Jumat, 08 Maret 2013

PC MASUK WINDOWS LAYAR LANGSUNG BLANK HITAM


salamualaikum..
haloo sobat jagad..Ane mau sedikit share pengalaman betulin PC..
 
Agan-agan kali ini ane share betulin PC lagi. neh PC unik kalau mau masuk windows ngeblank layarnya dan anehnya tidak restart tuh PC berarti CPU masih kerja.
 
jadi ceritanya neh malem aku di sms ama adekq yang jaga toko disemarang. maklum kalau senin-jumat ane dikudus. adekq tu dapat servisan PC tapi bingung betulinya. trus sms aku gimana cara betulinya. trus ane coba dengan langkah-langkah yang mungkin bisa mmabntu mengatasinya :
1. kemungkinan monitor/VGA di CPU rusak makanya ane suruh cek dimonitor lain.  
hasilnya : masih sama saja saat masuk windows nge blank...hem...berarti monitor gak rusak dan PC bermasalah.
 
2. ane mulai inget-inget pengalaman sebelum-sebelum apa mungkin VGA tapi kalau VGA harus dari awal udah gak tampil.tapi ne bisa sampai mau masuk windows..berarti VGA oke..
 
3. trus..ane mikir resolusi kebesaran kemudiana ane nyurus masuk safe mode dengan menekan F8 setelah selesai booting..ternyata bisa masuk safe mode berarti bener neh resolusinya bermasalah...ane suruh tuh ngecilin resolusi jadi 800x600..
hasilnya : nihil sama saja..
 
4. mulai mikir lebih dalam.lebih dalam lagi.bukan hipnotis lho yach...kemudian ane mulai berfikir pasti ne masalah driver VGA corupt walaupun belum jumpai kasus seperti ini. tapi itulah analisa terakhir..kemudian ane suruh adek ane masuk safe mode lagi
kemudian-klik kanan my komputer-pilih manage-dan pada display klik kanan un instal..sehingga menjadi mode standar.
 
hasilnya : ketika masuk windows minta driver VGA..untung aja ada sehingga tinggal browse dan instal..beres deh...coba direstart juga oke..
 
akhirnya bayaran juga...
 
PERINGATAN :
temen-temen jika kasusnya sama siapkan dulu driver VGA nya yach..kalau win7 si gak masalah..tapi kalau XP perlu juga  
   
SEMOGA BERMANFAAT YACH...
 
Alhamdulillah..
Terimakasih
 

2 komentar: