Selasa, 13 Agustus 2013

BANGUN KOMUNIKASI DENGAN PEMBICARAAN YANG RINGAN-RINGAN


Assalamualaikum..

Alhamdulillahirobbil alamin..atas berkat rohmat Alloh yang maha kuasa pada kali ini saya mau share sedikit ilmu yang menurut saya bagus..tapi monggo penilaian saya kembalikan ke anda semua..

Dalam hubungan komunikasi adalah sangat penting. entah itu hubungan keluarga, organisasi, bisnis, pertemanan dan lain-lain. tentu saja tanpa adanya suatu komunikasi akan membuat susahnya mencapai tujuan bersama. seperti komunikasi suami sama istri yang jarang bicara akan membuat hubungan semakin jauh walaupun secara lahir berdekatan. begitu juga dalam bisnis atasan jarang berbicara pada bawahan akan membuat suasana kerja seakan tidak nyaman. namun walaupun sudah ada komunikasi namun tidak terjalin dengan baik antara dua belah pihak juga menyebabkan tugas yang diemban terasa berat. misal saja, suami hanya membicarakan masalah-masalah yang berat kepada istri tanpa tahu apa masalah yang dihadapi oleh istri. tentu saja akan menjadikan rumah tangga terasa penuh dengan masalah. dikarenakan dikeluarganya adanya cuma masalah saja kelihatanya. begitu juga ketika disuatu organisasi pimpinan hanya berkomunikasi tentang masalah yang dihadapi organisasi saja. maka akan terasa di organisasi tersebut terlalu berat. apalagi kalau organisasi sosial. wah tambah berat lagi..begitu juga diperusahaan yang atasan hanya berkomunikasi mengenai masalah-masalah perusahaan. maka, gerakan perusahaan akan menjadi melemah, dikarenakan tugas karyawan selalu mendapatkan soal dan kerjaan untuk kemajuan perusahaan. tentu saja akan mengurangi exploitasi ide yang dimiliki karyawan tersebut. dikarenakan tidak adanya kesempatan untuk menyampaikan ide. kalaupun ada kesempatan tentu saja takut menyampaikan dikarenakan ada perasaan ide jelek, sudah ada dan lain.

jarang bicara akan menyebabkan hubungan terasa jauh..kalau sudah jauh semakin menghilang. akhirnya hancur dech hubungan..

trus gimana dunk solusinya..

owh ntar dulu..mungkin perlu penggambaran dulu biar tidak salah tangkap isi informasi yang saya tulis..

oke coy..tentu ane gak mau ngrasani seseorang, gak baik puasa-puasa..hehe

kalau melihat masalah diatas saya jadi teringat ketika masa-masa sebelum punya istri..simak coy..tentu ini gak ane aja yang ngalami tetapi banyak juga temen-temen dan akhirnya GALAU..apaan tuh..nggak tau ane juga ikut-ikutan.

dulu ane pernah protes pada diri ane sendiri. ane udah kuliah tapi belum punya pacar. parahnya lagi belum pernah pacaran. toh kalau dilihat tampang juga gak jelek-jelek amat..wkwkwk..gak juga bodo-bodo amat...tapi kalau keuangan pas-pasan. tapi yang jadi mangkel tu liat orang yang lebih beruntung ane(maksudnya gek lebih cakep dari ane..hehe) itu punya cewek cakep lagi..
Apa yang salah yow...
kesempatan sering ada. ketemu cewek cakep tapi gak pernah kena. respon keliatan ada tapi gak kena juga..
Apa yow yang salah...

Tinggal bilang i love u, aku tresno awakmu, aku seneng kuwe, aku cinta kamu...lho itu susahnya minta ampun. bukan lagi susah malah gak isa terucap. kelamaan diambil orang deh...nasib-nasib...

trus ane ingat pesan guruku dulu...belajarlah sampai kenegeri china...walah kejauhan n gak nyambung jek...maksudnya jangan putus asa selalu belajar..

weleh punya pengen punya cewek aja belajar...tinggal deketin aja..kata temenku...iya mudah tapi caranya gimana, mulainya dari mana itu yang susah.

singkat cerita..daripada buka kartu sendiri..hehe...

ane liat temen-temen yang punya cewek tu seharian bisa smsan sampai 500 lebih sms..lah itu apa yang diomongin?...maklum biasane ane ngomong yang penting-penting aja terlalu jual mahal buat basa basi..parahnya lagi hampir setiap hari tuh smsan banyak sekali..lah kok ada aja bahasanya..sudah ketemu, jalan-jalan, makan lho itu masih telpon-telponan smsan. mikirku lho kok ada aja yang dibahas..

kemudian ane perhatikan..ternyata yang diomongin kebanyakan hal yang gak penting-penting contohnya...
"lagi apa?"..tau tadi baru dianter pulang kerumah..
"makan apa?".."minum apa?".."enak nggak?"..dalam hati ane "memang masalah buat lho"..lho itu yo dibales ki ama ceweknya..lagi maem, maem nasi ama ayam, enaklah..
kadang yo saran juga.."udah belajar dulu aja".."udah bobo sana dulu aja" ..dalam hati ane "padahal juga mau belajar malah di gangguin. lagi mau bobo malah digangguin pake telp juga"..kok aneh yow mikirku ngabisin pulsa aja...
yang anehnya ketika pulsa habis terus gak ada komunikasi lho kok kayak kebingungan yow..was-was dan lain-lain..fiuh aneh tu emang..
dan putusnya hubungan kalau sudah mulai jarang kontak lagi alias komunikasi tingkat dewa dan bukan ngomongi yang gak penting - gak penting...yang dibahas hanya masalah saja seperti kayake ortu gak setuju deh, kayake susah cari kerja dll..wah kalau udah bahas masalah biasane mulai agak panas ki...wkwkwk..

walah kepanjangan ceritane mas...

trus ane coba pakai komunikasi yang sepele-sepele..pas ada kesempatan untuk komunikasi ane gunakan buat komunikasi yang sepele-sepele..gak mikir bakal jadian,atau target jadian walaupun ada perasaan berharap. mulai nanya-nanya yang sepele trus bicara ngalor ngidul yang gak penting. ane ngerasain enak juga yach...walaupun bukan pacar tapi yow enjoy..paling kalau pacaran yo sama aja kayak gini. gini aja udah cukup. trus gmna biar gak ilang..ya komunikasi terus..sampe rumah sms gak penting..yo sama bahasanya..

bukan masalah bahasan ternyata tetapi jawaban yang diterima itu lho yang bikin lega..hehe

trus lama-lama kelamaan kita sebagai pendengar setia. apa keluhanya, apa masalahnya. terus kita coba kasih masukan walaupun gak mutu..hehe..namun sedikit banyak sudah membantu walaupun cuma kasih masukan "yang sabar yo".."badai pasti berlalu"..yo tiba-tiba bisa jadi ustad ki piye jal..
lho lama-kelamaan kok ada sinyal buat nembak...yo ditembak aja...
trus kalau sudah jadian ngapain aja..yo sama aja kayak biasa..hebate yo ada sertifikat aja..
so kalau mau jadian tu jangan mikir nembak dulu...toh sama aja kok ceritane..jodoh udah ada yang ngatur...hayah...

walah itu ajalah ceritane malah buka kertu aja..kembali ke laptop..ke topik maksudnya...
kadang setelah menjadi istri kita lupa alias nggak seperti dulu lagi. bahasanya hanya uang, rumah, mobil sehingga kelihatan rumah tu banyak masalahnya..

oke langsung ke kesimpulan aja. jadi dalam suatu hubungan diperlukan komunikasi yang ringan-ringan aja dulu. sehingga dapat mengetahui karakter dari setiap orang. trus lebih leluasa dan tidak terlalu terikat dengan jabatan. akhirnya ketika ada perbincangan yang bersifat demokrasi atau membutuhkan masukan-masukan dari tim. akan menjadikan lebih enjoy ketika menyampaiakan  karena tidak canggung takut kata-katane salah, idenya buruk dan lain-lain..

contoh aja disuatu organisasi. ketua tim setiap ada waktu ngobrol sante..kemarin darimana?..kok gak ngajak-ngajak to..enak lho makan di warung sana..wah ceweknya...dan seterusnya. jadi sedikit ngilangin kepenatan..so ketika nanti ada tugas berat..nanti timbul suatu komunikasi dua arah yang berarti membagi masalah tersebut sehingga menjadi ringan..

anak itu seneng kalau dapat jawaban terbaik dari ortu,  murid itu seneng kalau dapat jawaban terbaik dari guru,  ce/co itu seneng kalau dapat jawaban terbaik dari pacarnya, karyawan  itu seneng kalau dapat jawaban terbaik dari atasanya, tim itu seneng kalau dapat jawaban terbaik dari ketua tim.

DENGAN ADANYA JAWABAN TERBAIK AKAN MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI UNTUK MAJU , KARENA ADA YANG MEMBANTU MENJAWAB MASALAH.

kira-kira itu aja dengan kata lain...BANGUNLAH KOMUNIKASI DENGAN  PEMBICARAAN YANG RINGAN-RINGAN..

mohon maaf jika ada yang salah..
terimakasih
alhamdulillah..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar