Selasa, 18 Agustus 2015

CARA MEMPERBAIKI TV STANDBY ATAU PROTEC

Assalamualaikum..

halo sobat jagad..gimana kabarnya?..sehat semua yach..

kali ini ane mau share cara memperbaiki tv standby atau protec...jadi ceritanya dua hari ane dipusingkan ama tv banci lha kok isa..luarnya akari tabung dalam panasonic trus mainboardnya goldstar..fiuw..

pertama datang tuh tv nyala tuning geser..trus tak ganti tuner sudah mau diam lha kok ganti nyala sebentar trus mati lagi..wedew..wedew..protec ini..karena masih sempat nyala bentar aku yakin ic vertikalnya normal mungkin elconya ada yang kering..ane solder ulang dulu ane cek lagi masih sama..ane ganti elco bagian vertikal semuanya lah kok sama lagi..browsing suruh ganti elco driver hotisontal eh sama aja..

browsing2 lagi..elco bagian feedback ke optocoupler suruh gedein nilainya..ane udah gedein ane cek sama ja..pusing juga..

trus ane cari skemanya..akhirnya dapat..terus tak cek semua tegangan normal saat hidup sebentar..

apanya yach..sampai akhirnya ketemu cara memperbaiki tv stand by terprotek..ane ikuti saranya eh masih sama juga..

tak terasa sudah jam 2 malam..istirahat dulu wes..terusin besok aja..

besoknya bangun pagi tak cek tak lihat skema di ic control ternyata nggak ada pin protec tetapi adanya pin reset ini mungkin masalahe..dan iya ternyata jalur pin reset ke kapasitor kayak kena silatan dan nggak nymbung..trus tak sambung pakai kabel..mau nyala deh..

tapi dari situ ane tau cara ngek tv protek stanby stepnya tuh gimana..masalahe kan kalau stand by kadang pusing mana yang rusak yach..

ini saya hanya menjelaskan prinsipnya saja..karena setiap tv mempunya skema proteksi berbeda-beda cuma secara garis besar sistem kerjanya sama..berikut contoh proteksi mode..


A
contoh sistem proteksi tv

Sebelum dapat melakukan pelacakan bagian mana yang mengalami kerusakan pada pesawat televisi yang berada dalam kondisi terproteksi tentunya kita harus menon-aktifkan dahulu sistem proteksinya, karena jika sistem proteksi masih dalam keadaan aktif, kita tidak mungkin dapat melakukan pelacakan terhadap bagian yang rusak karena pesawat televisi akan langsung menuju kedalam mode standby sesaat setelah dinyalakan.
Pada contoh pembahasan digunakan pesawat televisi merek SHARP model 51U200, dimana pada model ini terdapat 8 titik proteksi, untuk menon-aktifkan seluruh proteksi dapat dilakukan dengan cara melepas jumper J718, J421 dan J906, dimana J718 terhubung dengan proteksi terhadap tegangan 180 volt, heater, 8 volt, dan ABL.
Sedangkan J421 terhubung dengan proteksi untuk tegangan 26 volt yang merupakan supply power amplifier, dan J906 terhubung dengan proteksi vertical output (vertical guard), tegangan 5 volt dan X-Ray protector (proteksi sinar -x) yang sebenarnya juga terhubung dengan heater tetapi disini digunakan untuk memproteksi terhadap kelebihan tegangan pada heater, karena sinar-x juga bisa timbul akibat naiknya tegangan pada heater.Setelah sistem proteksi di non-aktifkan, maka akan dapat diketahui bagian mana yang mengalami kerusakan berdasarkan gejala yang ada, tetapi cara ini berbahaya jika sistem proteksi aktif karena adanya konsleting, karena hal tersebut dapat menyebabkan salah satu komponen akan terbakar akibat adanya konsleting, tetapi cara ini adalah cara yang tercepat untuk dapat menemukan kerusakan berdasarkan gejala yang timbul, tabel dibawah ini menunjukkan gejala yang mungkin timbul saat pesawat televisi berhasil di hidupkan setelah sistem proteksi di non-aktifkan.

jadi lepas dulu sistem proteksi dari pin proteksi jika tv mau nyala berarti masalah pada blok penting..tetapi kalau nggak mau nyala juga berarti masih masalah dipower suply..

oke jika pin proteksi sudah diopen dan mau nyala langkah selanjutnya..lepas setiap dioda proteksi..liat skema rangkaian yach.. nak gak punya pokoke dioda yang menuju pin proteklah..setelah lepas satu persatu dan lihat masalahnya..lepas proteksi horisontal lihat pengaruhnya..lepas proteksi abl liat pengaruhnya dan seterusnya..jika pas dilepas mau nyala berarti disitulah letak permasalahanya..tinggal dicari komponen yang rusak..



ne ane tambahin dari blog sebelah..https://reglog.wordpress.com/category/polytron/page/2/


Ada beberapa cara untuk mencari kerusakan tv yang terprotek
Di sini saya berikan salah satu cara unuk melacak
Contoh titik protek berpusat di IC program

Ic akan mengirim signal protek bila tegangan di Titik protek kurang dari teg B+(ic prog)
*Titik protek di teg 180v,ABL,115v,vertikal 40v, Vert 15v, sound (+) ,5v&8v 
-Ic akan memprotek apabila salah satu tegangan di atas berkurang /konslet (boso jawa)
*Titik protek di heater,
-Ic akan memprotek bila tegangan heater naik dan akan terprotek pula bila heater turun.
-Apabila heater naik tegangan lolos melalui deoda zener D10 dan mengirim umpan basis TR untuk menurunkan tegangan protek
-Apabila teg heater turun Deoda D9 akan menurunkan teg protek
*Titik protek teg 3,3
-Ic akan memprotek apabila teg 3,3 naik
Teg 3,3 akan lolos melalui deoda zener D12,dan mengumpan basis TR
Contoh titik proteksi berpusat di osc
*Titik protek beban horizontal
Ic osc akan terprotek apabila ada beban berlebihan di bagian horizontal
Transistor jenis pnp akan mengirim teg positip ke ic osc karena ada perbedaan tegangan di B+ power suply dengan B+ plyback.
Cara melacak bagian yang menyebabkan tv terprotek1)Cari salah satu titik protek yang paling gampang di kenal
2) Setelah salah satu titik protek di temukan lacak jalurnya dan temukan titik protek yang lain Sampai ke pusat titik protek, bisa berpusat di ic program / ic osc horizontal
3)Tandai titik titik protek yang sudah di temukan
4) Potong satu persatu titik protek (seperti contoh di gambar “tanda x” )
5) Nyalakan Tv, kalau masih ter protek, anda lanjutkan pemotongan. sampai ke pusat titik protek
6) kalau pemotongan sampai ke titik pusat masih ter protek ,kerusakan ada di ic prog / ic memory
7) jangan memotong clock / data
8) Jangan menyalakan tv terlalu lama dalam keadaan protek terpotong
9) Untuk TV proyektor Kabel HV tabung harus di lepas karena bisa mengakibatkan cacat tabung
10) Untuk TV plasma / LCD memory Di backup dulu Karena ada beberapa merek yang 3 /10 kali protek langsung lock
11) Setelah bagian yang terprotek sudah di temukan tinggal putar otak untuk memperbaiki

semoga bermanfaat..
alhamdulillahirobbil alamin


3 komentar: