Minggu, 07 Desember 2014

MEMBUAT RAK UNTUK TOKO..

Assalamualaikum..

halo sobat jagad..gimana kabarnya?..semoga sehat selalu..

oiya kali ini tim jagad akan share mengenai cara membuat rack dari toko..jadi ceritanya ane ada 2 toko yang satu untuk service dan yang toko lainya untuk toko kelontong..trus ane mikir karena banyak toko disebelah rumah ane..trus ane mau rombak tuh toko biar lain..

kemudian ane punya fikiran membuat mini market sehingga orang lebih mudah dan banyak pilihan. trus kemudian ane tanya kesana-kemari harga membuat rack..eladalah harganya mahal kali..rack ukuran pxlxt = 150x50x200 cm harganya 1,5 juta bahan dari kayu..waduh habis duluan uangnya di perlengkapan..

trus ane nyoba browsing..eh dapet nih cara membuat menggunakan plat L lubang..lumayan hemat dan sesuai dengan keinginan kita..ane nggak posting hasil kerjaan ane yach..ane nyontek aja dari blog sebelah...semoga bermanfaat..harga nanti ane update...

Rak Serbaguna


Tips dan Trik kali ini yaitu membuat rak atau lemari serbaguna dan suka-suka :)

Berhubung kemarin sudah punya kompor gas (dapet kado...alhamdulillah) terus ceritanya mau dipake tapi tempatnya belum ada...hiks...masa iyaa masaknya lesehan akhirnya gugling nyari meja kompor. Cari sana-sini ternyata harganya lumayan diatas alokasi budget, paling simpel aja bisa hampir setengah juta. Daripada masak-masaknya lesehan plan Bdilaksanakan, gugling lagi cari bagaimana membuat meja kompor yang sederhana dan ramah dompet. Akhirnya wekend kemarin eksekusi dilakukan mulai dari hunting bahan sampe jadi produk siap pake dilakukan kerja bakti sama si dia.

Bahan dan Alat :

  • Besi siku bolong 3 batang (@ batang 3 meter) >>>Rp 180rb
  • Pelat siku sebanyak 16 buah >>>Rp 16rb
  • Baut yang sesuai dengan ukuran pelat siku kurleb 50 buah >>> Rp 38rb
  • Triplek ukuran 8 mm atau lebih dengan ukuran 80 x 50 cm dua lembar >>> RP 115rb/lembar-122 x 244 cm (kalau ingin menghemat bisa beli ukuran yang sesuai dengan kebutuhan; cari toko bangunan yang bisa jual triplek eceran)
  • Obeng
  • Meteran

Proses Pembuatan  :
  • Potong besi dengan ukuran 60 cm (4 buah), 50 cm (4 buah), dan 80 cm (4 buah). Masih ada sisa sekitar 140 cm (bisa dipotong dua untuk penahan tambahan). Besi bisa dipotong oleh gergaji besi atau minta tolong dipotongkan di toko bangunan
  • Susun meja dengan komposisi PxLxT (80x50x60 cm) membentuk rangka balok
  • Kunci setiap siku meja dengan pelat dan baut
  • Pasang triplek diatasnya

Desain meja ini simpel dan portable kalau mau pindahan bisa dibongkar pasang. Selain itu bisa juga digunakan sebagai rak barang atau buku, jumlah raknya bisa ditambahkan menjadi beberapa susun.



Selamat mencoba :)  

ane copas dari ..http://greenagentblog.blogspot.com/2014/02/rak-serbaguna.html

semoga bermanfaat yach..

terimakasih..
alhamdulillah

5 komentar:

  1. Infonya sangat bermanfaat bang, kalo bisa tolong post cara buat aki mobil punya colokan untuk lampu ato kipas angin, serta alat2 berhubungan dgn listrik, terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  2. Infonya sangat bermanfaat bang, kalo bisa tolong post cara buat aki mobil punya colokan untuk lampu ato kipas angin, serta alat2 berhubungan dgn listrik, terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Arikel yg sangat bermanfaat..kebetulan lagi nyari2 cara memasang rak buku besi ini, tapi gan kenapa ya punya kita berbeda..sebetulnya ada banyak macamnya kah bilah rak buku besi ini, untuk baut kira-ukuran berapa mas gan..terimakasih..

    BalasHapus
  5. Kok gak beli rak minimarketnya saja sekalian mas? kelebihanya memang lebih murah sih

    BalasHapus