Senin, 19 Januari 2015

CARA MENGUKUR MOSFET TERUTAMA PADA LAPTOP

Assalamualaikum..

halo sobat jagad..masih sehatkan?..alhamdulillah

semakin kita mendapatkan kasus yang sulit maka ilmu akan bertambah banyak sehingga efeknya akan mendapat kemudahan dikemudahan hari..lha kok cocok ama makna surat alam nasroh...hehe..

oke langsung aja untuk menambah pengetahuan tentang service laptop..komponen aktif yang ada di laptop tu selain ic yang banyak pake mosfet karena mempunya efekstifitas yang baik dalam penyalaran arus dari source ke drain..karena itu fet juga mudah rusak..untuk mengetahui rusaknya fet yuk disimak..

monggo..karena kalo nggak sesuai tutorial akan membingungkan..

Cara Mengukur MOSFET Pada Motherboard Laptop

Sebuah motherboard laptop memiliki banyak sekali IC power yang berfungsi sebagai saklar maupun komponen proteksi yang biasanya menggunakan IC jenis MOSFET. Maka untuk melakukan analisa penting sekali bahwa kita bisa memastikan kondisi dari MOSFET tersebut. AVO meter atau Multitester kiranya bisa kita gunakan untuk memastikan kondisi daris ebuah mosfet yang biasa dikenal dengan IC power pada motherboard laptop.
Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk mengetahui kondisi sebuah MOSFET.
MOSFET motherboard laptop
MOSFET motherboard laptop
Sebagaimana gambar diatas, MOSFET memiliki 3 bagian kaki, S (Source/Sumber), G (Gate/Pemicu) dan D (Drain/Output). MOSFET yang normal kondisinya adalah sebagai berikut dengan berurutan, Selektor Multitester pada posisi OHM.
1. Colokkan Probe merah Multitester ke kaki D, Probe hitam ke kaki S, maka jarum akan bergerak namun tidak sampek mentok ke kanan (tidak menunjukkan angka 0), jika posisi probe dibalik maka jarum sama sekali tidak bergerak
2. Colokkan Probe merah ke kaki S, Probe hitam ke kaki G, maka jarum Multitester tidak bergerak sama sekali.
3. Colokkan Probe merah ke S, Probe hitam ke kaki D, maka jarum Multitester akan bergerak namun tidak mentok ke 0 Ohm.
4. Colokkan Probe merah ke G, Probe hitam ke D, maka jarum Multitester tidak bergerak sama sekali.
5. Colokkan Probe merah ke kaki S, Probe hitam ke kaki D, maka jarum Multitester tidak bergerak sama sekali.
Jika kondisi MOSFET yang kamu cek seperti diatas, maka MOSFET normal, namun jika tidak sama dengan kondisi diatas maka MOSFET rusak atau bocor.

be ane copas dari..http://manar-komputer.blogspot.com/2013/09/cara-mengukur-mosfet-pada-motherboard.html

semoga bermanfaat..

alhamdulillah..

1 komentar: