Minggu, 26 Juli 2015

ALHAMDULILLAH KELAHIRAN PUTRI ANE YANG KEDUA LANCAR WALUPUN PAKAI KARTU BPJS

MAFA

Assalamualaikum..

jalo sobat jagat..Piye kabare sedulur-sedulur?..mugi-mugi sae nggih..amin..

Sebelum saya berbagi cerita saya sekeluarga mengucapkan minal aidzin wal faidzin & mohon maaf lahir batin beserta doa semoga sisa umur kita barokah amin..
kisah kelahiran anak ane ini bukan bermaksud riya' hanya mencoba berbagi cerita aja..tetapi yang bilang riya' yo monggo terserahlah..semoga pengalaman ane bermanfaat..

Alhamdulillah lebaran kali ini agak beda karena ane kedatangan tamu kecil amanah dari Alloh. jadi tambah sibuk tapi seneng lah karena dipercaya oleh Alloh untuk mengurus makhluk ciptaanya..ada cerita yang mungkin biasa tapi bagi saya banyak hikmah yang bisa diambil dari kelahiran putri kedua ane..bukan karena ada keajaiban-keajaiban tetapi memang sebagai manusia biasa ane diuji tentang iman kepada Alloh. bagaimana lika-likunya yuk langsung aja disimak..

Memang beda kehamilan istri ane yang pertama dengan yang kedua..kelahiran yang pertama memang ditunggu-tunggu karena baru awal-awal nikah. tetapi untuk yang kedua ini terbilang bukan direncana tetapi atas berkat rohmat Alloh lah..dan wajib disyukuri adanya..kalau bahasa jawa sundulan lah..tahunya setelah 2 bulanan lebih karena pas waktu itu barengan sama ujian kuliah istriq..gejala pusing mual ane kira karena masuk angin..eh ternyata sesuatu banget..heleh..

oh maaf bukan ini cerita yang sesuatu banget...trus apa dunk?..yuk lanjut.

Sebelum ane tahu kehamilan istri ane yang kedua ini baru pinjem modal dari bank buat ngembangin usaha dirumah..sudah ane habisin buat beli perlengkapan dan lain-lain..dengan fikiran nyicil dululah nanti ada uang lebih tambah lagi..setelah tahu hamil wah agak pusing juga ci mikirin caranya bagi uang buat nyicil utang, buat rumah tangga ama persiapan kelahiran..maklum karena kelahiran anak pertama dengan cara caesar dan menghabiskan biaya lumayanlah menurut saya ya besar..menurut saya lho.. karena besar-kecilnya biaya itu bisa jadi relatif untuk setiap orang..menghabiskan biaya 1x jutalah..belum lagi buat riwa-riwi nya..buat acara dirumah dll..jadi perlu mikirin bagaimana bisa ngumpulin uang kira-kira sebanyak kelahiran pertama..belum lagi bayar cicilan bank yang udah pasti dan kebutuhan rumah tangga yang tidak bisa ditinggalkan..

Trus gimana solusinya tuh?..

Apakah trus pembagian keuangan bisa tercapai..ternyata susah juga karena memang kebutuhan rumah juga banyak belum lagi karena pinjaman modal udah habis tentu saja uang dari kerjaan juga kudu dipakai buat tambahan modal usaha agar tetep muter..sehingga usia kehamilan 4 bulan baru bisa nyisihin uang buat persiapan kelahiran. tentu saja habis juga buat acara selamatan dirumah..fiuh..yo wes gak boleh putus asa ..gerak lagi yow..buat nyemangati ane ci..jadi ane gak mau mikirin sesuatu yang tidak bisa dijalanin..bisa stress nanti..mending jalanin yang sekiranya ada difikiran trus ada kesulitan mikir lagi..dari pada gak gerak..kalau gerak walaupun salah kan nanti ada yang ngingetin..kalau nggak gerak apa yang yang mau diingetin..halah malah ceramah lagi.ane juga coba daftar BPJS kesehatan eh ternyata gak bisa karena harus dari perusahaan bekerja.fiuh...

Alhamdulillah usia kehamilan bulan ke-5 bisa nyisihin dikitlah buat persiapan kelahiran..lha kok dilalah (kebetulan) ada keluarga dari istriku baru diuji sakit dan pas uang belum ada..yo wes uang tabungan dipakai dulu lagi..masih ada waktu 4 bulan lan buat nabung lagi kok..fikirku..waktu terus berjalan dan kelahiranpun semakin dekat..kehamilan bulan ke-6 kumpul lagi ada sedikit buat persiapan kelahiran..alhamdulillah.karena masih agak alam mikirku uang tak puter dulu n tak buat modal semua.maklum otak bisnis ada uang yo mikirnya diputer biar ada hasilnya..berjalan-berjalan..kehamilan bulan ke-7..uang kepakai buat acara 7 bulanan..tapi tetep harus ikut adatlah..karena dibalik adat selalu ada pelajaran-pelajran penting agar kita selalu ingat kepada Alloh tentang penciptaan dll..halah malah ceramah lagi..

Pada perjalanan usia kehamilan 8 bulan..udah mulai pusing lagi nih..uang yang tak buat modal baru balek sedikit..dan pas USG di RS xx tuh anak sungsang..wedew pasti operasi nih..tetapi ane tetap berdoa agar bisa lahir normal...ane berdoa ditambah melakukan amalan-amalan wirid khusus dari pak kyai..ane masih yakin doa ane dikabulkan Alloh yaitu bisa lahir normal..uang banyak tetapi belum ada dikantong ane..masih dikantong orang lain..hehe..karena diagnosa dari dokter kandungan seperti itu ane berdoa agar bayinya bisa lahir normal..kemudian ane ajak istri ane ke dukun pijet kandungan..alhamdulillah kok bilange mbahe yang mijet banyinya udah normal kermbali posisinya..wah senengnya..wah doaku dikabulkan ni sepertinya..ne buktinya yang semula sungsang udah jadi normal posisinya..fikirku.

Trus apakah sudah tidak cemas lagi?..yo masihlah..

ane kadang sedikit cemas gimana nanti nak lahir caesar sedangkan uang aja masih sedikit..gimana nak kurang..mau utang siapa..utang bank udah..harap-harap cemaslah pokoknya apalagi uang belum separo dari taksiran habisnya..kemudian pas malam 27 rojab ane pergi ngaji kejombang..ketemu kakakku..akupun nembung.."mas nanti nak lahiran pinjemi uang yach..aku udah gak punya blas"..kataku..karena masku juga pas lagi gak ada uang.tetapi jawaban ini yang membuatku sedikit berkurang rasa cemas yang luar biasa..

Mau tau jawabannya?..begini lho..

"buat kelahiran gak usah kamu siapin biayanya..karena habisnya akan sesuai persiapanmu.anakmu itu ada rizqinya sendiri..cukup.cukup. tenang aja"..terus diceritakan gimana kelahiran anak-anaknya yang biaya lahirnya sesuai dengan yang disiapin..anak pertama disipain sedikit yo habis sedkit karena normal..anak kedua disiapin uang banyak yo habisnya banyak karena caesar..dan seterusnya..inilah yang sedikit mengurangi kecemasanku dan berubah menjadi harapan penuh kepada Alloh..kemudia pada malam yang barokah itu ane berdoa agar diberikan kemudahan dan kelancaran kelahiran..masih ditambah semoga lahirnya normal..

Perjalanan kehamilan menuju 9 bulan..ane pasrah penuh kepada Alloh..bahkan hampir saja ane jatuh pada kekufuran.karena kadang merasa Alloh jauh..karena usahaku kok gak berbuah maksimal..akhirnya ane pasrah full."duh gusti engkau yang memberi amanah..saya yakin engkau akan mencukupinya"..alhamdulillah modal yang tak pakai buat modal kembali ya sekitar 1,xx jutalah..masih jauh dari cukup..seperempat taksiran aja nggak..tambah cemas nggak?..yo sangat cemas..apalagi hari kelahiran sudah dekat...alhamdulillah dapat kartu BPJS kesehatan..padahal sebelumnya susah tapi yo alhamdulillah..mungkin bisa berguna mikirku karena belum pernah memakai.tapi ane masih sangsi dengan kartu bpjs karena ane gogling tanya sana-sani kalau memakai kartu bpjs bisa tidak terurus nanti.bisa-bisa malah ada apa2.tambah ragu ama tuh kartu.

Pertengahan romadhon istri ane sudah mulai merasakan sesuatu..maaf ane gak merasakan jadi gak tahu,,hehe..ternyata cek dibidan kalau sudah saatnya melahirkan...dag..dig..dug..jantung ane tambah kenceng rasane..mikir gimana caranya cari uang nih kalau caesar ntar..uang cuma sedikit..kemudian ane ke jombang ikut pengajian rutin malam 15..ane berdoa agar diberi pertolongan..masih berdoa agar bisa lahir normal...kemudian pulang dan mulai siaga 1..

Puasa ke 21 hari rabu ane sama istri periksa kedokter kandungan RS A lah..dan divonis harus caesar dan kalau bisa jangan sebelum lebaran..kemudian ane pulang ngurus surat-surat ke puskesmas..trus tanya ke bapak hari yang tepat buat lahiran..dikasih tau hari jumat..haarinya tepat pasaranya tepat dan waktunya tepat..setelah ngurus surat rujukan dari puskesmas ane telpon RS A buat melakukan operasi caesar jumat..disuruh datang hari kamis..kemudian nyiapin semuanya buat persiapan nginep di RS ama pakaian anak..kamis habis kerjaan ane naik motor sore2 sama istri ke RS A..lha nyampe RS A lha kok udah full n disuruh update terus..wedew..duh susahnya..kenapa gak dikasih tau pas telp..apa karena pakai bpjs..gak taulah..trus ane pulang lagi..karena waktunya yang baik jumat setiap jam ane ama istri gantian update dirumah sakit..sampai fajar sahur ternyata masih full dan belum ada kepastian..trus ane melakukan amalan dulu mohon pertolongan kepada Alloh..kemudian ane ingat kalau dulu ane daftar bpjs di RS B..yo wes akhirnya telp dan alhamdulillah ada tempat..trus ane habis subuhan ngajak istri buat motoran buat ke RS B ya lumayan jauhlah dari rumah..nyampe RS B..ditanya surat rujukan ane kasih rujukan yang ke RS A..ya tentu saja ditolaklah..waduh kalau pualang jauh n kasihan istri ane..ane berdoa sebentar, trus adminnya kasih solusi buat diperiksa ama dokter jaga dulu kalau divonis emergensi bisa langsung menginap..

Wedew..gimana bisa emergensi wong lahirnya karena kemauan ane..ane berdoa lagi..dan eng ing eng.......

Alhamdulillah dari dokter jaga divonis emergensi dan harus dilakukan tindakan hari ini juga..

Setelah itu masuk keruang peristi dan persiapan operasi...terus kemudian ane urus pendaftaran menggunakan bpjs dan ternyata mudah kok..ane daftar nyiapin kartu bpjs dan ktp istri udah itu aja..nanti petugas bpjs yang riwa-riwi ngurusi bla-bla nya..setelah ngurus pendaftaran ane nungguin istri ane..jam 9.30 masuk ruang operasi..ane tambah dagdigdug gan..jumat 10 juli 2015 jam 10.17 anak ane lahir Alhamdulillah selamat normal perrempuan cantik lagi..kemudian ane adzani bibirnya tak kasih madu n didoain doa khusus..ane sempeeet nangis gan..kemudian ane keruang bayi buat ngurus-ngurus admisnistrasi..setelah itu ane kembali ke ruangan tunggu operasi..pas yang disitu bapak..trus ane dikasih satu kantong plastik hitam..ternyata itu isinya penyakit kista dari istriku..jadi istriku melakukan operasi 2 kali..karena sekalian mengambil penyakitnya..

Trus kemudian ane gak kuat membendung penyesalan karena hampir kufur kepada Alloh karena berfikir Alloh tidak mengabulkan doaku agar istriku lahir normal...tak terasa airmata menetes..seandainya dilahirkan normal bisa bahaya karena kalau kista pecah bisa berakibat ke organ lain bahkan mungkin bayinya..dan kalaupun lahir normal nanti masih tetep operasi lagi buat ngambil penyakitnya..mohon ampun ya rob..rencanamu lebih baik dari rencanaku..

Setelah selesai semua ane pulang ngurus semua biaya selama 4 hari RS B..kelas 2 ruangan ber AC (n pelayananya juga tidak seperti yang diceritakan orang2..ramah n baik tidak ada bedanya dengan yang bayar)..dan subhanaloh..cuma habis 25 ribu rupiah itu aja cuma buat bayar photo si kecil itu nanti plus controlnya juga gratis..alhamdulillah..pas waktu itu juga dapet THR..

Hari senin pulang trus jumatnya udah lebaran..singkat sekali..biasane seminggu setelah lahiran ada acara syukuran ane taruh dihari minggu karena jumat lebaran...jadi uang 1,xx + dapat THR cukup buat beli kambing buat aqiqah ama lain-lain..

ya begitulah gan kisah kelahiran anaku..makane ane kasih nama ..MAFAZATUL IZZAH (wong kang bejo ==> orang yang beruntung)..ditambahi bapak FITRIANA..dengan harapan selalu suci dan mendapat barokahnya idul fitri..(MAFAZATUL IZZAH FITRIANA)..

jadi memang betul Alloh akan mengabulkan doa setiap hambanya..kalau tidak kabul ada 2 kemungkinan :
1. yang berdoa tidak yakin
2. Alloh mengganti doamu dengan hal lain yang lebih baik.
betul kata kakaku..kelahiran anak akan sesuai dengan persiapanmu..(tapi dengan catatan udah usaha dulu lho gan)..tetap usaha dan berdoa

semua ini bukan karena ane, istri ane, bpjs,RS tetapi atas berkat rohmat Allloh yang maha kuasa..terimakasih buat semua yang sudah terlibat dalam kelahiran anak kedua ane..

wassalamualaikuam Wr. Wb..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar