Selasa, 13 Agustus 2013

SERVICE KEYBOARD LAPTOP/NOTEBOOK YANG BUNYI

Assalamualaikum..
gmana kabarnya setelah lebaran...

maafin tim jagad yow nak ada salah... kali ini jagad mau share tentang penyakit laptop sesuai janji dikarenakan dari kemarin kebanyakan yang diposting cuma service TV aja. kali ini ane posting service keyboard yang bunyi terus..ngeceknya pakai software ngecek keyboard yach yang telah tak posting sebelumnya..

Apa effeknya keyboard rusak..?
Selain tidak bisa digunakan tombol pada keyboard yang rusak bisa menyebabkan restart-restart pada laptop. pada beberapa laptop menyebabkan tidak bisa menyala. tentu saja cara mengatasi diambil tuh keyboard trus diganti keyboard external..

keyboard itu tidak seperti tombol pada remote yang dihubungkan oleh karbon yang ada ditombol. tapi terdiri dari 2 plastik yang sudah ada karbonnya. jika ditekan maka karbon pada plastik bawah dan atas nempel sehingga terhubung.

karena inilah maka suhu lembab mudah menyebabkan lengket sehingga nempel platik bawah dan atas. hal ini mengkibatkan keyboard berbunyi..

kemudian kalau yang rusak cuma 1  atau 2 tombol ini bisa diperbaiki. tapi kalau udah bnyak bisa jadi chipsetnya yang ada dikeyboard bermasalah..

kalau keyboard seperti ketekan terus jemur dulu aja yow..trus sempret pake contact cleaner..ane udah nyobin berhasil dan normal..

berikut ulasan lebih detail dari kang eko..

Sebelum ke pembahasan Cara Service Keyboard Laptop / Notebook, kita bahas dulu beberapa penyebab rusaknya keyboard laptop / notebook, yaitu :
1. keyboard terkena air
2. akibat debu
3. akibat lembabnya ruangan.

Kerusakan yang sering terjadi pada keyboard laptop / notebook adalah salah satu tombol keyboard ada yang tidak berfungsi atau malahan keyboard laptop / notebook yang rusak itu bergerak sendiri seperti ada yang menekannya.

Hal tersebut terjadi dikarenakan menempelnya kedua lapisan karbon pada flexyble keyboard (akibat jamur atau kotor) sehingga tombol keyboard dapat menekan sendiri atau bahkan tidak dapat digunakan sama sekali.

Ciri-ciri keyboard rusak adalah terdengar bunyi beep berulang-ulang pada saat laptop dinyalakan.


Berikut ini Cara Service Keyboard Laptop / Notebook :
1. Siapkan cutter kecil yang masih baru (tajam)
2. Tentukan tombol keyboard yang kira-kira bermasalah. Dalam kasus ini tombol tab yang rusak.
3. Ambil tombol keyboard yang rusak tersebut dengan mencongkelnya, dan ambil karet yg ada di bawahnya.
4. Dibawah karet ada 2 lapisan karbon yg berbentuk lingkaran. Robek sepertiga lingkaran dari lapisan karbon tersebut.






5. Bersihkan diantara kedua lapisan karbon tersebut dengan cutter itu, dengan cara menggesek-geseknya, tapi jangan terlalu keras, sekedar hanya menghilangkan kotoran diantara kedua lapisan karbon tersebut. Kalau terlalu keras dikhawatirkan lapisan karbon ikut hilang.
6. Keyboard siap dicoba, dan jika sudah OK, anda dapat memasang kembali karet dan tombol keyboardnya.
from kang eko..http://ekohasan.blogspot.com/2011/05/cara-service-keyboard-laptop-notebook.html

untuk keyboard yang parah..coba tips berikut..

Inilah cara untuk memperbaiki keyboard laptop atau netbook yang mencet sendiri dan menyebabkan laptop kamu gagal booting. Pada previous posting kita telah membahas penyebab bunyi tiittt yang muncul sesaat setelah kita menekan tombol power laptop dan menyebabkan booting tidak berjalan lancar.
Nah, jika memang penyebabnya adalah karena keyboard bermasalah ( mencet sendiri ) seperti yang telah kita bahas maka silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk mengatasinya. Namun sebelumnya alangkah baiknya jika kamu baca dulu artikel ini agar keyboard bisa di perbaiki tanpa ada masalah baru.
1. Sebelum kita mulai bekerja perlu kami ingatkan bahwa pekerjaan ini butuh ketelatenan dan kondisi yang fresh, kalo perlu siapkan sebungkus gudang garam international, hehe biar lebih fresh. Let's begin!
2. Setelah keyb oard kita lepaskan dari laptop, maka siapkan obeng min yang kecil sekali untuk membuka tombol-tombol pada keyboard dan sebuah pinset, atau silahkan pilih sendiri alat yang sesuai kesukaan anda.
3. Lepaslah tombol-tombol keyboard satu persatu menggunakan kuku dengan hati-nati, jangan sampai dudukan tombol huruf patah yang mengakibatkan anda harus bekerja lebih banyak lagi. Anda bisa memilih sendiri cara terbaik untuk melepasnya
4. Lepaslah dudukan tombol huruf keyboard dengan hati-hati agar tidak patah, gunakan obeng min kecil yang telah disiapkan
5. Setelah semua tombol dan dudukan tombol sudah terlepas maka bersihkan permukaan keyboard menggunakan kuas perlahan-lahan sampai bersih.
6. Lapisan mika keyboard adalah 3 lapis, lapisan teratas berisi jalur-jalur sisi atas keyboard, lapisan tengah adalah penyekat agar tombol keybaord tidak menekan dengan sendirinya atau lengket setelah tombol ditekan, dan lapisan bawah berisi jalur-jalur bagian bawah keyboard juga. Nah, gunakan kuku anda untuk memisahkan salah satu lapisan dengan hati-hati. Anda bisa memilih lapisan bawah atau lapisan atas untuk dipisahkan dengan lapisan yang lain, tujuannya adalah agar jika ada jalur pada lapisan bawah yang lengket dengan jalur lapisan atas bisa terlepas. Pisahkan salah satulapisan ini mulai dari kiri ke kanan atau sebaliknya dengan pelan-pelan dan hati-hati. Setelah lapisan terpisah gunakan peralatan yang agak empuk untuk memisahkan lapisan yang sudah di pisahkan tersebut dan diamkan kira-kira 30 menit sampai 1 jam. Tjuannya adalah agar sat dikembalikan ke posisi semula agar tidak lengket, atau kalo pengen cepet2 bisa diolesi bedak-nya si baby kemudian dibersihkan sampek bener2 bersih biar tidak ganggu tombol saat di pencet ( tips dari Fishlove )   
7. Setelah kira-kira 1 jam silahkan di kembalikan kembali seperti posisi semula namun tombol jangan dipasang dulu.
8. Pasang keyboard pada laptop ( tanpa tombol ) dan cobalah untuk menyalakan laptop anda, saya yakin bunyi tiittt akan hilang.
9. Setelah masuk windows ( atau OS yang lain ) check seluruh huruf, angka, da kode yang ada di keyboard dan pestikan semuanya berfungsi dengan baik, untuk pekerjaan ini anda bisa menggunakan software keyboard checker, silahkan  cari di google yang gratis banyak.
10. Kemudian biarkan laptop menyala dalam beberapa waktu untuk memastikan keyboard tidak kumat lagi.
Setelah langkah-langkah diatas dilakukan segera matikan laptop dan rakit keyboard seperti sedia kala denga hati-hati agar tidak ada dudukan tombol yang patah. Selamt mencoba
Ada hal-hal penting yang harus diperhatikan ketika kita akan memperbaiki keyboard laptop. Jika tidak diperhatikan maka bukan menyelesaikan masalah tapai malah jadi tambah banyak masalahnya dan lebih sulit di atasi. Hal-hal penting tersebut adalah sebagai berikut :
1. Saat membuka dudukan pengait tombol keyboard jangan sampai kaki-kaki dudukan ( lihat gambar dibawah ) yang dijepit patah. Patahnya kaki dudukan ini akan menyebabkan tombol keyboard mudah lepas atau bahkan tidak terjepit sama sekali.

dudukan tombol keyboard laptop

2. Saat memisahkan mika bagian atas dan bawah ketika memperbaiki keyboard yang nyantol tombolnya, jangan sekali-kali melepas bagian yang berfungsi sebagai konektor antara jalur di mika bagian bawah dengan bagian atas, biasanya di lem menggunakan lem elektronik. Contoh pada gambar dibawah ini adalah pada keyboard Cmpaq

3. Saat memisahkan mika atas dan bawah jangan sampai jalur pada mika atas nempel dan tertinggal pada lapisan mika yang bawah, demikian sebaliknya. Karena ini menyebabkan jalur putus. Untuk menghindari masalah semacam ini kita bisa gunakan blower heater dengan suhu rendah agar mika atas dan bawah mudah dipisahkan, jika tidak ada blower silahkan untuk hati-hati saja terutama pada keyboard laptop yang sudah tua.
Beberapa point diatas adalah hal-hal panting yang berdasarkan pengalaman kita terkadang kurang memperhatikan sehingga menyebabkan masalah baru yang akan menyita waktu kita lebih banyak lagi
for sumber..http://jiwacomp.blogspot.com/2013/02/memperbaiki-keyboard-laptop-atau-netbook.html
terimkasih..
Alhamdulillahirobbil alamin
Beberapa point diatas adalah hal-hal panting yang berdasarkan pengalaman kita terkadang kurang memperhatikan sehingga menyebabkan masalah baru yang akan menyita waktu kita lebih banyak lagi. Sekedar info buat temen2 yang pengen cari driver buat laptop bisa berkunjung kesini

2 komentar: