sop hanya dengan memindahkan sakelar yang ada di atas tuas Cooker / Warm nya. Kemampuannya inilah yang mengundang rasa penasaran kami untuk mengetahui susunan komponen yang tersembunyi dibalik Body nya yang kemilau.Setelah melakukan pembedahan selama 3 hari, akhirnya kami berhasil juga mengetahui rahasia perkakas dapur yang satu ini. Berikut data-data yang berhasil kami dapatkan, semoga bermanfaat.
1. Skema rangakian


2. Letak komponen-komponennya. 

Keterangan :
- E 2 adalah elemen pinggang seperti yang terlihat pada gambar letak komponen yang paling atas.
- N1, N2, dan N3 adalah Neon kecil.
 

 1. Nasi cepat basi/kuning/bau dan sejenisnya; 
Biasanya ini terjadi karena elemen tutup tidak bekerja normal, bisa jadi putus atau mati. Silahkan coba ganti elemen tutup yang posisinya ada didalam penutup 
2. Nasi cepat kering atau mungkin gosong
Ini biasa terjadi bila thermostate tidak berfungsi normal. Sebaiknya langsung saja diganti.
3. Tidak bisa panas, baik untuk menanak atau menghangatkan
Untuk masalah ini kemungkinan besar kerusakan pada elemen body. Atau bisa juga pada thermostate (mungkin putus) atau bila ada sekringnya, coba cek putus atau tidak. Pastikan arus listrk mengalir ke elemen body.''OK''selamat berkarya & sukses selalu.
 sebagian ane copas from...
http://mrhbelectronicservice.blogspot.com/2010/01/bedah-rice-cooker-denpoo-elctronic-rice.html
http://agusmetrix.blogspot.com/2013_01_01_archive.html
http://pintarbengkel.blogspot.com/2011/08/cara-mudah-cek-elemen-rice-cooker-dan.html
http://bengkel-oi.blogspot.com/2013/07/pengertianmagic-jar-perbaikannya_6510.html
Alhamdulillah..semoga bermanfaat
wassalam

59 komentar:

  1. Balasan
    1. mas boleh saya minta nomer wa
      mau tanya masalah pemasangan sakelar mejikkon
      fian-jombang

      Hapus
    2. Mas bro kalo magicomnya nyetrum pada posisi warm itu masalahnya apa ya..

      Hapus
  2. Kalo majigcom saya menanak nasi normal,,tapi giliran ngangetin cuma tutupnya yg anget,bodinya dingin jdi ber air nasinyA,mohon bantuanya,,,makasih

    BalasHapus
  3. Elemen tutup dan elemen body ada yang jual gak ya gan ?

    BalasHapus
  4. alhamdulillaah sangat membantu terima kasih banyak....semoga sukses tuk semua

    BalasHapus
  5. Magic com saya Klo mau ngambil nasi tpi malah nyetrum itu apa nya ya?? Mohon info nya

    BalasHapus
  6. info bgus gan kemarin sempet servis rice cooker tetangga, keluhan penghangatnya yg rusak. setelah dibongkar gak taunya slh1 kabel elemen tutupnya putus. sekarng udah oke berkat baca artikel ini... tengkyu

    BalasHapus
  7. magic com saya nasinya suka ngering ya, klo thermstnya di ganti aja bisa ga?atau total semuanya di ganti. mhon penjelasannya. trmksh

    BalasHapus
  8. Magiccom saya bisa memasak ttp setelah nasi masak saklar kembali ke posisi normal tetapi lampu warm tidak nyala,tetap lampu cook yg nyala dan nasi menjadi gosong,apa yah kira2 yg rusak?

    BalasHapus
  9. Magiccom saya bisa memasak ttp setelah nasi masak saklar kembali ke posisi normal tetapi lampu warm tidak nyala,tetap lampu cook yg nyala dan nasi menjadi gosong,apa yah kira2 yg rusak?

    BalasHapus
  10. Magiccom saya bisa memasak ttp setelah nasi masak saklar kembali ke posisi normal tetapi lampu warm tidak nyala,tetap lampu cook yg nyala dan nasi menjadi gosong,apa yah kira2 yg rusak?

    BalasHapus
  11. wah,,, mau nyoba buat sendiri lah sattu,, siapa tahu bisa,,, bukan gua mau ngehemat ni,, buat blajar aja

    BalasHapus
  12. sangat membantu sekali...

    BalasHapus
  13. Kl merk Yong Ma, alarm E0 apa krn dioda temperature nya rusak... (NTC/PTC??, bentuknya sprti dioda zener) letaknya di tutup dekat dengn elemen tutup. Soalnya sblmya kabelnya yg posisi di engsel sering putus...

    BalasHapus
  14. Kl merk Yong Ma, alarm E0 apa krn dioda temperature nya rusak... (NTC/PTC??, bentuknya sprti dioda zener) letaknya di tutup dekat dengn elemen tutup. Soalnya sblmya kabelnya yg posisi di engsel sering putus...

    BalasHapus
  15. terima kasih sharenya, sangat berguna sebelum akhirnya menyerahkan magic jar ke tukang servis, jadi tahu kira-kira dimana bagian yang rusak :)

    BalasHapus
  16. Terimakasih infonya....nguprek ...mejigcom....

    BalasHapus
  17. cara buka pantat ricecooker yong ma gmn bos, tlg di bantu bos

    BalasHapus
  18. cara buka pantat ricecooker yong ma gmn bos, tlg di bantu bos

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe...
      udah setahun lebih nih, udah kebuka belum ya pantatnya..hihi..
      pengalaman buka yongma punyaku setelah dilepas baut kecil kecil itu agak dicongkel congkel dikit antara tutup pantat terhadap bodinya. pelan pelan aja congkelnya.

      Hapus
  19. Magic com saya bisa masak, tapi ga' bisa menghangatkan, apa masalahnya?mohon bantuannya.

    BalasHapus
  20. Punya saya kok nasi cepat kuning dan basi ya, cuman bertahan sehari

    BalasHapus
  21. Caranya buka elemen tutup gimana?

    BalasHapus
  22. terimakasih infonya bermanfaat sekali..

    BalasHapus
  23. cosmos lampu lednya nyala pas di tekan ke bawah langsung konslet listrikny.. knapa ya

    BalasHapus
  24. Alhamdulillah nice info, smg mjd amal jariyah

    BalasHapus
  25. tolong saya kirimin skema magicom tiger

    BalasHapus
  26. matur nuwun sanget mas....klo boleh alamatnya

    BalasHapus
  27. matur nuwun sanget mas....klo boleh alamatnya

    BalasHapus
  28. Aq ada ganti elemen penghangat body sama tutupnya,pas q sambung kok elemen body gak fungsi ya tp pas di tes pke penghangat elemen body aja fungsi,tlg mnt pencerahan mungkin ada kesalahan nyambung instalasinya..

    BalasHapus
  29. ini tadi saya mencoba bongkar magic com polytron gan, semua kabel saya lepas dan sekarang tidak bisa mengenbalikan karena tadi lupa gak saya tandai. mohon bantuannya gan

    BalasHapus
  30. Kalo majigcom saya menanak nasi normal,,tapi giliran ngangetin cuma tutupnya yg anget,bodinya dingin jdi ber air nasinyA,mohon bantuanya,,,makasih

    BalasHapus
  31. Cara membuka thermostat saya belum bisa

    BalasHapus
  32. Alhamdulillah pak direktur...
    ilmunya semoga bermanfaat, barokah dunia dan akhirat. Aamiin...

    BalasHapus
  33. Magic com di rumah saya bagian dlm tercium aroma kebakar, dan elemen pemanasan di dalamnya (E1) ada tegangan saat saya tes dengan terpenting, apa yg harus diperiksa?

    BalasHapus
  34. Kalo yg merek sharp yg tombolnya di atas semua itu gimana caranya membetukanya ya ini mati seperti gak ada aliran listrik

    BalasHapus
  35. Artikelnya sangat membantu bagi pemula yang baru belajar komponen elektronika, tentunya ini jadi referensi buat saya. terimakasih banyak,, salam kenal

    Toko Elektronik Terlengkap
    Jual Arduino Murah
    Jual Komponen IC TV
    Distributor Komponen Elektronika Murah
    Jual Hinode Fuse
    Jual Rotary Encoder
    Jual LCD Display

    BalasHapus
  36. Mas kalau semua kabel dicopot. Tinggal yg tersisa (2 besi yg menonjol itu) heater/pemanasnya doang, kalo di aliri listrik bisa buat masak gak ?

    BalasHapus
  37. Kok megic jar q. Ga ada kya gamabr di atas ya..cepet basi.meskipun elemen atas colok langsung hangat

    BalasHapus
  38. Aku masih ksusahan pencet cookingnya padahal dah ganti thermostat

    BalasHapus
  39. waah info yg bagus. kebetulan ada yg rusak mau dicoba perbaiki sendiri semoga berhasil. cuma kalau buka dipenutupn5a mesti ditarik apa diputar yaa? trim infonya.

    BalasHapus
  40. waah info yg bagus. kebetulan ada yg rusak mau dicoba perbaiki sendiri semoga berhasil. cuma kalau buka dipenutupn5a mesti ditarik apa diputar yaa? trim infonya.

    BalasHapus
  41. Magicom saya lampu warm 'nya Tiba mati... apanya yg rusak ya gan??? mohon info 'nya... terimakasih

    BalasHapus
  42. Bisakah elemen piring nyetrum diperbaiki agar tdk nyetrum.

    BalasHapus
  43. Sekring megicom terbakar trs sdah d ganti beberapa kali ttep aj terbakar gan apa masalahya

    BalasHapus
  44. Sekring megicom terbakar trs sdah d ganti beberapa kali ttep aj terbakar gan apa masalahya

    BalasHapus
  45. Numpang tanya gan... Magic com aku LED warm nyala hijau... Tapi led yang cook warna merah mati dan ga bisa panas knp tuh....??? Matursuwun penjelasannya..👍

    BalasHapus
  46. untuk element tutup apa sama semua bisa digunakan untuk semua merk magic com

    BalasHapus
  47. Magicjar/magicjar Sharp Saya tutup atas suka kebuka sendiri pada saat proses menanak nasi. Jadi suka Saya taruh benda yg agak berat supaya gak kebuka sendiri. Kira-kira bermasalah dimana ya.
    Terima Kasih

    BalasHapus
  48. Mau tanya dong punya saya bisa buat masak nasi tapi tidak bisa buat menanak nasi atau kalau nasi sudah matang tidak mau panas saya buka tutup atasnya dia tidak ada elemen pemanas nya jadi kita" Apa ya yg perlu di ganti apa micaheternya

    BalasHapus
  49. Klo lampu indikator pada magic com menyala semua dan kedap kedip, kenapa ya...???

    BalasHapus
  50. Maaf suhu, saya punya magic com merk national ukuran 1 liter. Awalnya banya semut dan saya bongkar. Ketika pasang lagi saya lupa rangkaian kabelnya. Sekarang cuma bisa masak dan otomatisnya tdk mau pindah ke warm ketika nasi sudah masak. Apa saya salah pasang kabelnya ? Saya cari di google tdk tda gambar rangkaian yang sama persis dengan punya saya. Mohon panduannya mr.suhu ! Terimakasih sebelumnya !

    BalasHapus
  51. Maaf mas mau tanya ,, colokan yang buat colokan magic com saya kok bisa ledeh / leleh saat buat nyolokin magic com ,,, terus itu yang jadi masalah magic com apa gimana mas ,,,

    BalasHapus