Senin, 29 Desember 2014

GANTI DINAMO/MOTOR KIPAS ANGIN JANGAN LANGSUNG DISAMBUNG SESUAI WARNA KABEL SEBELUMNYA YACH..BISA TERBAKAR NANTI..

Assalamualaikum..

sobat jagad..gimana kabarnya?..semoga selalu dirohmati Alloh..




Oiya langsung aja yach..kali ini ane mau posting masalah pasang dinamo/motor pada kipas angin. jadi ceritanya ane punya servisan kipas angin merek maspion yang hanya berdengung aja n gak berputar..karena ane disemarang tim ane yang tak suruh memperbaiki. vonis pertama ganti kapasitor starter yang nilainya 1,5 uF/400 v. kemudian pas pulang dari semarang tak belikan, trus dipasang dan apa hasilnya...ngung..ngung...tetep aja..:(..

ternyata liat google bukan berarti langsung bener..hehe..karena ane belum pernah service kipas angin  ane coba ukur pakai ohm meter..lha dalah kok gak ada hambatanya...trus tak fikir mana mungkin sebuah lilitan/kumparan nggak ada hambatanya trus ane vonis tuh mungkin fusenya..tak bingkar normal juga tuh fuse..ya weslah beli baru aja..

pagi harinya sekalian nganter ibu ke pasar ane beli tuh motor kipas dilangganan ane..ternyta yang china harganya 4x ribuan, yang miyako 5x ribuan, yang maspion 7x ribuan...ini ditempat ane lho gan jangan disamain ditempat agan..trus ane beli yang tengah tengah aja yang standar tapi gak jelek banget..ane beli tuh miyako..

nyampe rumah ane suruh ganti tim ane..maklum servisan laptop ane numpuk jadinya ane gak tahu..karena sudah ada warnanya..tuh tim ane tinggal nyambung sesuai warnanya..setelah selasai apai yang terjadi saudara saudara.............

KIPAS NYALA ALISA BERPUTAR..LHA KOK KELUAR ASAP..HEMMMMM

ane tanya ama tim ane..lha kok keluar asap tak pegang panas lagi..dijawab enteng ama tim ane "motor baru kali mas"..tapi ane tetep gak percaya terus kemudian ane cari cara mencari kali untuk tegangan langsung dan fasa.maklum ada 4 kabelnya jadi agak bingung...


trus ane cari lagi di mbah google dan akhirnya mendapat pencerahan..yuk simak gan..

referensi yang pertama

for sumber..http://hobbytehkniselektronika.blogspot.com/2011/10/kerusakan-servis-perkakas-rumah-tangga.html


dari teori satu maka jika kipas berdengung maka bisa juga disebabkan kumparan utama putus..kalau sudah putaran pertama pastinya udah susah berputar hanya dengungan saja..

berarti penyebab dengung sudah ketemu..

referensi kedua..
for sumber...http://www.elektronikabersama.web.id/2011/07/bagaimana-cara-mengukur-motor-kipas.html.

Mahir menggunakan alat ukur, merupakan salah satu syarat mutlak diperlukan dalam dunia elektronika atau listrik. Alat ukur seperti AVO meter atau multi testersangat berguna, terutama untuk melakukan perbaikan (trouble shooting). Sebelum melakukan perbaikan sebuah kipas angin seperti gambar disamping, ada baiknya kita mengetahui cara mengukur unit motornya menggunakan multi tester digital.

Bila kipas angin tersebut kita bongkar, akan terlihat unit motor seperti gambar dibawah ini

motor-kipas-angin
Ada dua buah bagian kabel, satu bagian terdiri dari 2 kabel (kuning2 dan biru2) dan bagian lain 4 kabel (kuning, putih, biru, dan hitam). Bagian yang terdiri dari 2 kabel merupakan bagian yang tersambung ke kapasitor, sedangkan bagian yang terdiri dari 4 kabel, tersambung ke saklar pengatur putaran (1: lambat, 2: sedang, dan 3: cepat).

Ukur ujung-ujung kabel kipas angin (posisi pengukuran Ohm meter), dan buat tabel hasil pengukuran seperti pada Gambar 1. Kemudian tabel itu kita petakan dengan rumus dasar hubungan seri, maka diperoleh rangkaian, pengawatan, atau wiring diagram kipas angin seperti pada Gambar 2.

mengukur-fan-motor

lha ini pertunjuk cara pemasangan..jadi ketika antara kabel yang berbeda warna di ukur menggunakan ohm meter maka ketemu nilainya..dan pasti ada perbedaan jika dibolak-balik..dan akhirnya pada motor kipas ane ketemu juga nilai resistansi/ hambatanya...

ini gambar dari ane sory jelek gan..jadi ohmeter tak taruh di kebel untuk ac 220..
ketika di tekan sklar 1/low hambatan sekitar 700 san, saklar 2/midle hmbatan sekitar 500 san dan sklar 3/high hmbatan sekitar 400 san..

akhirnya kipas sudah berjalan normal sekarang..

terimakasih..

alhamdulillah..


25 komentar:

  1. Thks gan..
    Manfaat banget. Lengkap sama warna2 nya..

    BalasHapus
  2. trm ksh tlh berbagi ilmu dgn sesama. Insya AllAH bermanfaat u/ kita semua.

    BalasHapus
  3. haha saya juga ngebul waktu asal sambung...ngomong2 itu ganti dinamo lagi atau dinamo ngebul yang di sambung ulang?

    BalasHapus
  4. efeknya apa klo salah pasang kabel nya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. izin bantu min..diatas gambarnya sudah jelas gan.merah untuk yang paling kencang,hijau sedang,kuning pelan..kabel hitam tetap negatif.

      Hapus
  5. Thanks artikelnya sangat bermnafaat... dapat ilmu baru neh...

    BalasHapus
  6. Gan ,kipas angin saya maspion 16",kapasitornya normal nga rusak,fuse nya juga normal,tp knapa berputarnya pelan dan harus di bantu tangan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. izin bantu min.dikasi oli dulu gan tempat putaran dinamonya..jangan terkena kawatnya ya.smoga membantu

      Hapus
    2. Nah.. itu tanda tanda gulungan udah mau rusak.. lebih baik ganti mesin kipas aja. Gan.. biar aman.. harganya sekitar 60-70rebu. Kipas saya juga gitu awalnya. Sampai di beri pelumas juga gak ada perubahan..

      Hapus
    3. Itu bos as pada poros udah aus, beli hrg 4000/buah gantiin dpn blkg cobgkel pengaitnya setelah itu klem kembali pengaitnya pasti akan berputar cepat..

      Hapus
  7. gan cara dapat dinamo nya kipas dimna ya gan jualnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya bisa beliin dinamonya hrg 80rb - 100rb no. 081 391 055 708 mas gondrongs

      Hapus
  8. Wayar gulung putus boleh sambung x? Tolong saya

    BalasHapus
  9. Wayar gulung putus boleh sambung x? Tolong saya

    BalasHapus
  10. gan, kayak gitu namanya motor apa ya ? jenisnya apa ? motor kutub bayang atau universal ? mohon dijawab. makasih

    BalasHapus
  11. Sangat bermanfaat kebetulan lagi ganti ganti mesin kipas... hehehe... soalnya sebelum baca artikel ini sempat aneh pemutarannya no1 kanan no2 mundur. No3 kanan lagi... sekali lagi terimakasih.. sip lah pokoknya.. Setelah baca artikelnya jadi sukses benerin kipas angin..

    BalasHapus
  12. maaf mau tanya ?, itu yang gulungan hi apa di gulung sendiri terpisah atau bersamaan.
    kenapa gulungan low ke sambungan berikutnya cuma ada 1 bukannya tiap gulungan ada tiga warnanya itu. tolong jelaskan saya kurang ngerti

    dan kalau gulung dinamo kipas yang cuma ada 8 lubang alur apakah sama caranya, terimakasih

    BalasHapus
  13. jarang online banyak kerjaan..rame juga blognya..makasih atas kunjunganya

    BalasHapus
  14. RAHMAD
    Wah, baru ketemu artikel yang sangat lengkap dan mudah dipahami, jadi bisa belajar cara perbaikan kipas angin, dan untuk perbaikan kerusakan kipas angin lainnya, dapat dilihat pada artikel: https://duniaberbagiilmuuntuksemua.blogspot.co.id/2017/08/cara-memperbaiki-kipas-angin-yang-rusak.html

    Dan untuk info lainnya tentang listrik, dapat kunjungi di:
    https://duniaberbagiilmuuntuksemua.blogspot.com/

    Semoga bermanfaat dan salam kenal.

    Jika ingin mendapat pengetahuan umum, dapat kunjungi:
    https://kumpulan-ilmu-pengetahuan-umum.blogspot.com/

    Salam sukses selalu

    BalasHapus
  15. Pak, untuk kipas angin 3 kabel, kabel hitam dari motor listrik kita sambung dengan kabel yang ada arus (tes pen nyala/positif ) atau kabel yang tidak ada arus (tes pen mati /negatif ).

    BalasHapus
  16. Gimana cara masang kabel speed tanpa mengukur kecepatanny pada kipasangin cocmos

    BalasHapus
  17. Krng ngerti keterangannya....

    BalasHapus