Rabu, 13 Februari 2013

BENERIN LISTRIK..PAKE LOGIKA DUNK..

 
Assalamualaikum..
haloo sobat jagad..Ane mau sedikit share pengalam ane tentang betulin listrik..
 
 temen-temen ne ane mau share malasalah kelistrikan dirumah..memang sederhana ci kelihatanya tapi perlu pemikiran juga ci. kadang ane juga mikir cuma ngurus 2 kabel kok orang pada gak bisa ne gimana to. lebih susah lagi kalau benerin lektronik banyak tu kabelnya. oke berikut ane coba bantu untuk maen logika buat benerin listrik..
 
tentu sudah tahu yach..kabel listrik rumah tangga ada 2 ya..(ingat kabel listrik rumah buka perusahaan yang 3 fasa) :
1. netral : tidak mengandung arus (setrum bahasa jawanya)
2. fasa : mengandung arus/strum
 
cara ngecek pakai tet pen yach..kalo nyala berarti fasa tapi kalau mati berarti netral..
 
yang nyetrum mana sich?.........
 
yang nyetrum tu yang fasa karena arus mengalir dari fasa lewat tubuh menuju tanah jadi kesetrum deh..
kalo netral dipegang yo gak papa..
 
neh fungsi alat yang sering dipakai untuk listrik dirumah:
1. saklar : untuk menghubungkan dan memutuskan arus listrik

2. stop kontak : sebagai terimanal sumber arus listrik dan berisi kabel netral dan fasa..kadang ada ground juga lebih baik.
 
LAH ADA YANG SERING KELIRU YANG BISA MENGAKIBATKAN KESALAHAN YANG FATAL...
 
sering kali orang awam memasang saklar itu sembarangan...maksudnya?..
 
YANG BENAR PASANG SAKLAR ITU PADA FASA..BUKAN NETRAL..
kan fungsinya menghubungkan dan memutus arus..dilihat dari fungsinya kan jelasa tuh..arusnya yang diputus. dimana kabel yang mengalirkan arus?..ya yang fasanya..
 
IMPACTNYA APA?
banyak..
1. salah satunya menyebabkan susah dalam pembetulan kabel yang bermasalah.
2. alat yang dimatikan dengan sklar yang bukan ditaruh difasa sebetulnya masih mengambil arus walaupun hanya arus yang kecil.
3. banyak lagi dan bisa menyebabkan kebakaran.
 
neh kasus yang pernah saya temui..
waktu itu dirumah masih pakai pompa air sanyo. tuh pompa air sanyo dipasangi saklar papaku..tapi masangnya di netral..tak tahunya tu pompa sering rusak trus bayar listrik gede banget.dan kalau malam gak kuat buat nyalain komputer...akhirnya tak cek lagi..ternyata msalahnya sepele..naruh sklarnya salah..akhirnya ane pindah kefasa..dan gak masalah lagi tuh.. 
 emang ada hubunganya yach..
 
ya adalah...kalau sklarnya dinetral..tuh alat dapat netral dari tanah..tanah dari bodinya..sehingga secara tidak langsung tuh pompa dapat netral..jadi pompa sebenarnya nyala..
 
OH YA MALAH BANYAK CERITA..NEH PENGALAMAN ANE HARI NE..
  
Pagi tadi ada tetangga minta tolong suruh betulin TV sebab kalau dinyalakan  MCB trip. trus ane siapkan semua alat tempur untuk betulin TV.. pas di TKP ane cek normal semua. ternyata yang bikin MCB trip tuh ada kabel yang konslet..tinggal liat kabel trus dilihat kabel yang mencurigakan..ternyata ada kabel yang dibungkus plastik dan itu buat magicom..neh beban berat pasti disini neh..
eh ternyata betul tuh ada kabel yang ngelupas karena panas..akhirnya tak betulin tu kabel..jadi deh dan normal semua..TV juga normal..
 ilustrasi
kemudian ane pulang dan malamnya tiba-tiba istri ane ngasih tau kalau lampu teras mati. trus ane ganti pake yang baru masih mati juga.neh mesti kabelnya..tapi kalau malam-malam matikan listrik ntar terganggu,,tapi kalau gak dibetulin bisa bahaya kalau ada maling cz baru rawan..akhirnya ane cek pakai test pen dan ternyata sudah betul kalau saklar pada fasa..
 setelah ane matikan saklar..langsung aja tuh kabel ane betulin..dan alhamdulillah gak kesetrum dan lampu kembali nyala..............
 
begitulah...   
 
PERINGATAN :
jika anda mencoba langkah2 diatas dan alat belum jadi..hubungi Dr. listrik terdekat..
 
alhamdulillah..
terimakasih
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar