Minggu, 11 Januari 2015

TV SHARP WONDER NYALA SEBENTAR TERUS STANBY

Assalamulaikum..

halo sobat jagad..gimana kabarnya?..semoga baik yach..

kali ini ane mau share pengalaman ane service TV sharp...jadi ceritanya disela-sela service laptop yang numpuk dirumah...ane ada kiriman TV sharp rusak.maklum tokonya didesa jadi TV juga diterima..yang empunya juga nggak ngasih tau asal-usul matinya..kalau dikasih tau kan bisa melakukan pertolongan pertama..halah kayak dokter aja..

ketika tak cek ternyata TV tak nyalakan pertama cuma standby..kemudian tak tekan tombol chanel untuk menyalakan TV nya..tv nyala sebentar led hijau kemudian bunyi cetek-cetek (kayak bunyi relay) trus kembali standby lagi.ini sih namanya TV protec.ane bongkar dulu tuh TV didalamnya pakai TDA 9381ps , Vert. TDA8357 , Reg. STR F6654..

biasa langkah pertama ane solder ulang..trus tak cari yang keliahatan kembung n gosong gak ada..setelah selesai solder ulang ane coba..tetep nihil..fiuh..ngalamat lama nih sebab tv sharp proteksinya banyak fikirku sih..

tinggal dulu masih banyak servisan laptop sambil nyari referensi..vonis pertama ane ganti IC vertikal..
keesokan harinya pas keluar ngater ibu ke pasar sekalian aja beli IC vertikal 8357..trus nyampe rumah ane pasang..eh..eh..apa hasilnya saudara-saudara...bau terbakar dan ternyata R 45 volt dari flyback ke vertikal nilanya 33 ohm kebakar..trus cepet2 tak matikan..walah malah tambah rusak kie..berarti vertikalnya short..TV tak tinggal dulu sambil cari inspirasi yang tepat..

seminggu kemudian....

singkat cerita ane maen keTS temen ane..ane tanya masalah itu n dia bilang kalau ic vertikal TV sharp tuh harus ORI alias asli dari pabrikan dan hargnya mahal sekitar 50 ribun..nak diganti harga 25 ribuan ke bawah banyak gak jadinya..karena servisan laptop udah kelar semua tinggal beberapa tapi butuh konfirmasi dari si empunya..ane pegang lagi tu TV sharp..kalo ni ane fokus khusus TV sharp..skema TV udah tak pegang tak pelajari dulu titik-titiknya..
ane pasang lagi ic vertikal yang lama dan tak coba tetep sama eh malah ada gejala baru lagi..setelah dinyalakan standby trus tekan chanel nyala sebentar trus led jadi mati tegangan terukur drop semua..trus ane gogling..eh nggak taunya bagian power suply..ane cek ternyata ada elco yang lepas karena karatan..yo wes tak ganti aja..trus ane coba nyalakan..eladalah..tv mau nyala tapi gelap doang ane besarin kontrasnya di flyback eh cuma garis-garis n tombol gak fungsi..wedew tambah kasus baru nih..lumayan lah buat ngukur tegangan tv.
tegangan 45 v ok..190 v ok.5 v ok..8 v oke..trus ketika tegangan ic 9381 tak ukur eh tv tiba-tiba mau baik sebentar...wah mungkin ada yang kendo kali..solder ulang dlu..

trus nyalakan lagi..eh..kasusnya kembali lagi nyala sebentar trus stanby..chanel ditekan lagi udah gak mau ngangkat baru setelah dimatikan mau nyala sebetar trus mati..

tetap fighting bro..

trus ane liat googling..kenapa sharp blinking eh ternyata R ABL 39k yng ke ground rusak..owalah terus ane liat penyebab protec..ABL yang bermasalah juga menyebabkan protec..

LHA INI COCOK KIE...TRUS ANE UKUR R 39K KE GROUND..OIYA BENAR-BENAR PUTUS..TRUS ANE GANTI..DAN YANG TERJADI...........

TV nyala normal..alhamdulillah..trus ane coba kasih antena..gambar normal tapi suara tidak ada..kasus lain  muncul lagi..wedew apalagi nih.ane coba pakai DVD ternyata normal berarti buka ic audionya.trus ane gogling lagi..bilange capasitor di kaki 31 ic 9381 rusak..trus ane liat..walah ternyata kaki 31 dan 32 gabung waktu tak solder ulang dan ane coba..langsung mak nyus..suara keluar..

dicoba dulu beberapa menit sambil liat berita air asia..ternyta sudah sembuh total penyakit trus ane tutup TV nya dan tak coba lagi normal tinggal kasih nota...
banyak pelajarann pada service TV sharp kali ini..susah tapi banyak ilmunya..

(ternyata masalah hanya sepele R abl 39k..) begini ngabisin banyak uang n waktu buat uji coba..

untuk semua kasus yang ane alami..berikut tutorial dari temen-temen yang mau berbagi di internet..
kasus 1..tv nyala sebentar trus mati disertai indikator mati..

Perangkat : TV
Merek : Sharp
Model : 14X20D2
Gejala : setiap 5menit atau lebih mati sendiri/total, jika dimatikan dari switch on/off lalu dihidupkan lagi tv kembali normal.
Penyebab : STR regulator cacat
Solusi : ganti segera dg yang baru dg tipe yg sama.

Perangkat : TV
Merek : Sharp
Model : 51V20MS
Gejala : i hidupkan sekitar beberapa menit kemudian mati total.Lampu led standby tidak menyala sama sekali
Penyebab : Hal ini menandakan bahwa rangkaian swtching (smps) tidak bekerja setelah panas.smps mengunakan STR w6753
Solusi : str w6753 ganti dng yg baru .. bila perlu heatsink di tambah lagi

ane copas dari..http://teknisi-elektro.blogspot.com/2012/12/cara-memperbaiki-kerusakan-tv-sharp.html

kasus 2..TV tidak ada raster..


Tadi malam habis nyelesaikan servis TV Sharp dengan kerusakan nyala sebentar trus protek. Saat masih nyala tampilan gelap hitam, suara juga tidak ada.

Bila screen diputar menuju max tampil blanking seperti gambar disamping. setelah itu mati protek. sesaat tampak sinar terang sekejap (klap) berupa beberapa bulatan cukup besar masing2 berwarna merah, hijau, biru.

Awalnya TV dalam keadaan mati total setelah ganti STR, dioda zener D710 dan D716(3.6V&5.6V), TV dapat menyala.

Kata sang pemilik mas Darto, Kanutan, Jogonalan. memang sebelum mati total. tampilnya gambar seperti itu.

Cek visual tampak IC tunggal IX3410, dan komponen lain tidak ada hal mencurigakan. coba jumper service J122-j124 dishortkan ternyata pesawat dapat nyala agak lama. pengukuran teg utama B+115V, 5V,8V, 24V, 180V, tampak normal. tiba saat ukur kaki ABL FBT kok tampil 60 volt normalnya ndak lebih dari 20V, ini dia ketemu titik terang.

Uprek seputar ABL ketemu R604 39k antara ABL ke GND kondisi putus tus tus.
Setelah diganti TV dapat normal kembali.


http://rodjoelgroup.blogspot.com/2012/02/belajar-dari-pengalaman.html

kasus 3 : tidak ada suara



Pakai IC TDA9381PS/N2/
!X3368CE padahal sudah tak ganti ic suara,ic memery. tetep aja gitu, b+ jga normal,buat dvd juga bagus suaranya tpi kalau tv gak ada,biasanya bg/m udah aku buka ic tda jg udah,pusingg......
solusinya jitu :

Coba analisa bagaimana alur jalannya suara.
Suara dihasilkan dari speaker.
Speaker mendapatkan sinyalm listrik dari power amplifier yang berupa IC.
Perlahan atau kencangnya suara dikendalikan oleh volume.
Sumber suara tergantung pemilihan, apakah dari TV, AV1, AV2 dan seterusnya, kalau ada.
Untuk sumber suara lewat AV sudah diinformasikan, pakai DVD, bersuara.
Jadi berarti rangkaian audio amplifier dan volume sudah bekerja.
Nah berarti sekarang kemungkinan dari pemilihan sumber suara apakah TV, AV1 dan seterusnya yang biasanya dilakukan juga oleh IC.

Suara dari TV berasal dari pendemodulasian sumber suara yang dimodulasi secara FM yang untuk Indonesia frekwensinya adalah 5.5MHz dan didefininsikan sebagai sistim B/G. 
Kalau sistim TVnya multi, maka selain B/G bisa dipilih sistim yang lain, antara lain sistim M (4.5MHz), sistim D/K (6.5MHz), sistim I (6.0MHz).
Nah kalau sistim TVnya multi, maka ada kemungkinan tidak ada suaranya, karena pemilihan sistimnya yang seharusnya B/G, terpilih sistim lain.
Jadi periksa apakah sistimnya benar di B/G.
Nah kalau pemilihannya sudah benar, untuk mendemodulasi sinyal FM nya atau sering disebut SIF, akan ada Coil atau Ceramic resonance 5.5MHz. Jadi periksa Coil atau ganti Ceramic Resonancenya yang bertuliskan 5.5MHz. Perhatikan ada 2 Ceramic bertuliskan 5.5MHz, yaitu Ceramic Resonance yang berkaki 3 dan Ceramic Filter yang berkaki 2. Nah yang perlu diganti adalah yang berkaki 3, bertuliskan 5.5MHz.
Kalau mundur lagi, maka SIFnya ditumpangkan pada sinyal Video sehingga sinyal Video ini dinamakan sinyal Video Composite yang terdiri dari sinyal Video hitam putih, atau Luminance, sinyal pembawa warna, atau Chrominance, sinyal sinkronisasi yang berpolaritas negatif dan sinyal SIF.

setting suara
coba periksa apakah C 233 dari pin 31 ic tunggal posisi baik2 saja?
atau servis mode yg ini di periksa
AVL=0
S-M=0
S-DK=0
S-I=0
S-BG=1
P-SECAM=0
F-N358=0
F-N443-1
VMI=1
VMC=1
HTL=0
BTSC=0
AV=1
FMWS=0
SM0=1
SM1=0
BIL=0

http://sekawan-servis-electronic.blogspot.com/2012/02/tip-menatasi-tv-sharp-gk-ada-suaranya.html
oiya..untuk tau rusaknya TV sharp buka aja setiap dioda proteknya..ntar keliatan..
terimakasih temen-temen yang udah share...setelah servis tv sharp ini..saya jadi tambah ilmu..

alhamdulillah..

7 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Mantap boss infonya sangat membantu

    BalasHapus
  3. Cara service TV merk Sharp, saya dulu dari SMK jurusan elektronika yang akhirnya kerja di komputer.

    BalasHapus
  4. Jadi ingat jaman dulu dalam memperbaiki TV Sharp. Ngoprek Tv merupakan pekerjaan yang sangat menarik.

    BalasHapus
  5. Salah satu yang membuat bingung ketika service TV, hal yang membuat saya bingung adalah ketika IC kena.

    BalasHapus
  6. Belajar servis TV nih.. TV Sharp terkenal awet.

    BalasHapus
  7. Mari kita belajar perbaiki TV lagi.

    BalasHapus