Selasa, 18 Agustus 2015

TV SHARP WONDER 14 IN LAYAR GARIS DI ATAS

Assalamualaikum..



halo sobat jagad gimana kabarnya?..semoga selalu mendapat barokah dari Alloh..

kali ini ane mo share pengalaman ane kemarin service tv sharp..jadi pas sore2 mau tutup toko eh ada yang service tv dengan keluhan saat dinyalakan tv nyala tetapi ada garis di bagian atas bukan ditengah..wew apanya ya?..tanya yang punya..ane jawab aja vertikal pak..mikirku solderane mungkin..yo wes ditinggal dulu pak..nanti malem tak garape..

setelah buka puasa ngaji trus siap aksi lagi..ane buka tuh tv tak lihat gak ada yang mencurigakan..trus akhirnya ane ukur aja..karena memang ane udah yakin dibagian vertikal ane ukur tegangan 40 volt menuju ic 8537 j untuk ic vertikal..weit ternyata gak cuma 16 volt..berati R 33 ohm sebagai fuse putus nih..trus aku ukur eh ternyata iya..ane ganti aja sama 50 ohm karena yang ada di kotak komponen...

dan akhirnya...

alhamdulillah malah terbakar dan icnya panas sekali...wedew ic nya kena ini..ane lepas tuh ic..trus ane ukur komponen sekitar vertikal siapa tau ada yang slot eh ternyata memang ada yang short..yaitu dioda D507..pembatas tegangan 16 volt (VP) dan 40 volt (VTB)..ini penyebabnya yang bikin ic jebol...



trus akhirnya ane ganti dioda tersebut dengan 1n4148..ic vertikal ane pasang lagi trus tv ane hidupkan sambil dag dig dug...dan alhamdulillah tv normal semua..trus ane panjer dulu sebelum ane tutup..setelah sejaman yo ane tutup trus tinggal bobo..besoknya bayaran..

semoga bermanfaat
Alhamdulillah..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar