Senin, 11 November 2013

BUAT POWER BANK SENDIRI YUK...

Assalamualaikum..

halo sobat jagad..

yuk buat power bank..daripada beli dan mahal..kita manfaatin aja yang ada disekitar kita..bisa aki, batere RC atau batere bekas laptop bahkan batere biasa...maklum sekarang zamannya smart phone yang sangat boros apalagi pake sinyal 3G...

yuk dilanjut mang...

Cara praktis membuat power bank sendiri .Power bank ini sangat berguna pada keaadaan terjepit pada saat kita pergi jauh batray handphone habis tapi kita ta perlu khawatir lagi .mengapa karena kita sudah membawa power bank rakitan ini monggo di simak rangkaianya dan di buat yo lumayan hemat 250 ribu.
Contoh pakai input batray 9 volt yang bisa di charger
Catatan batray pakai yang bisa di charger ya .monggo hemat biaya rakit sendiri power bank.



atau pake regulator yang dapat diatur..

cas2an batery 1
Bahas power bank yukksss ,nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara membuat powerbank sendiri , tertarik?come on
Para pemilik gadget terutama smartphone alias ponsel cerdas pasti tahu mengenai alat yg satu ini,yupps betul POWER BANK alias batre cadangan
seperti kita ketahui ponsel2 jenis ini membutuhkan pasokan listrik yg lebih besar dari ponsel2 jadul alias jaman dulu , kalo dulu kita cuma “NGECAS” (charging :red) bisa 3 hari sekali,kalo ponsel smartphone bisa2 ngecas udah kayak minum obat yaitu sehari 3x :mrgreen:
nah solusinya biasanya adalah dg membawa power bank alias batre cadangan , nah masalahnya adalah harga power bank dipasaran yg menurut saya kok masih mahal aja ,paling murah 180-200rb untuk ukuran 1500mAH
pada postingan kali ini saya akan menshared rangkaian powerbank sederhana yg bisa dibuat hanya dg duit Rp.10.000 saja , weitsssssss gila beneran nich? cuma 10rb ?
kalo tertarik maka kita siapkan bahan2nya,bahan2 yg diperlukan antara lain:
  1. ic regulator LM 317 —–harga :Rp.2500
  2. 3 resistor 15K———–harga :Rp.1000
  3. batre kotak 9v———-harga :Rp.6500
DSC05167

nah murah tooooo , berikut pin out dari ic LM 317:
LM317pinout
dan untuk skema rangkaiannya:
POWERBANK SCH
nah pasti ada rekan2 sekalian bertanya2 kok di situ ada resistor yg di seri sich , jawabannya adalah karena perhitungan saya ketemu resistor dg nilai 30k dan agak susah nyari disini makanya saya ambil dech 2 resistork 15k dan diseri sehingga ketemunya tetap 30k
DSC05166 DSC05169
menurut perhitungan kalkulasi sih output pada lm317 saya set di 5,28 V dan 900 koma sekian mA  agar sesuai dg tegangan charging dari ponsel2 smartphone yg sumber catu daya biasanya ngikut usb yg tegangannya hanya 5V
berikut hasil tes dg avo dari rangkaian yg saya buat:
pengukuran1 DSC05170
sedikit meleset 0 koma sekian volt dari kalkulasi , ga papa wis namanya juga pake komponen lokal,nah sekarang saatnya testing di hp
testing 1 DSC05176 DSC05174
nah karena pada hp android membutuhkan inisialisasi charging maka agar charging dikenali pinusb untuk data – dan data + harus dihubungkan , berikut pinout untuk usb femalenya:
usb female pinout
note:hubungkan pin 2 dan 3 agar proses charging dikenali oleh ponsel android ,untuk ponsel cina non android hubungkan pin 2 ke ground ,buat ponsel non smarthone hubungkan resistor sebesar 2k2 antara pin 2 dan +5v
sekian,semoga berguna dan salam DIY

 sumber...http://diy4all.wordpress.com/2013/05/20/diy-power-bank/

semoga bermanfaat..

alhamdulillah..


4 komentar:

  1. bro bisa servis powerbank gak?

    BalasHapus
  2. Cari Tiket Pesawat Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELL TIKET aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!
    Harga dijamin lebih Murah!!
    Dan ada promo menarik setiap harinya..

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    Info lebih lanjut hubungi:
    No handphone : 085363402103
    PIN : 5C0C4F38

    BalasHapus
  3. Cari Tiket Pesawat Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELL TIKET aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!
    Harga dijamin lebih Murah!!
    Dan ada promo menarik setiap harinya..

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    Info lebih lanjut hubungi:
    No handphone : 085363402103
    PIN : 5C0C4F38

    BalasHapus