Jumat, 01 Maret 2013

MENGATASI PRINTER HP F2410 BLINKING SEMUA

 
 Image of control panel with the lights indicated
 
Assalamualaikum..
haloo sobat jagad..Ane mau sedikit share pengalaman betulin PRINTER..

Temen-temen, ane pengalaman yang mungkin bisa membantu menjawab masalah blinking yang sulit diatasi. jadi ceritanya begini. kemarin ane beli printer harga murah yaitu printer hp f2410 lumayan murah kok 1xx ribu. tapi tu printer ada masalah yaitu blinking ketiga-ketiganya. nah sebelum ane beli ane lihat dulu masalah n cara ngatasi di internet eh ternyata muddah tinggal bla-bla-bla..akhirnya ane beli deh.
 
sekarang baarang sudah ditangan dan ane cek bener juga blinking ketiga-tiganya. terus kemudian ane cari tahu kenapa?..neh hasilnya pencarian..
fungsi masing-masing lampu indikator :
- Led Attention : untuk indikasi ada hardware yang rusak misal paper jam, ada kertas menyangkut pokoknya yang ada hunganya dengan carriage atau kereta cartridge.
Image of control panel with the lights indicated
- led catridge black : indikasi kalau cartridge hitam bermasalah.
Illustration of blinking lights.
- led catridge warna : indikasi kalau cartridge warna bermasalah.
Illustration of blinking lights.
 dari penjelasan diatas dapat diketahui kalau penyakit dan cara memperbaikinya.
 
ok..singkat cerita yach biar nggak kepanjangan..
 
kembali ke masalah printer ane HP f2410 print,scan,copy..saya kira untuk seri yang sama cara betulinya sama..trus ane search di net lagi dan hasilnya disuruh me-reset.
 
  1. Nyalakan printer anda seperti biasa.
  2. Jika printer sudah menyala, tekan dan tahan tombol power diikuti dengan tombol cancel(X). Ingat!!! Tombol power dulu baru tombol cancel.
  3. Tahan sekitar 5 detik kemudian lepas keduanya secara bersamaan.
  4. Tunggu beberapa saat. Jika anda berhasil maka lampu indikator akan berhenti berkedip, namun jika lampu indikatornya tetap berkedip maka ulangi lagi langkah di atas.
  5. Setelah lampu indikator berhenti berkedip maka printer secara otomatis akan mencetak sebuah halaman print test. Siapkan selembar kertas jika anda ingin melihat hasil cetakannya, jika tidak maka biarkan saja.
  6. Printer anda siap digunakan
kemudian ane coba tu cara diatas dan ternyata.......nggak berhasil gak ada respon dan masih blinking. ane cari tahu mungkin ada kertaas yang nyangkut atau ada roler kotor kok gak ada apa-apa yach.
ane coba cartridge  normal sekali. dan carriage itu normal ketika dibuka ketengah dan ketika ditutup kembali lagi ke pinggir. 
 
TAK CEK ROLER SAMA SEKALI NGGAK ADA PENGHAMBAT..CARTRIDGE JUGA NORMAL SEMUA..

ane tutup lagi ah lanjutin hari rabu besok..maklum udah capek sebab dari jombang habis ngaji..hehe..

tik tak tik tak..
HARI RABU..

hari rabu ne ane lanjutin lagi untuk memperbaiki printer tersebut. ane penasaran cari lagi di net dengan cara mereset kok banyak yang berhasil yach..
 
tidak berhasil juga sampai mau putus asa. tapi saya diajari jangan putus asa sebab orang yang putus asa menghina Alloh. 

singkat cerita ane cari dan kasus seperti itu positif ada di hardware masalahnya trus kemudian ane cek sekali lagi. dan digear motor tuh ada penutupnya dan itu yang belum tak cek. kemudian ane buka tuh penutup gear dan ane coba hidupin printer..dan ternyata.......
 
GEARNYA SLIP ALIAS KETIKA BEBAN ROLER BERAT LOS DAN KETIKA BEBAN RINGAN GEAR BEKERJA. DAN ANE COBA TERNYATA GEAR BUAT GERAKKAN ROLER SUDAH LOS..
 
dan inilah yang menyebabkan lampu indikator attention menyala sebab antara sensor dari carriage catridge dengan sensor rotor tidak sinkron. wah ketemu ne masalahnya..maaf lupa tak foto saking sibuknya..
 
kemudian ane bongkar-bongkar printer yang rusak dan ketemu ada printer hp 1300 saya coba lihat sama..kemudian ane pasang dan apa hasilnya......
 
hasilnya printer masih blinking sama tetapi gear sudah bekerja normal. kemudian ane matikan dan coba langkah reset diatas. hasilnya..eng ing eng......
 
printer bisa ngprint namun cacat dan menunjukkan error code line..kamudian ane cek print tes page dan hasil printnya jelek banget kayak berbayang-bayang....kemudian blinking lagi..ane reset lagi dan bisa lagi tetapi kembali lagi..
 
berarti neh masalah memang pada gearnya dan gear yang saya pasang masih tidak sinkron sehingga antara sensor carraige dan motor tidak sinkron..
 
TUNGGU DULU CARI PENGGANTINYA..TAPI ANE PASTIKAN TU EMANG GEARNYA..MUDAH-MUDAH DAPAT..
 
   JADI TEMEN-TEMEN HARDWARE JUGA DICEK YACH KALAU BETULIN PRINTER...
 
SEMOGA BERMANFAAT YACH...
 
Alhamdulillah..
Terimakasih

6 komentar:

  1. tambahan sedikit setelah direset print akan mencetak tapi lampu power masih berkedip (belum stand by) tahan tombol cancel jadi print kembali mencetak dan lampu power normal kembali tanpa berkedip kedip

    BalasHapus
  2. lieur kang masih tetep kaya nblinking

    BalasHapus
  3. kalo semua lampu nyala tapi gak kedip, itu kenapa yah?

    BalasHapus
  4. Kalo kertas selalu nyangkut, kenapa ya? Sudah dibuka belakangnya, tapi gak ada yg bermasalah tuh....

    BalasHapus
  5. makasih ya mas membantu banget ,2 jam saya utak atik.. ternyata problem solve nya cuma tekan power sama cancel ..tp setelah itu emang jalan dan ngeprint lancar..tp setelah selesai print..lampunya kedip2 lagi 3" nya mas..mohon solusinya

    BalasHapus
  6. Cara nak bukak untuk tukar ganti cartridge printer

    BalasHapus