Minggu, 08 Februari 2015

CARA TAMBAL BAN..MONGGO GAN YANG MAU USAHA DARIPADA NGANGGUR

Assalamulaikum..

halo sobat jagad, gimana kabarnya?..semoga selalu mendapat barokah dari Alloh..

kali ini ane mau posting cara tambal ban..bukan ane mau usaha ban gan cuma ane mau berfikir untuk membuat tambal ban yang portable alias bisa dibawa kemana-mana..ini karena ane habis ngalamin ban bocor yang jauh dari warga. jadi ketika ban bocor jauh dari warga dan tidak tahu harus bagaimana. mau didorong kemana jauh lagi apalagi baru puasa..hemmmm.

tapi ane masih dorong sampai jauh dan akhirnya ketemu tukang tambal ban..

tapi ane masih bersyukur cuma jalan..ane mikir kalau terjadi dimalam hari bagaimna tuh rasanya yach..belum lagi gak ada teman ditengah hutan lagi..cewek lagi..cantik lagi..huw apa nggak kasian..

dari situ trus ane nyoba nyari-nyari tutorial tambal ban..

yuk monggo disimak gan..moga bisa terinspirasi membuat yang portable..

NE CARA DASARNYA/YANG BIASA DIPAKAI..

siapin alat dan bahan :
1. pompa

2. pembuka ban (congkel ban)

3. pembuka pentil

4. karet tambal ban

5. lem / pake lem pralon juga boleh
6. pemanas + press tambal :



karena ane nyari link yang menerangkan cara tambal belum ketemu ane karang berdasarkan pengalamn dijalan..

1. motor distandar tengah ya gan..kalau belakang yang bocor nggak usah kasih bantal..tapi kalau depan perlu dikasih bantalan biar ban tidak nempel tanah biar mudah di putar..

2. kempesin ban dengan membuka pentilnya..
3. keluarkan ban dalam
4. pasang pentil dan pompa
5. celupkan ke air diember sampai semua ban kena..jika ada gelmbung udara yang keluar berarti itu tempat bocornya
6. coblos tempat bocor dengan korek kayu atau lidi juga boleh..
7. cabut pentil
8. bersihkan bagian yang bocor lebih bagus pakai gergaji besi (pelan-pelan aja) tujuanya agar ada rongga untuk lem biar lebih lengket..
9. olesi lem  yang bagian bocor kemudian tempelkan karet tambal ban
10. beri gerenjeng (dalaman rokok yang perak ) / pelindung panas lainya.
11. pasang ketempat tambal ban press dengan pemanas
12. trus panasi kalau pakai yang bakar 10 menit-15 menitan kalau pakai setrika 5 menitan..
13. setelah selesai ambil ban dan taruh di air..ambil gerenjengnya..
14. pasang pentilnya dan pompa
15. cek lagi dengan air..kalau udah normal ambil pentil dan pasang ban dalam ke motor..
16. pasang mur ban..pasang pentil dan pomba
17..motor siap digunakan..

kalau untuk videonya ane lihat diyoutube kayak gini..
for buka ban:
https://www.youtube.com/watch?v=cvLE1PMhyvY

for cek diair
https://www.youtube.com/watch?v=Xli4nm5tU04

for komplit..
https://www.youtube.com/watch?v=f6J0B_rNO14

for yang portable
https://www.youtube.com/watch?v=RNaRUI_m40M

for yang lebih keren..



Tambal Ban Sendiri Pake Setrika Biar Ganteng

 
 
 
 
 
 
1 Vote

tambal ban 1
Sial rasanya kalau ban motor tiba-tiba udah kempes di rumah. Niatnya mau bawa motor jalan keluar, eh ban malah bocor. Tapi lebih sial lagi kalau bocornya di tengah jalan sih :mrgreen: Satu penyakit yang timbul kalau ban bocor dirumah adalah…malas ngedorong motor ke tukang tambal ban. Masih mending ada tukang tambal ban yang dekat dari rumah. Kalau jauhnya minta duit ampun ya siap-siap aja deh dorong si motor…
Sang ayah tau kalau ban motor bocor. Ntah kenapa tiba-tiba si ayah lagi rajin mau nambal ban sendiri. Waduh, kok tumben nih. Yaudah sekalian aku bantuin juga. Ambil ban dalamnya terus ditambal dan dipanasin pake setrika. Titik yang di tambal dilapisi plastik kresek dan kertas biar gak lengket ke ban.
tambal ban 2
Hasilnya yah lumayan lah :D sekalian sambil belajar juga dan ngerasain gimana rasanya nambal ban sendiri. Tapi semalas-malasnya ngedorong motor ke bengkel, lebih malas lagi kayaknya ngebongkar ban dalam dan nempel sendiri yak :mrgreen: Asal ada niat pengen belajar nambal ban sendiri, ya pasti gak malas kok. Tapi dengar-dengar ada juga ya daerah yang bengkel tambal bannya pake setrika? Mungkin ada tapi udah jarang ya yang seperi ini…
Oke… yang paling penting adalah setrikanya. Pemakaian setrika harus mendapat izin dari ibu atau istri dulu. Kalau nggak bisa kita yang kena setrika :mrgreen: Kecuali punya sendiri ya gak masalah. Sekian dulu sharenya, selamat menikmati.
from..https://mhdharis.wordpress.com/2014/01/19/tambal-ban-sendiri-pake-setrika-biar-ganteng/
semoga bermanfaat ya gan..hasil kreasi ane yang portable nak udah jadi tak tampilin..
alhamdulillah


5 komentar:

  1. sebaiknya jangan pakai grenjeng gan, karena hasil tambalannya kurang bagus, biasnya keret penambal atau kompon jika sudah matang akan lepas sendiri dengan alat presnya, sedangkan jika digrenjeng, biarpun karet kompon belum matang, tetap tidak akan lengket, dari pengalaman ane menjadi tukang tambal ban, sering menemui ban bocor pada bekas tambalannya kebanyakan dari tambalan yang digrenjeng, karena biasanya tamabalnnya kurang matang

    BalasHapus
  2. kalau ane pakai grenjeng rokok downhil hitam tp jngn sampai kebalik, kalau udah matang grenjeng akan lepas sendiri n hasil aluss bozzz

    BalasHapus
  3. tlg gambar nya d perjelas bro agr km mengert

    BalasHapus