Minggu, 15 Februari 2015

PRINTER IP2770 BLINK 10x BERGANTIAN HIJAU-ORANGE

Assalamualaikum..

halo sobat jagad..gimana kabarnya?..semoga selalu mendapat barokah dari Alloh..

kali ini ane mau share pengalaman ane kemarin..maaf jarang posting karena kerjaan banyak..servisan numpuk..mulai dikenal kali yach...haha.

masalahnya ane gak cuma nyervice laptop aja..semua yang barang elektronik rusak ane terima..dari TV, radio, audio mobil, lampu, blender, laptop dan lain-lain..

makanya numpuk servisane..ya karena didesa ci..kalau buka service laptop ntar siapa yang service dunk..hehe...
walah malah banyak ngemeng..kali ini ane share servisan printer canon ip2770 yang blink 10 kali bergantian lampu hijau dan orange...kalau diconect ke komputer tuh eror B200..trus biasa dunk ane tanya ke mbah google..tu disebabkan mainboard rusak..waduh..trus anee mikir susah mesti..tapi gak boleh pesimis..cari solusi dunk..
trus ane dapat solusi mengatsi blink tersebut dengan cara mengambil catridge warna dan hitam kemudian dinyalakan maka printer akan mendeteksi tidak ada catridge kemudian buka cover dan pasang kembali..jadi deh..

betul juga tuh..blink nya ilang tapi.....ketika buat nyetak kambuh lagi deh masalahe...fiuh..

trus ane cari cara lagi dan dapat cara manjur dan berhasil sampai digunakan pasien tetep aman..

yuk simak gan...

Tips Mengatasi Error B200 Pada Printer CANON iP2770


Printer ngadat di saat penting tentu menjadi masalah tersendiri. Lebih dari sekedar terbengkalainya pekerjaan tapi juga memicu timbulnya serangkaian energi negatif akibat kontrol emosi yang tiba-tiba sulit dikendalikan.

Utamanya untuk anak kos atau siapapun yang sepakat dengan penghematan, berikut coba saya paparkan tips/langkah yang seringkali berhasil mengatasi Error B200 pada Printer Canon iP2770. Pengalaman, langkah ini sebenarnya bisa diterapkan untuk banyak jenis Printer ketika mengalami Error serupa, yaitu Error yang ketika Printer diperintah ngeprint, lampu akan ngeblink bergantian orange dan hijau sebanyak 8 sampai 10 kali. Kemudian dilayar monitor akan muncul Dialog Box menginformasikan telah terjadi sebuah error pada printer, dan anda diminta melepas semua koneksi termasuk power supply dan menghubungi kontak servis. Orang bengkel biasanya akan bilang yang rusak logic boardnya dan harus ganti. Konon harganya setara dengan harga printer baru. Sekali lagi hanya demi penghematan langkah ini barangkali layak anda coba :

1. Reset Adaptor
a. Matikan printer. lalu lepas koneksi printer dengan arus listrik, Lepas kabel yang masuk ke printer juga.
b. Lepa adaptor. biasanya berada di bagian belakang kiri bawah. Melepasnya juga dari bawah. Khususon Canon iP2770 sangat mudah dilepas, yang seri lain agak sulit memang.
c. Maukkan adaptor tersebut ke kantong plastik transparan. (dari pengalaman lebik baik yang agak tipis) lalu ikat span (tidak menyisakan bagian longgar pada kantong)
d. Masukkan kedalam freezer  selama kurang lebih 8 s/d 12 jam. (dari pengalaman frezer pada kulkas lebih efektif. maksudnya bukan yang khusus lemari es, sering gagal/belum tahu kenapa)
e. Setelah waktu pendinginan terpenuhi, pasang kembali adaptor ke tempatnya. Hubungkan dengan listrik seperti semula.
f. Nyalakan printer. Blink hilang dan printer siap digunakan.
g. Hindari koneksi listrik terputus tiba-tiba (turun tegangan, mati lampu) agar tidak kambuh.

2. Reset Logic-nya
a. Matikan Printer, biarkan koneksi dengan listrik maupun PC
b. Tekan tombol resume 2 detik,tetap tahan  lalu tekan tombol power sampai hijau. Lalu lepas tombol reume dengan tetap menahan tombol power.
c. Tekan lepas tombol resume 5 x (tahan ditekanan ke 5) mestinya lampu orange pas nyala. Lalu lepas bersamaan tombol resume dan powernya.
d. Kalau masih normal, lampu akan menyala hijau. Tunggu sekitar 30 detik agar printer empurna memposisikan catridge (ditandai dengan suara khas printer). Setelah suara berhenti matikan printer.
e. Nyalakan lagi printer. dan printer siap digunakan.

3. Hack the Printer
Sebelumnya mohon maaf. Istilahnya agak aneh, tapi ini biasanya jurus pamungkanya. Karena reset berulang pada printer akan mengakibatkan “kesalahan” aneh. Respon printer kurang normal. Ini ditandai dengan blink yang 10 x (normalnya hanya 8 x), serta catridge tidak meu ketengah ketika cover dibuka. Dan di menunya canon aja blink 10 x ga ada solusinya. Tapi bisa dicoba langkah ini :
a. Matikan printer. Nyalakan lagi dan segera buka cover, maka catridge akan menuju tepi kiri kemudian balik ke tepi kanan, sebelum mencapai tepi kanan, halangi catridge, maka catridge akan berhenti ditengah.(normal)
b. Lepas kedua catridge, lalu tutup kembali covernya, maka catridge box akan ditarik dikanan. Lalu roll akan berputar, biarkan saja sampai printer benar-benar diam. ( sekitar 30 detik). Normalnya lampu orange akan ngeblink 4 atau 5 x.
c. Buka cover printer, maka catridge box akan ketengah. Pasang kembali catridge. Tutup cover. Tunggu sekitar 1 menit, biarkan printer melakukan apapun.
d. Setelah printer diam, dan lampu menyala hijau, biasanya siap digunakan. Jangan langsung diperintah untuk mencetak dalam jumlah banyak. karena catridge yang panas akan membuat error ini kembali terulang.
e. Biasakan mematikan dan mencabut koneksi printer dengan sumber listrik, jika error ini sudah menimpa printer anda.

sumber...http://teknologi.kompasiana.com/terapan/2013/03/17/tips-mengatasi-error-b200-pada-printer-canon-ip2770-521249.html

ane ngikut yang nomer 1 gan dan alhamdulillah sukses..

semoga bermanfaat

Alhamdulillah

31 komentar:

  1. sip.. berhasil brother...Kamuu Kerreennn...

    BalasHapus
  2. masih ngeblink mas, ad saran gak?

    BalasHapus
  3. awalnya lampu sdh tidak ngeblink, ketika dipakai ngeprint kok ngeblink lagi gan, ada solusi lagi gan?

    BalasHapus
  4. gan ini saya sudah nyoba nomoer tapi masih aja seperti semula gan.mohon solusinya gan

    BalasHapus
  5. kereeeen... mantap hack the printer baru tau...

    BalasHapus
  6. thanks bro.. ane coba nomer 2 sukses!

    BalasHapus
  7. jarang online gan..banyak kerjaan..makasih udah mampir

    BalasHapus
  8. 3 Ok thanks ya bang...... manfaat banget

    BalasHapus
  9. trims gan ka n iyonk cba dul..u

    BalasHapus
  10. thank gan dah inyonk coba dan berhasil-3x........ kaya kweh... s-x lgi makasih gan moga barokah, aminnn.....

    BalasHapus
  11. ane coba no 3 udh normal tapi bgtu mau dipake print eror lagi, ada solusi lagi gk gan?

    BalasHapus
  12. Balasan
    1. setahu saya semua cara diatas kok gak ada yg berhasil utk saya...tks

      Hapus
  13. good gan, maaf baru baca lengkap, untuk nomer 1 memang intinya mereset atau mengosongkan kembali muatan listrik yang ada didalam adaptor, paling tidak untuk sementara sebelum akhirnya betul2 harus ganti adaptor, dan saya pun tidak tau bertahan sampai berapa lama, nomer 2 bagus lagi coba pakai resetternya, tekan tombol seperti diatas, jalankan resetternya, banyak yang share tutorialnya kok, tenang saja. nomer 3 itu kendala awal minta ganti cariage, rumah catridge, tempat terpasang nya catridge, walaupun diganti dengan catridge baru pun usia nya tidak terlalu lama, bukan catridge yang rusak, tapi cariage yang sudah lemah, solusi diatas memang betul, saya hanya menambahkan jika solusi diatas tidak berjalan sesuai keinginan, tulisan saya diatas mungkin sebagai lanjutannya, mohon maaf terima kasih

    BalasHapus
  14. jos.... hack the printer manjur gan

    BalasHapus
  15. gan ini printer blink 3 saat di nyalakan dan ketrik tidak jala,,cuma rol yg muter sbentar trus blink,,di set mode juga gak bisa

    BalasHapus
  16. praktekin yg nomor 3 kok malah berkedip orange trus sebanyak 15x...solusinya mastah

    BalasHapus
  17. Mohon solusi Error 5B00 di canon ip 2700

    langkah demi langkah udah gua lakuin dari 1 smp 4, namun printernya kaga bisa tekan RESUME 5 kali, yang terjadi hanya led orange menyala terus trus printernya kaga bisa di matiin,, tapi kalau tekan RESUME 4 kali,, lednya baru menyala bergantian tapi kaga bisa di reset pake soft reset canon...
    pleassseeee......!!!!
    mohon solusi dari agan-agan master,,, udah buntu nich ngadapin masalahna,,, udah berbagai cara gua lakiun tpi kaga ada hasilnya,,, sampe udah gua pisain satu per satu alat-alatnya trus gua bersiin tinta-tintanya,, tp kaga hasilnya juga... Help me pleaseee.....!!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ganti ic eeproomnya gan. Kemarin sy ngalami juga.
      Setelah ganti
      saksess
      Www.bsm-computer.com

      Hapus
  18. Nomer 3 bisa, tp begitu mau print ngblink lagi

    BalasHapus
  19. Malah mtot ga bisa idup lagi ni printer gimana nih

    BalasHapus
  20. Artikel mantap dan sangat bermanfaat banget.

    BalasHapus
  21. alhamdulillah berhasil.. anda hebat..!!

    BalasHapus
  22. Ganti MB aja Gan.... nih aku berhasil....

    BalasHapus
  23. Artikelnya sangat membantu bagi pemula yang baru belajar komponen elektronika, tentunya ini jadi referensi buat saya. terimakasih banyak,, salam kenal

    Toko Elektronik Terlengkap
    Jual Arduino Murah
    Jual Komponen IC TV
    Distributor Komponen Elektronika Murah
    Jual Hinode Fuse
    Jual Rotary Encoder
    Jual LCD Display

    BalasHapus
  24. makasih gan, setelah beberapa kali saya coba, alhamdulillah cara ke 3 berhasil. semoga makin sukses.

    BalasHapus
  25. lima Bintang buat yang punya blog

    BalasHapus
  26. AKHIRNYA dengan jurus ke tiga berhasil, terimkasih ilmunya,,semoga tambah rejeki tambah sehat, indahnya berbagi

    BalasHapus