Kamis, 01 Oktober 2015

Kisah Mimpiku, Apakah mungkin sebuah tugas?..

Assalamualaikum..

berikut kisah mimpiku tadi pagi..


 ini tim tahun ke-2 ikut lomba ane dulu gondrong gan tengah pake baju coklat

mimpi tadi terasa nyata..dan tak inget-inget aku pas tidur masih keadaan wudhu karena tadi bangun kesiangan karena malamnya kerja sampai fajar trus sholat trus amalan..

dalam mimpiku aku posisi tidur. kemudian bapaku mebangunkanku "bangun jangan tidur terus" seperti itu kata ayahku. kemudian aku bangun sebentar tetapi tidur lagi karena memang masih ngantuk terasa mata ini. kemudian aku dibangunkan lagi sama ayahku "bangun masih banyak yang perlu dikerjakan, ayah mau pergi ke pulau karimun sama temen-temen". kemudian aku liat kedua anakku dan memang aku perlu bangun untuk mencari nafkah buat mereka. namun bukan itu yang dipesankan ayahku melainkan sudah saatnya untuk mengatur kembali oraganisasi aku nggak ingat ada beberapa organisasi tapi yang paling aku ingat adalah organisasi robotik.

memang aneh mimpi ini. aku nggak mengharap-harap sesuatu tiba-tiba muncul..apa itu memang itu karena keinginan terpendamku dari dulu untuk mengembangkan robotik yach..*cerita flashback ..jadi memang dulu waktu aku kuliah disemarang di universitas swasta aku bersama teman-teman mendirikan organisasi riset yang kemudian bernama ROBOTIK. dulu hanya sekedar riset aja tapi karena ada prestasi dan kemudian diakui pihak kampus. perjuangan untuk bisa robot itu tidak semudah sekarang. dulu masih susah beli komponen, nggak punya pengalaman dan untuk fasilitas informasi tidak semudah sekarang ini. kami berjuang dari 0. 

pertama hanya beberapa orang termasuk aku. diriku merupakan generasi kedua dikarenakan sebelum aku masuk kuliah sudah ada yang mulai mencoba ikut belajar-belajar robotik. namun untuk sampai ke kontest belum bisa karena memang minimnya pengalaman dan merupakan universitas swasta. sampai akhirnya aku masuk kuliah. sebenarnya waktu aku stm tanpa sengaja aku melihat kontes robotik indonesia dan dalam diriku berdoa semoga bisa ikut. jadi ketika aku masuk kuliah ada yang mau ikut kontes robotik aku nimbrung aja walaupun nggak punya ilmunya. mungkin ini memang arahan dari gustiAlloh.

mudah saja masuk robotik kala itu dikarenakan memang tidak ada yang mau masuk..hal ini wajar saja karena orang kuliah itu gak mau susah. ya wes menikmati kebebsan setelah lama terkekang dari orang tua. bener memang tim riset itu nggak ada yang mau. makanya aku bilang beberaa saja. paling teman akrabku aja 1,2 orang yang ikut itupun terpaksa karenaku. masih inget waktu aku merintis tu ya paling 5 orang lah..

singkat waktu selama setahun aku sama temen-temen ngajuin proposal untuk ikut lomba tapi nggak tembus. sampai akhirnya aku mujahadah amalan khusus ditempat khusus selama 40 hari dan ditambah amalan setiap hari dengan harapan bisa ikut lomba robot indonesia dan bisa membuat robot. alhamdulillah doaku dikabulkan. masih ingat aku ditahun kedua aku kuliah ada transferan anak dari universitas terkenal dan memang dari sana jebolan terbaik dan pinter orangnya ( ane nggak nyeritain kenapa mau kuliah ditempatku takut salah) yang pasti rencana Alloh itu baik dan memang sudah sesuai.

dari beliaulah aku dan temen-temen diajari cara belajar dan cara membuat robot walaupun sama-sama dari nol. cuma cara belajarnya memang beda seperti kami yang mungkin nggak pinter-pinter banget. dan Alhamdulillah setelah itu kita tembus proposal untuk ikut kontes robot indonesia. saat itu penilaian proposal nggak seperti sekarang ketat banget dan harus realistis benar kayak skripsi. dari situ kita mulai belajar bagaimana cara membuat robot. untuk belajar ilmu baru seperti kontrol temenku bisa menguasai cuma dengan beberapa jam saja..padahala aku berbulan-bulan masih nggak bisa. ketika itu aku inget tim yang aktif hanya 5 orang. ada beberapa memang yang ikut bantu, tetapi penanggung jawab yang hampir setiap hari nggak absen tuh ada 5 orang itu termasuk ane. padahal buat robot gede tapi sedikit orange. dengan seadanya dibuatlah robot. hasilnya yo gitulah ngeri. dari situ aku belajar cara memahami peraturan cara belar hal baru dan banyakalah.

singkat cerita setahun berlalu dari 5 orang itu lulus 3 termasuk yang pindahan tadi. tinggal aku dan temenku aja maklum aku paling kecil waktu itu. tapi karena aku masih semangat buat ikut lomba maka aku buat brosur buat cari tim..susahnya minta ampun dan nggak ada yang daftar. akhirnya ane milihin temen-temen ane yang ane kira mampu dengan nanti imbalanya saya bantu sampai lulus..maklum walaupun nggak pinter2 amat cuman dikelas aku termasuk yang mudah paham pada pelajaran dikarenakn aku sudah pernah mendapatkan pelajaran itu dari stm. akhirnya beberapa temenku satu kelas ada yang ikut. lama-lama tersaring oleh alam juga beberapa jadi gak aktif dan ada yang jadi aktif karena jadi seneng.

singkat cerita tim robotik berkembang-berkembang terus dan mulai mendapatkan prestasi sampai suatu saat ada mis komunikasi dan kami pecah termasuk aku. karena aku sebagai pentolan dan paling disalahkan atas suatu insiden ( ane nggak cerita kasusnya itu konsumsi pribadi lah). memang mulai ada keretakan karena kami jarang ketemu dan ngurusi urusan masing-masing. sehingga terjadi mis komunikasi. karena aku sudah selesai kuliah dan mencari prospek masa depan aku berfikir mengarahkan tim ini untuk bisnis agar nanti bisa jadi sebuat perusahaan dan bisa membantu temen-temen yang belum bekerja fikirku. tapi beberapa temenku yang belum lulus menginginkan sebagai pengembangan riset. tapi aku memaksakan beberapa planku untuk perkembangan tim kearah bisnis tanpa mengasihtau mereka. karena aku berfikir nanti kalau sudah melihat hasilnya mereka mengerti kok. seperti biasanya ketika buat robotik. aku membuat dulu planku setelah keliahatan baru disempurnakan temen-temenku.

dari situlah mulai memanas karena uang hasil kegiatan robotik kami aku gunakan untuk persiapan bisnis. tapi demi Alloh aku hanya berfikir kemajuan bareng dan tidak sedikitpun berfikir untuk memperalat mereka. namun memang kalau sudah urusan uang tidak semudah hanya bicara. karena sudah lama jarang ngobrol karena kesibukan masing-masing ditambah mesti ada sliweran-sliweran opini yang sebenarnya masih samar tetapi karena dijelaskan kurang tepat yang mendengar juga jadi salah tangkap. setelah itu mulailah memanas hubunganku dengan tim dan singkat cerita semuanya jadi bubar dan tinggal aku sendiri saja yang mengelola sama temen yang masih menghargaiku sebagai seniornya.

akupun diam dan nggak bisa njelasin dan hanya pasrah saja dan selalu berdoa agar timku  selalu sukses dimanapun berada. jadi dulu tim robotik kampus dan tim robotik diluar kampus terpusat ditempatku semua dengan semua plan dan arahanku kemudian terpecah..tim robotik kampus berdiri sendiri dan tim robotik luar kampus hanya aku yang pegang. saat itu aku baru saja lulus. dan alhamdulillahnya temen-temenku yang aku janjikan tak bantu lulus sudah pada lulus semua..memang aku belakangan lulusnya karena membantu pembuatan skripsinya.

setelah bubarnya timku aku menjadi down banget dan tidak ada keinginan untuk riset robotik. dalam hatiku aku merasa bersalah dan sangat berdosa..walaupun setahun kemudian aku mendengar temen-temen sudah mau menerimaku kembali. tetapi badanku bisa menyatu dengan mereka tetapi hatiku masih belum bisa bersatu rasa bersalah yang sangat besar masih menempel rasanya. memang aku akui aku yang salah tapi bukan salah memanfaatkan mereka untuk keuntunganku. 

kadang ada ingatan masa lalu dan ingin riset kembali ke kampus tetapi rasa bersalah membuat langkahku tidak nyampe kampus. sampai sekarangpun rasa itu masih ada. sehingga ku mematikan risetku dan fokus untuk cari uang dan bekerja. sudah hampir 5 tahun aku meningalkan robotik dan mencari uang. tapi rasa bersalah lagi-lagi susah mengarahkan langkah kakiku ke timku yang dulu..hem..

kembali lagi ke masa kini gan..sory kelamaan flash backnya..

dalam mimpi ku oleh bapakku aku disuruh untuk ketemu mbah sunan muria..kemudian pergilah saya mencari sunan muria. jangan disangkal ya gan ini dalam mimpiku lho bukan nyata. ketemulah aku sama mbah sunan muria. maklum rumahku dekat kok sama muria. setelah ketemu aku mendapatkan amalan untuk kholwat jalan tetapi dengan pakaian pengemis. kalau dibahasa indonesiakan kira-kira seperti ini "kamu nanti jalan dengan pakaian pengemis ketika kamu nanti sudah diterima dan dilayani dengan baik sama orang-orang berarti sudah selesai" kira-kira begitu perintah mbah sunan. 

kemudian aku berubah menjadi seperti gelandangan. dan benar aja gan setiap mampir ke rumah orang aku ditolak. setiap ada acara dan aku mampir selalu diusir. singkat cerita kurang tahu berapa lamanya tibalah saatnya ada acara orang hajatan ada trataknya ya kayak orang baru mantenanlah. aku disuruh mampir dilayani layaknya tamu. setelah selesai disitu aku jalan lagi. dan dalam perjalanan aku ditemui sama seseorang yang mengaku diutus mbah sunan muria. bahwa amalanku sudah selesai dan kamu sudah bisa pegang oraganisasi. ada beberapa organisasi yang disebut tapi yang paling aku ingat ROBOTIK..yaudahlah aku selesai dan pulang kerumah..

nyampe rumah aku melihat anak-anak dan istriku tidur dilantai seperti menunggu lama karena tak tinggal dari habis itu ane peluk anak-anakku. dari situlah aku menangis dan kemudian bangun. dan memang bener ternyata airmataku memang keluar. setelah bangun aku usap airmataku dan mandi buat berangkat kerja lagi.

aku berfikir ada apa ini?..apa karena aku sudah lama tidak kemakam sunan muria buat mencerap daya taqwa beliau yach..apa cuma mimpi aja..apa aku sudah boleh kembali ke robotik lagi buat pengembangan riset dan ikut membantu negara seperti cita-cita orang tua agar bermanfaat bagi nusa dan bangsa. aku nggak tau wallohu alam. mudah-mudahan besok bisa ke makam sunan muria..amin..

alhamdulillah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar