Sabtu, 02 Juni 2018

PROJECT CONNECT NMS U2000 RTN HUAWEI

Assalamualaikum..

halo sobat jagad, semoga senantiasa mendapatkan limpahan barokah dari Alloh ta'ala..

mohon maaf lama tidak posting di sinauon- line. kerjaannya sangat banyak sehingga mau membuat postingan tidak sempat. walaupun banyak ilmu yang bisa dishare. setelah menyelesaikan project relokasi bts huawei sekita 1000 site lebih selanjutnya dipercaya sama tsel untuk ngawal project nms u 2000 RTN huawei milik telkom maupu telkomsel. semula sih gak terlalu mudeng juga karena basicnya memang diradio kususnya di BTS. namun karena diminta untuk belajar RTN huwei akhirnya sedikit demi sedikit bisa walaupun masih jauh dibandingkan dengan master-master RTN.

sebetulnya awal mula dimulai lagi untuk connect nms dikarenakan adanya Packet loss yang banyak dibeberapa site yang cascade RTN. tanpa mengetahui kondisi maupun alarm di RTN tersebut susah untuk memberikan analisa dan rekomendasi aktivity untuk clearing PL (Packet Loss). karena itulah mulai trial untuk connect nms RTN selanjutnya dapat dimonitor dari connectkan ke server dan bisa connect ke u2000 RTN.

walah malah kebanyakan ngomong aja..langsung aja ya berikut step-stepnya..

sebenarnya saya udah buat ppt untuk memudahkan


tampilan u2000 buat ngremote rtn 

ACTIVITY ONSITE @OSN :
1. Software ( RTN yang di seting hanya yang terhubung dengan port osn/ont, bukan far end)mengikuti trafic
2. Hardware


*Software
1. Open RTN (seting ip laptop sesuai ip deafault rtn)

2. Open port untuk conect NMS di em6t/f dan seting access serta isi deafault vlan sesuai alokasi


3. Tag vlan di port em6t/f yang untuk monitor & vlan port em6t/f to osn, vlan sesuai alokasi (di ISU tidak usah ditag vlan nms)



4. Seting ip nms sesuai alokasi di comunicationcomunication paramater
 atau

5. Setelah ip nms RTN diganti maka setingan ip laptop harus berubah cari yang satu cluster dengan ip nms ( seterusnya buka RTN harus menggunakan ip itu).

6. Lakukan tesping dengan laptop di port di em6t yang diopen untuk NMS ke gateway alokai IP dan ip u2000 RTN atau kabel lan port NMS to em6t dipasang dulu kemudian di ping lewat port ext





*Hardware
7. Port NMS conect UTP cable port 6 em6t/f (port for monitoring) . yang diconect hanya gne yang conect ke port osn.


8. Cek juga mac address dari Em6t harus dapat vlan dari arah osn dan dari arah nms

9. tinggal dari u2000 rtn dicreate..(ditunggu aja ya haha..sekalian tak posting pas pasang server)

10. sebenarnya ada konesi back to back untuk menghemat ip..(tapi next time ya..haha)

semoga bermanfaat

wassalamualaikum..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar