Selasa, 20 Agustus 2019

TV LCD VOTRE BACKLIGHT NYALA SEBENTAR TERUS MATI

Assalamualaikum.
halo sobat jagad, gimana kabarnya? semoga senantiasa mendapat berkat rohmat dan yasro dari Alloh ta'ala.
cangkokan baklight terlihat terang dekat laptop

beberapa waktu yang lalu dapat servisan tv lcd merek votre 19 inch. trus ane coba tuh tv dan hasilnya backligt nyala sebentar terus mati. tak terawang dari samping tulisan votre masih nampak, berarti bener backlight ini masalahnya. info si empunya sih pernah jatuh gitu tv nya. maklum digantung di dinding tapi kurang kuat talinya. karena masih kurangnya pengalaman langsung aja pandangan tertuju pada inverter buat nyalain back light. mesti ini nih penyebabnya. karena di toko tidak ada langsung aja pesen online, lumayan juga harganya. 75 ribu waktu itu, wah bisa-bisa tv nya habis banyak nih plus servisan. tapi si empunya ane kasih info bilang gak papa yo langsung aja dipesenin tapi nunggu 3 hari. hemmm.. deket sini ada yang jual gak yo...

setelah nunggu 3 hari berlalu dateng juga tuh inverter pesenan segera aja ane pasang dan jreng..tetap sama hasilnya..hemmm...kebuang deh tuh uang. bikin gemes aja. begini nih kalau kurang pengalaman dan kurang telaten. tapi solder harus tetap nyala untuk menemukan problemnya. sambil ngopi + nyedot rokok sehat tentrem nyari solusi sama mbah google. ternyata masalahnya adalah protectnya inverter bisa karena overload bisa karena salah satu lampu putus. hemmm baru tau ane kalau lampu putus itu protect. 


bongkarlah semua panel sampai terdalam trus ketemu lampu ccfl dan bener ada 1 lampu yang putus ini nih biangnya. lihat kanan kiri meja servisan gak ada yang sama. liat agak jauh ada monitor lcd yang udah rusah cuma 14 in. wah gak malasalah yang penting bisa buat ganti backlight yang putus dari pada harus matikan protect malah bikin beban ic inverter. langsung aja potong soket pindah ke lampu ccfl monitor yang udah diambil. dan hasilnya jreng jreng langsung nyala normal. pasang kembali panel tv yang udah bongkaran sambil dibersihin jamurnya. trus di coba lama deh buat ngecek kekuatan. baru dipasang kembali ke casingnya..

troubleshoot pertama oke namun masih ada kendala nge blank hitam. gegara jatuh nih mungkin bkin kendo ic cof nya. itu lain kali aja deh postingan selanjutnya..yang penting satu masalah terselesaikan..haha..

untuk refensi ane copas dari masternya kang marsono lagi....suwun suhu..http://marsonotv.blogspot.com/2017/02/chang-hong-led-24-backlight-nyala.html

Chang Hong Led 24 backlight nyala sebentar trus mati.



ChangHong 24.....
Lampu backlight nyala sebentar trus mati....
 

Cek tegangan BL inverter hidup sebentar...trus drops......Inverter mati....
Cek pakai test lampu BL 2 tranfo....lampu bisa nyala normal terus......
Pakai IC OB3350


Baca2 dulu datasheet OB3350......

IC ini mempunyai 3 sistim protek...

  1. OVP (over voltege protection)....protek jika tegangan over melebihi nilai tertentu (tergantung seting nilai R pd sirkit OVP) 
  2. OCP (over current protection).......protek jika arus lampu BL over..... 
  3. Open Lamp protection OLP).......protek jika tidak ada beban

Curiga lampu BL yang masalah.......walaupun test pakai dua tranfo sptnya gak masalah......
Tapi apa mesti bongkar lampu?.......Klo ternyata bukan....kan repot jadinya.......


Ambil aja 3 renteng lampu BL yg masih baru......trus diseri...
BL asli dilepas......pasang 3 renteng lampu BL diluar....

Ternyata lampu bisa nyala terus.......
Jelas lampu BL yg masalah.......
 

Alhamdullillah.....jreeeeennnng setelah penggantian lampu BL


AWAS...
Alat   Test lampu BL pakai 2 tranfo bisa salah.......tidak 100% menjamin.






3 komentar:

  1. I do hope that this situation has been already resolved, as I can't believe that no one helped you. Of course, it is not easy, but the task is feasible.

    BalasHapus
  2. Dear author, as for me, it was very easy and you were able to save your money! What a great article! Educational lesson! Nice to give it a try!

    BalasHapus
  3. Maaf mau nanya oom,ini kan tadi baru ganti backlight led tv, tapi kok begitu kabel dicolok,backlight lgsg nyala, pdhl tombol power masih off. Jadi backlightnya nyala terus. Mohon pencerahan, terima kasih🙏

    BalasHapus