Selasa, 01 Desember 2015

INSTALASI SOUND SYSTEM SEDERHANA UNTUK KARAOKENAN DIRUMAH

Assalamualaikum..

halo sobat jagad, gimana kabarnya?..semoga selalu mendapat barokah dari Alloh yach..

sory lama nggak update blog ini karena banyak kerjaan relokasi BTS..karena saking sibuknya perlu refresing juga dunk..paling murah karaokenan cuma kalau harus ke tempat karaoke terus mahal juga..ane kefikiran kita beli buat tempat karaokenan aja yang murah..uangnya bisa buat beli jajan dan lebih hemat lagi..apalagi ini musim hujan males keluar deh..

oke langsung aja ya gan..sory seperti biasa ane copas dari blogs sebelah..

yuk mari..

Instalasi Sound System untuk Karaoke di Rumah Serta Perangkatnya

Kadang untuk menghilangkan rasa penat dalam rutinitas kita yang melelahkan pikiran dan perasaan, maka harus dibuat rileks. Salah satu solusinya adalah berkaraoke dengan teman sejawat di tempat Karaoke di kota Anda. Kebersamaan ini akan membuat kita melupakan sejenak kepenatan dalam aktifitas kerja. Mungkin anda diajak oleh sahabat yang suka bernyanyi namun anda merasa canggung bila bernyanyi yang disaksikan oleh orang lain, hal ini tentu akan membuat anda gugup, bisa jadi tidak tahu lagu yang anda nyanyikan baik dalam alunan nadanya, syair dan lirik. Oleh sebab itu anda perlu banyak latihan tanpa dilihat orang lain. Bagaimana caranya? Tentu anda harus memiliki fasilitas karaoke di rumah anda. Tidak usah memilih perangkat yang mahal bila kondisi keuangan anda tidak mencukupi untuk membeli sound system dan kelengkapan karaoke anda dengan harga yang serba mahal. Namun bila anda ingin mendapatkan mutu suara yang bagus tentu anda harus pandai  memilih sound karaoke yang berkualitas, memang harga menentukan kualitas. 

Ajaklah teman anda yang cukup memahami tentang peralatan sound system karaoke dan cara pensettingannya dan instalasi agar didapati suara yang berkualitas di telinga anda. Sementara itu bila anda memiliki ruang/kamar yang tidak terpakai, bisa anda sulap menjadi studio mini anda atau home theater di rumah anda dengan memberikan bahan kedap suara. Hal ini untuk meminimalisir suara terdengar sampai ke rumah tetangga. Terus terang saya juga suka bernyanyi namun ada rasa malu kalau suara saya didengar oleh tetangga atau aku risih bila ini menggangu mereka.

Sebagai rekomendasi untuk anda, cobalah anda lihat beberapa pilihan dan langkah yang harus anda ambil sebelum membeli perangkat karaoke ini. Berikut beberapa peralatan yang sederhana namun bisa menjadi acuan bagi anda.

Music Player Source

Anda bisa menggunakan DVD Player yang berkualitas baik dari produk terkenal. Disk lagu pun harus dengan kualitas baik, bukan bajakan. Bila anda mempunyai perangkat Notebook/ PC / Laptop, maka  anda bisa menginstall program karaoke player, namun untuk display terpaksa anda harus menggunakan kabel khusus untuk mengkoneksikan PC anda dengan peralatan Video Display. Sekarang ini sudah tersedia Karaoke MIDI Player Mechine yang di dalamnya terdapat Harddisk yang bisa menampung berjuta lagu di dalamnya. Anda bisa meng-upgrade lagu dengan cara mencolokkan USB atau internet. Saat anda ingin memutar lagu favorite anda cukup melihat menu yang tersedia di sana. Biasanya dalam perangkat Karaoke Player sudah mencakup Fasilitas untuk microphone dan echo. Bila tidak terdapat fasilitas ini maka terpaksa anda harus menggunakan Mixer Audio tersendiri untuk mengolah dan mencampur suara baik musik maupun microphone. Untuk mixer carilah perangkat ini dengan fasilitas FX internal.

Peralatan Display(Video)

Untuk menampilan video gambar karaoke, kita bisa menggunakan televisi yang terdapat colokan terminal Input, misalkan AV Input (Audio Video Iinput), VGA input, atau sekarang populer adalah HDMI. Namun secara sederhana kita bisa menggunakan colokan AV Input untuk fasilitas video gambar. Untuk anda yang banyak uang bisa juga menggunakan projector berikut layar. Dengan menggunakan projektor maka luminate gambar terlihat lebih lebar.

Peralatan Microphone.

Agak sulit memilih microphone yang bagus. Kadang ada harga yang murah namun cukup sesuai dengan selera anda. Sebagai rekomendasi untuk anda cobalah memakai Microphone merek terkenal. Bila anda ingin bebas bergerak sebaiknya menggunakan microphone wireless. Untuk menancapkan mikropon (bila tanpa mixer) ini tergantung selera anda. Kadang kita bisa menancapkan pada input mic pada speker aktif ataupun anda bisa tancapkan  di input mic pada Player DVD anda. Atur kadar suara dan juga gema echo-nya.

Peralatan Mixer Audio ( bila anda menginginkan menggunakan Mixer)

Carilah Mixer Audio yang di dalamnya sudah terdapat Sound FX (efek/ Echo). Saat penyetingan FX pada mixer Audio coba anda gunakan FX Reverv atau Hall.

Peralatan Speaker System (Loud Speaker)

Rasanya terdengar aneh kalau berkaraoke tidak menggunakan Speaker System. Oleh sebab itu peralatan Speaker system ini menjadi hal yang cukup vital saat anda berkaraoke. Fungsi speker/ loudspeaker adalah untuk memperdengarkan kembali dan memperkuat suara kita. Ada berbagai  macam Speaker system ini yang perlu anda ketahui;
  • Speaker Active Stereo 8 inchi,

    Sound System untuk Karaoke di Rumah Serta Perangkatnya
    Speaker ini bisa menjadi rekomendasi bagi anda, harga yang lumayan murah namun di dalamnya sudah terdapat colokan Microphone dan juga Effek Echo. Speker ini terdapat dua buah dengan ukuran yang sama namun salah satu box terdapat pengatur suara berupa volume, bass, dan trebel. Colokan terminal input untuk Audio biasanya menggunakan Jack RCA yang terdapat di belakang body speaker ini.
  • Speaker Active Mono 12 atau 15 inchi,  


    Untuk menghasilkan suara stereo dalam penggunaan speaker ini maka anda harus mempunyai dua buah Speaker dengan sama merek dan type (satu set). Harga terbilang cukup mahal dan juga konsumsi listrik yang cukup besar. Untuk lebih lengkap dalam respon range suara serta mendapatkan suara bass yang rendah maka lebih bagus dilengkapi dengan aktif Woofer Speaker (Sub Woofer) seperti gambar di atas. Speaker ini terpasang di sisi kiri dan kanan Layar Display (perangkat operating)
  • Speaker Passive

    Bila anda menginginkan untuk menggunakan Speker Passive maka anda haru menggunakan Power Amplifier untuk mendorong atau mengerakkan speker. Bila anda suka elektronika dan ingin merakit sendiri Power Ampli, sekarang ini sudah tersedia KIT dan PCB tentang itu.  Merakit Speker pun lumayan menyenangkan karena kita dapat mempelajari sistim acoustic ruang dan udara pada sirkulasi dalam box speker yang akan berpengaruh pada bunyi yang kita dengarkan.
    Sound System untuk Karaoke di Rumah Serta Perangkatnya
     

Instalasi Peralatan SoundSystem Karaoke

Ada berbagai macam cara untuk instalasi sistem pada peralatan karaoke anda. Intalasi ini dibagi menurut kondisi peralatan yang anda punya. Untuk koneksi video, anda tinggal menghubungkan video out pada DVD Player  ke input AV1 TV anda. Atur posisi remote untuk mendapatkan sinyal video ini.

Sound System untuk Karaoke di Rumah Serta Perangkatnya

A. Instalasi Speker Aktif 8"

Instalasi paling sederhana dengan speaker Active 8 inchi. Untuk microphone anda bisa mencolok jack mik ke Mic 1 dan 2 pada box Speaker aktif 8" ini. Bisa juga mencolokkan mic ke colokan microphon yang terdapat di VCD Player. Coba anda perhatikan diagram gambar di atas. Pada speaker aktif 8 inci ini bisa juga disertakan dengan fasilitas mixer audio bila dana keuangan anda cukup untuk membeli mixer audio.

B. Instalasi Speaker Passive dengan menggunakan Power Amplifier (PA) dan Mixer Audio

Sebelum menginstalasi peralatan ini susun posisi perangkat dalam wadah lemari atau rak khusus. Tempatkan mixer audio pada posisi paling atas. Posisi Power Amplifier(PA) berada paling bawah. Ukur panjang pendek kabel antara Power dan Speaker. Usahakan tidak terlalu panjang. Untuk menyambungkan kabel speker dari Power Amplifier adalah hubungkan kabel warna merah ke terminal positif pada box speker dan hitam ke terminal negatif pada box speker. Posisi speker sebelah kanan disambungkan ke jalur (R) di PA dan kiri ke (L). Coba perhatikan diagram gambar berikut ini;
Sound System untuk Karaoke di Rumah Serta Perangkatnya

Untuk menyambungkan connector (Jack) coba anda buka tautan ini.

C. Instalasi Menggunakan Active Speaker Mono 12"atau 15"

Di dalam box speaker ini sudah dilengkapi dengan PA dan Tone Control, jadi anda tidak membutuhkan lagi penambahan Power Amplifier eksternal. Anda tinggal menyesuaikan posisi Volume, Bass dan Treeble pada posisi flat (arah jam 12), selanjutnya anda tinggal mengatur segala macam Level dan Tone EQ hanya pada Mixer Audio anda. Diagram pada gambar ini persis sama pada gambar di atas, yaitu tinggal meniadakan fasilitas Power Amplifier. Supaya suara dapat anda atur pada frekuensi tertentu maka saran saya adalah menggunakan Equalizer(EQ).
Sound System untuk Karaoke di Rumah Serta Perangkatnya

Cek Audio

Setelah semua perangkat terpasang dengan rapi sekarang kita coba dahulu suara yang akan dihasilkan oleh Microphone. Atur level dan efek sampai didapati Tone dan gema yang menurut anda mantap. Bila sudah cukup bagus, atur level musik dan sesuaikan balance antara vokal anda dengan musik karaoke. Untuk menghilangkan suara penyanyi pada Disk tinggal memencet remote, dengar Audio (L) atau (R). Sekarang anda akan menikmati suara anda sebagai penyanyi Karaoke.
 
ane copas dari...http://tehnik-dasar-soundsystem.blogspot.co.id/2014/10/sound-system-karaoke-rumah.html
 
semoga bermanfaat..
 
alhamdulillah

1 komentar: