Jumat, 19 April 2013

URUS AKTE SENDIRI AJA...

Assalamualaikum..
sobat jagad..sekedar berbagi informasi aja neh..dari hasil pengalaman ane..

mohon maaf sebelumnya dan mudah-mudahan tidak menyalahi aturan. jadi ceritanya begini..alhamdulillah maret kemaren ane dikaruniai seorang putri yang cantik oleh Alloh. lah seminggu kemudian ane dikasih tahu harus buat akte dan gak boleh telat tentunya kalao telat didenda banyak..

nah namane ane pebisnis yang sering riwa pakai riwi tentunya ngurus seperti itu agak repot. karena dalam pikiran saya ngurusnya ribet harus bolak pakai balek mondar pakai mandir. dan kemudian ane tanya-tanya sama saudara n temen-temen habisnya lebih dari 1xx rbu..dan kbanyakan tidak ngurus sendiri alias nitip karena mikirnya sama kayak aku ribet kali. halah uang segitu aja kok fikirku. mending nitip aja gak ribet n gak kefikiran. tinggal nunggu trus beres..

pas aku dirumah selasa waktu aku berencana nitip tetangga yang pas kebetulan jadi khaur/pengurus desa. pas sampe dikantor desa ane clingak clinguk gak ada tetanggaku. ane kemudian tanya ternyata tetanggaku baru aja keluar untuk ngurus dan gak tau baleknya. tak lama pas mau pulang ane dipanggil ditanya keperluane. akhirnya ane jelasin kalau mau buat akta. tanpa banyak tanya ane suruh ngisi formulir akta. 

weleh..weleh...niat mau nitip malah ngurus sendiri..

yaudah terlanjur yana sekalian aja..berikut syarat dan urutan ane ngurusnya..
syarat :
1. KTP SUAMI
2. KTP ISTRI
3. KK  ASLI
4. SURAT KETERANGAN KELAHAIRAN ANAK DARI BIDAN/RS
5. SURAT NIKAH

EH..JANGAN LUPA DIFOTOCOPY YACH..

URUTANYA :
1. KE BALAI DESA
   - di sini nanti ada formulir buat akta kelahiran..
   - kemudian buat surat keterangan untuk kecamatan buat KK
   - kemudian buat surat keterangan untuksipil buat akte
bayar kas aja..
2.  KE KANTOR KECAMATAN
   - jadi kalau mau buat akte tu ne KK kudu dibuat baru. KK lama ntar ditambah nama anak kita,tgl lahir, dll
disini jadinya seminggu..gak tau ditempat agan..
gratisss
3. KE KUA
   -  minta ligalisir (fotocopy surat nikah trus diligalisir)
4. KE SIPIL
   - setelah kk jadi langsung aja ke sipil nanti nulis form akte
bayar administrasi 8 rbu doang..tunggu seminggu..


SELESAI...
SEHINGGA LAMA JADINYA 2 MINGGU DAN HABISNYA 10 RIBU DOANG,,ANG..ANG..ANG

Urus sendiri aja ya..emang agak ribet dikit ci kudu mutar muter....tapi lebih murah dan mudah kok cuma capek aja apalagi kalao jauh dari kecamtan dan kantor sipil..


ayoooo

terimakasih wassalam...






Tidak ada komentar:

Posting Komentar