Selasa, 13 Agustus 2019

MENGATASI TOUCHPAD LAPTOP ACER TIDAK BERFUNGSI / NOT WORKING

Assalamualaikum
halo sobat jagad, gimana kabarnya?..semoga senantiasa mendapat berkat rohmat dan yasro dari Alloh ta'ala.

beberapa waktu yang lalu ane kedatangan user yang bawa laptopnya dengan beberapa kasus diantaranya lcd tampil separo, batere drop dan touchpad atau mouse laptop tidak berfungsi. untuk yang batere sama lcd minta ganti baru dan ori. akhirnya tak pesenin lah sama temen ane yang jual batere dan layar lebih komplit karena ditoko pas kosong barange. nunggu sehari batere sama layar dateng lewat J&T. terima kasih j & t yang udah jauh ke desa untuk nganter barang.

batere ama lcd baru dipasang dan oke tinggal mengatasi touchpad atau mouse tidak berfungsi. nah ini nih yang menjadi menarik. dikarenakan banyak yang mengupas masalah ini ada yang kasih info untuk instal driver, untuk uninstal driver, tekan fn+f6/f7, ada juga yang suruh seting bios dan bla..bla.bla..oke untuk lain kasus mungkin bekerja. tapi memang aneh untuk kasus si acer ini. saya sendiri dulu sampai instal ulang laptop gegara tidak bisa dan si empunya minta harus jadi. hemmm masalah sepele bikin pusing aja.


tapi kalau menyerah bukan sifat ane. masalah yang sulit itu malah jadi menarik untuk di kerjakan dan dicari solusinya. ini ilmu yang ane dapatkan dari si bos ketika waktu di telkomsel dulu berhari-hari bahkan berbulan nyari penyebab packet loss dijateng. bos ane selalu bilang "ini menarik ded buat di pelajari dan selesaikan". jangkrik bos dalam hati ane..udah hampir sebulan dibuat gak tidur nyenyak bergadang sampai pagi terus sampai haru ke luar kota untuk studi kasusnya...hemmm bikin emosi aja..tapi lama-lama tak fikir bener juga tuh bos ane. ketika masalah sulit dijadikan menarik akhirnya ada tantangan tersendiri untuk fight masalah tersebut..dan tak bawa sampai sekarang..matursuwun bos..memang fikiran bos sama anak buah tuh beda...hahaha

oke kembali ke masalah touchpad yang tidak berfungsi yak..ane akhirnya dapet dari forum ya lumayan juga karena pakai bahasa planet. dan ane praktekan langsung nyusss..touchpad kembali normal lagi..alhamdulillah gusti..seneng juga ketemu..mumpung masih anget ane share aja ilmunya..karena yang lain solusinya biasa..haha

neh solusinya khusus buat laptop acer yak yang lain pakai cara lain aja kalau nggak isa:


[SOLVED] how to fix touchpad acer Aspire E14 ES1-411 after install windows 10

hi guys tonight i will tell you about how to fix touchpad acer Aspire E14 ES1-411 after install windows 10. becasue this laptop is not supported on windows 7 ( i think ) , so i installed windows 10 and after that i got an  error on touchpad and some combination keyboard shortcut like fn+f7 and on BIOS not any configuration about that touchpad. so i want to show you how think work out, let's check this out.

material ( you must download that and installing on your  acer Aspire E14 ES1-411)
IO Drivers_Intel_604.10135.1001.53001_W10x64_A.zip
Touchpad_ELANTECH_13.6.3.1_W10x64_A.zip 
TXE_Intel_1.1.0.1064W81x64_A.zip

step:
1. you must downloaded all this driver, install that and follow the step in the installation
2. if everything installed correctly and reboot your acer Aspire E14 ES1-411
3. taarrraa, if cursor indikator are show its mean your done to fix  acer Aspire E14 ES1-411 touchpad.

note :
1. its A.K.A like same installing other dirver
2. if this step fail on you. another way is update your BIOS system, but i test on  acer Aspire E14 ES1-411-C61F its worked perfectly. so try this tutorial before you got wrong way

well, i hope you can and your touchpad worked. if any feedback, question or etc please comment below but dont spam. have nice day see you..

translate sendiri ya gaes...intinya instal 3 driver tersebut IO driver, touchpad driver dan TXE intel. ada kok di web resmi acer


alhamdulillah bayaran lagi
semoga bermanfaat

wassalamualaikum

2 komentar:

  1. Thank you for publishing this exclusive post! I suppose that you were able to sort it out and finally reach the consensus.

    BalasHapus
  2. As far as we can see, the new lcd battery is installed and it's okay to just handle the touchpad or the mouse doesn't work.

    BalasHapus