Kamis, 25 April 2013

TV CHINA MELEDAK-LEDAK KEMUDIAN MATI TOTAL..

Assalamualaikum..
sobat jagat ane mau share TV china yang mempunyai gejala meledak-ledak dibagian belakang..

jadi kemarin ane ditawari tv murah tapi ada problemnya kemudian ane cek eh ternyata tvnya nyla tetapi ada suara ledakan dibelakang tabung.. wah ne mesti tabung atau yokenya kena..gampanglah ntar ane ganti coz dirumah ada tabung nganggur..kemudian ane beli dan ane bawa pulang..sampe rumah ane coba lagi siapa tahu ada keajaiban...hehe..eh ternyata tetep  meledak-ledak..kemudian sebelum ane ganti malah mati pet dan kondisi lampu power mati..berarti power suplaynya kena neh..wah telat kasih bantuan...

sebelum ane cek ane pindah ketabung yang normal supaya tidak terulang lagi kejadianya. ntar rusak lagi tambah biaya malahan...

oke setelah ane pasang ditabung yang normal kemudian ane ukur dan alhasil tegangan output dari trafo tidak ada. berarti kerusakan didepan trafo neh..ayo kita buru....ane ukur tegangan trnsistor power suplay basisnya gak ada tegangan sama sekali kemungkinan transistor depannya rusak...ane ukur nomal juga..didoda dan resistor ane ukur semua normal..
kemudian ane coba lepas transistor sebelum tr power suplay dengan harapan bisa ketemu masalahnya..ane nyalakan malah fuse meldak dan tr power suplay jebol...fiuhhhhh salah deh...
 
namun ane gak putus asa masih ada cadangan banyak. setelah ane pasang masih tidak ada reaksi dan tegangan sama disetiap kaki..

owh aku ingat masih ada satu transistor yang belum ane cek yaitu transistor penguat optocoupleer..pada kaki optpcoupler yang normal harusnya tegangan 0 dan 12 volt tetapi disini adanya 3 volt dan 3volt berarti transistor didepanya jebol .
tterus ane ambil transistor A1015 ddan ane ukur eh emang jebol alias shot yang menyebabkan tranistor didepanya jadi tidak aktif..

oke ane ganti aja z banyak kanibalan dirrumah....

dan akhirnya....eng...ing....eng...
menyala jreng...

alhamdulillah....

8 komentar:

  1. Gan tv ane mesinya sm ky gitu. Tp transistory jebol trs ap yg hrs diganti lg. Kejadian gara2 lisyrik naik turun.

    BalasHapus
  2. Gan tv ane mesinya sm ky gitu. Tp transistory jebol trs ap yg hrs diganti lg. Kejadian gara2 lisyrik naik turun.

    BalasHapus
  3. Gan tv ane mesinya sm ky gitu. Tp transistory jebol trs ap yg hrs diganti lg. Kejadian gara2 lisyrik naik turun.

    BalasHapus
  4. Gan tv ane mesinya sm ky gitu. Tp transistory jebol trs ap yg hrs diganti lg. Kejadian gara2 lisyrik naik turun.

    BalasHapus
  5. oh maaf baru bales..coba beban power suplay dilepas..pastikan tidak ada komponen yang rusak..biasane kalo jebol terus dioda zener ada yang putus..jika tidak ada yang rusak coba nyalakan..kalau masih jebol terus kemungkinan trafo switching rusak..

    BalasHapus
  6. lepas dulu beban output power suply ya gan...kemungkinan dioda di power suply ada yang jebol..ganti juga capasitor/ resistor yang kehubung dengan c3807

    BalasHapus
  7. gan power normal gak meledak lagi tapi api di flyback kecil alias gak keluar tampilan dilayar gak ada cahaya sama sekali, tks

    BalasHapus