Senin, 22 Juli 2013

TV CHINA ADA SUARA MELEDAK-LEDAK DI TABUNG

Assalamualaikum..

temen-temen jagat untuk ini ane mau share mengenai kasus tv china yang ditabungnya ada suara ledakan..

kalau ada TV kemudian ada suara ledakan tentu saja menakutkan. itu kasus ane beberapa hari lalu. ane kulakan TV china buat nambah dagangan dirumah.. sebelum ane jual ane cek dulu tuh TV. sempet 2 hari normal, namun suatu malam yaitu malam ke-3 ane kaget enak-enak nonton ada yang meledak dari tv. duer-duer..weleh-weleh nanti tv ne meledak baha kie..langsung aj TV ane matikan..

esoknya ane bongkar tuh tv. kemudian anen nyalakan lagi. keluar ledakan tadi dan ternya ada kayak petir berarti ne cop flybac bocor. ganti aja yang baru fikirku, pas ane punya yang baru. lha kemudian tak ganti punya ane yang baru. ternyata normal, tapi normalnya cuma beberapa jam habis itu kambuh lagi. fiuh pusing juga ane..


trus ane sms masternya aja..ane nanya ama kang ali cara ngatasinya. ternyata kudu ganti cop yang bagus yang warna abu-abu trus sebelum masang cop tabung dibersihkan trus dikasih lem dulu..lemnya khusus..coba difikir sendiri aja lem yang mampu untuk tegangan tinggi...


ane praktekin trus kemudian jadi deh..seharian udah ane coba aman aja...


Mengatasi Kop Tabung TV Bocor

Kerusakan bocornya kop flyback crt /tabung pada Tv biasanya ditandai dengan munculnya suara desis jika kerusakan sudah parah bersuara seperti petir, suara tersebut diakibatkan dari loncatan listrik tegangan tinggi (sekitar 2KV) supply crt yang bocor, diantara penyebab  bocornya kop flyback antara lain :
  • Kop flyback crt rusak (dikarenakan habis masa pakai / umur) 
  • Over tegangan pada b+ /tegangan horisontal
  • Kapasitor horisontal  rusak (nilainya berubah atau melar)
kerusakan seperti ini memang sangat sepele namun jangan dianggap sepele jika tidak segera diatasi dapat mengakibatkan kerusakan yang parah pada Tv, diantara kerusakan fatal yang terjadi :
  • Tabung /Crt rusak (ditandai dengan keluarnya cahaya putih seperti neon pada leher tabung /filamen dan tabung tidak bisa diperbaiki lagi / harus diganti)
  • Rusaknya IC kroma, program, memori maupun vertikal akibat terkena loncatan tegangan tinggi.
Untuk kerusakan akibat kop yang rusak berikut cara mengatasinya
- Bungkar casing TV
- Lepas kop flyback pada tabung, tetapi sebelum melepas kop tersebut buang dulu tegangan yang masih tersimpan pada tabung dengan cara digroundkan dengan kabel atau probe multi yang salah satu ujungnya sudah digroundkan. gambar 1 (hati-hati dalam melakukan proses pembuangan muatan karena tegangan tinggi)

 Gambar 1









- Lepas konektor serta karet kop dan ganti yang baru
- Sebelum dilakukan pemasangan baiknya bersihkan dulu tempat kop pada tabung bisa juga menggunakan tiner.
- Setelah tempat kop sudah bersih dan kering pasang kembali kop.
- Jika tempat kop pada tabung sudah terkikis atau pelapis sudah tidak rata bisa gunakan lem sealer hitam.

Gambar 2


Jika kebocoran terjadi pada kabel flayback bisa ditambal menggunakan kabel bekas flyback yang sudah dikelupas.

Gambar 3











Mengatasi kebocoran pada pangkal kabel flayback bisa diatasi dengan mengganti karet atau tutup dengan selotip plastik

Gambar 4










alhamdulillah

terimakasih

7 komentar:

  1. makasih master atas ilmunya,semoga beranfaat ^_^
    dan saya mau memberi sedikit informasi kalau cara diatas sudah dipraktekan dan hasiny masih nihil,mungkin bisa diganti karet cop flybacknya dengan yg baru,dan saya punya referensi situs yg jual karet cop fbt baru,silahkan dikunjungi
    https://www.bukalapak.com/p/elektronik/lain-lain-208/hqaa1-jual-kop-karet-flyback-baru

    BalasHapus
  2. Kalau ada sinar putih di neon leher tabung,apanya yg rusak bang??

    BalasHapus
  3. kalo diriku sih lgsg aja indent lem epoxy sblm nyolder sambungan kabel kop fbt dan dilapisi lg fakai selongsong bakar.
    Salam kejet-kejet senantiasa....

    BalasHapus
  4. kalo diriku sih lgsg aja indent lem epoxy sblm nyolder sambungan kabel kop fbt dan dilapisi lg fakai selongsong bakar.
    Salam kejet-kejet senantiasa....

    BalasHapus