Senin, 19 Januari 2015

TAMBAH LAGI PENGETAHUAN SERVICE LAPTOP ( General System Power of Laptop Motherboard )

Assalamualaikum..

gimana sobat jagad..masih kuat untuk belajar yach..

kali ini ane mau share tutorial dari mas adie dkazh..sebenarnya ane mau belajar masalah bootstrap yang sering bermasalah pada laptop..namun karena meneukan tutorial dari mas adie sehingga ane sekalian aja belajar banyak karena memang ilmunya berguna banget buat service laptop..

langsung aja yach..gak enak wong ane cuma ikut belajar..

 Cara Membaca Skema



Panduan umum

Hal pertama yang harus dimengerti pada saat kita membutuhkan schema adalah kode motherboard. Setiap motherboard manufacture pasti akan meletakkan kode tersebut pada motherboard (kecuali motherboard buta).
contoh kode board pada Laptop Motherboard :
LA-4271P...ZR1..ZQH..JE1..CLEVO 671..MBX196.......AX 1-AX2-AX3...Berlin 10..PG10..dll.
Schema selalunya diidentifikasi dengan kode yang sama dengan kode yang ada di motherboard dengan demikian dapat dipastikan Motherboard dan schema positif sama sehingga tidak terjadi kesalahan analisa.
Pada halaman pertama/kedua  schema index diagram,General Layout.Dengan melihat diagram ini kita dapat melihat detil susunan device dengan melihat halaman detil yang tertera dibawah masing masing device ...
contoh : Lihat pada kolom bertuliskan Mobile CPU (processor)dan dibawah kanan ada angka 4,5 yang artinya halaman 4 dan 5.sehingga kita dapat melihat circuit Power Processor(VCCOR) suplay.ic apa pembangkitnya.berapa standarisasi kebutuhan powernya.bagaimana cara kerjanya ,sehingga dengan mengetahui cara kerjanya kita dapat mengidentifikasi bagian mana yang tidak bekerja sebagaimana mestinya.
Perlu difahami bahwa kita harus mengidentifikasikan kelompok masalah berdasarkan gejala-gejala kerusakan.
Secara garis besar gejala kerusakan ada 4 :

1.Mati total.

Mati total berarti  masalah jalur VALW ,kontribusi 19V_5V_3V hilang,terputus................................
Pencarian dimulai dari Jack power dimana tegangan pertama kali masuk 19V.
lakukan pengukuran disana apakah masuk atau tidak...VALW selalunya diawali dengan halaman ic charger ,lihat pada index/diagram internal charger ic MAX 8731 lihat ada halaman detil di pojok kanan.buka halaman tersebut dan ikuti aliran tegangan dan komponen apa saja yang dilewatinya.Ketahui kontribusi 19V kemana saja dan siapa saja yang membutuhkannya agar circuit bekerja dengan baik.
5V_3VALW
Salah satu sarat agar motherboard untuk hidup adalah tegangan 3V dan 5 V ini..Tegangan ini berasal dari masing masng N chanel Source 19V.sementara DC/DC main suplay ic adalah sebagai triger.lihat pada index/diagram halaman detil system 3v dan 5V.Fahami system kerja nya .jika salah satu 5v dan 3v hilang maka motherboard tidak akan hidup.
Fahami titik ukur berlokasi dimana, untuk memastikan motherboard terpenuhi kebutuhan powernya.
Jika kontribusi 19V_5V_3VALW sudah hadir ternyata motherboard masih tidak ada tanda tanda kehidupan.Periksa Firmware EC bios (lihat prosedur pengecekan bios)dan komponen yang mendukungnya.

2.No Display
No display berarti tidak ada tampilan,selain masalah LVDS penyebab no display akibat boot strap device/komponen tidak bekerja dengan baik.Boot strap komponen adalah Processor(VCCORE)-Sodim/Memory(VCCRAM)-SB/NB/VGA(VCCP).
Kembali kita lihat pada index diagram halaman detil masing masing Boot strap device .Fahami masing masing standard power yang mereka butuhkan.
Power untuk Bootstrap device disebut dengan VS yang artinya Power switch (Voltage switch).Power ini baru ada/hadir setelah Power di on kan atau sdh di switch on.

3.Tidak bisa switch
Tidak respon -tidak ada reaksi apapun ketika di tekan tombol power..lihat pada halaman power switch untuk melihat system kerja dan berapa nilai voltage switch yang dibutuhkan.atau lihat kode tombol power Contoh:PW_BTN 23.kemudian search pada kolom pencarian pada adb reader 10keatas maka halaman detil tombol power akan terbuka. Pertama sekali pastikan tombol power tidak bermasalah .konductor signal dari tombol power ke embedded controler (SIO)sampai untuk mengaktifkan VS.

4.Power Driop
Power drop umumnya terjadi akibat adanya Power spike atau komponen short di jalur VS.permasalah ini baru diketahui ketika power telah di switch.ketika VS aktif dan bersiap mengkontribusikan masing masing tegangan VS.feed back /arus balik dari komponen yang short di salah satu/atau lebih di jalur VS membuat system fail dan kembali ke VALW mode .Gejala seperti inilah yang disebut dengan power drop. 
 
Ketika kita membuka schematic pdf file,kita akan menemukan index isi komponen circuit ,arah dan koneksi antar komponen,standart voltase pabrikan,resistensi dan refisi refisi pabrik untuk menyempurnakan system board produksi mereka yang bermasalah dan baru diketahui pada saat product sudah beredar dipasaran.
Perhatikan susunan pada motherboard dan bayangkan motherboard tersebut tertuang pada schematic.
Pada halaman awal tersebut index menjelaskan halaman-halaman detil pada rangkaian agar memudahkan kita mencari area permasalahan yang dikeluhkan pada motherboard tersebut.
Sebelum kita memulai untuk mencoba mencari permasalahan pada motherboard kita akan mencoba mengimplementasikan symbol dan tata letak komponen yang tertuang /di gambarkan pada schematic diagram kepada motherboard,sehingga kita memahami bahagian mana yang dimaksud pada diagram terhadap motherboard.
Susunan tata letak pada diagram disusun mendatar,sehingga akan terlihat sedikit berbeda dengan yang ada pada motherboard yang berdimensi nyata.susunan aktual bisa saja komponen yang dimaksud dalam diagram berdampingan,ternyata pada kenyataannya terletak di sebaliknya,atau berada jauh dari komponennya.untuk itu kita perlu memperhatikan kode letak komponen yang sama pada diagram dan motherboard agar memahami komponen yang dimaksud oleh diagram.(contoh kode PU4  pada diagram akan mewakili PU 4 pada motherboard)
Berikut kita akan melihat pada ilustrasi gambar,bagaimana cara menemukan tata letak komponen berdasarkan kode letak,symbol,komponen dan circuit line baik itu sebagai power suplay ataupun data interface.

gambar index schematic

https://www.facebook.com/photo.php?fbid=234474366600526&set=oa.220636354657247&type=1&theater

contoh pencarian permasalahan usb pada acer 2920

lihat gambar pada link dibawah ini :

https://www.facebook.com/photo.php?fbid=234474349933861&set=oa.220636354657247&type=1&theater

Ilustrasi di atas adalah layout posisi usb pada motherboard acer 2920.di dalam diagram ditunjukan rangkaian circuit (lihat pada posisi lingkaran bulat sebelah kanan)bahwa ada 6 jalur usb.yang menunjukkan angka panah kebawah konector 4,5 dan 6adalah GND atau ground(pahami symbol ground).yang mana koneksi 5 dan 6 selain berfungsi sebagai ground juga berfungsi sebagai penguat port usb yang langsung terhubung ke kaki motherboard.
Rangkaian jalur 2 dan 3 terhubung kepada Inductor(L)  .kemudian terhubung kepada transistors.yang akan mengolah data interface sebagai penghantar data kepada usb.sedangkan jalur usb 1 berfungsi sebagai power suplay usb yang terhubung pada fuse untuk dilanjutkan kepada transistor sebagai pemasok tegangan bagi usb.

Dengan memahami sumber /penghantar power bagi usb,kita mengetahui pula berapa besar voltase yang dibutuhkan usb agar dapat bekerja dengan baik.begitupula dengan hubungan data interface,pada saat system tidak mengenali usb dan mengindentifikasikan adanya jalur yang terputus,kita dengan mudah mengetahui sumber permasalahan dengan melakukan pengecekan pada jalur dan mengukur komponen pendukung untuk menemukan permasalahan dan memperbaikinya.

Contoh pada gambar diagram ini di terangkan pada sisi kanan komponen yang berkaitan dengan power suplay(power utama)vcccore(power  procesor)dan lain-lainnya..

https://www.facebook.com/photo.php?fbid=234474366600526&set=oa.220636354657247&type=1&theater

Jika masalah merujuk kepada power modul maka kita bisa berasumsi bahwa ic/chip yang berkaitan dengan power yang bermasalah.ada banyak ic/chips pendukung power suplay pada motherboad yang disebut juga dengan power modul.dengan mengetahui kelompok ic dan chip power kita telah mempersempit area pencarian komponen yang bermasalah.keterangan tegangan dan resistansi yang disebutkan pada halaman detil (lihat keterangan pada subtansi index pada gambar 1 menyebutkan halaman detil komponen yang di maksud.dan di halaman tersebut dijelaskan hubungan antar komponen dan standar voltase yang di minta oleh motherboard untuk berjalan dengan normal.lakukan pengukuran pada komponen,jika kita menemukan ada salah satu komponen yang tidak mengeluarkan tegangan atau tidak memenuhi permintaan schema,maka kita berasumsi bahwa komponen tersebut rusak/short atau putus.lakukan penggantian dan lakukan pengukuran kembali.
Penting untuk mengetahui hubungan konduktor(jalur)pada saat ingin menemukan salah satu komponen pada Laptop circuit motherboard,sehingga kita bisa mengetahui tahapan pemeriksaan berdasarkan jalur circuit yang disymbolkan dengan garis.
Diagram pada gambar 1.juga menjelaskan fungsi,koneksi ,suplay power dan basis atau ground pada setiap kaki chips.Menjelaskan apa saja komponen yang dikendalikan oleh ICH (input output controller hub)yang lebih kita kenal dengan sebutan SB/NB chips atau motherboard chipsSET.

Menerangkan hubungan VGA graphic chip dan komponen penghantar power baginya dan kebutuhan power yang dibutuhkannya.sehingga sebelum berasumsi VGA chip mati atau bermasalah sebaiknya kita melakukan pemeriksaan pada sumber power yang dibutuhkannya untuk berjalan dengan baik sudah terpenuhi.Jika semua komponen pendukung sudah pasti berjalan dan berfungsi dengan baik,sementara VGA chip tetap tidak berfungsi.barulah kita dapat memastikan VGA chip atau BGA soketnya yang bermasalah

Berikut contoh pencarian komponen yang short pada motherboaerd Laptop Asus a6j.

https://www.facebook.com/photo.php?fbid=234474376600525&set=oa.220636354657247&type=1&theater

Dengan melihat diagram ini kita dapat mengetahui arah power distribusi,memudahkan kita melakukan pemeriksaan berdasarkan urutan komponen berdasarkan jalur yang dilalui.
Lakukan pemeriksaan dengan menggunakan adapter.jika indikasi short berlaku,pengukuran pada jack+ dengan multitester probe merah dan probe hitam pada ground,jika tegangan meloncat loncat/turun naik dapat dipastikan ada salah satu atau lebih komponen yang short/rusak atau pecah.indikasi ini juga dapat dilihat dari indicator adapter pada saat di colokkan kepada jack ,lampu indicator pada adapter berkedip ataupun meredup tanda short.
Dengan melihat circuit line diatas,kita bisa memulai melepas regulator L78LO5.masukkan kembali suplay power dengan melihat indicator short pada
lampu adaptor atau mengukur tegangan pada kaki jack dengan multimeter.jika short berhenti .ukur semua kaki komponen yang akan dilaluinya dengan menggunakan buzz untuk mengetahui apakah +/- masih terhubung.jika masih,kemungkinan short hanya ada pada 2 komponen yang akan dilaluinya yaitu : switch FO2JK2e atau LM4040BIM.jika +/- tidak lagi terhubung berarti Regulator L78LO5nya yang menjadi penyebab short.
Jika short masih berlanjut,sebaliknya kedua komponen yang tadi disebutkan diatas sudah dapat dipastikan bukan sebagai penyebab short.
Lanjutkan pemeriksaan pada Max 1837 jika short,ukur kaki +/-komponen yang akan dilalui jalur ,jika masih short , dapat dipastikan masalah disebabkan oleh MAX 1837.
Begitu seterusnya jika penyebab short masih berlanjut,lakukan pemeriksaan berdasarkan jalur circuit melalui komponen yang di laluinya.

Untuk kasus lain seperti pengecekan kontribusi vvcore (power processor)apabila kekurangan distribusi power untuk processor dapat menyebabkan processor gagal loading(gejala led nyala tetapi tdk ada tampilan)kita bisa melihat index schematic tentang ic/chip pendukung untuk power processor tersebut.
Contoh pada gambar 2.
Chip ic integrated TPS51020 membagi output power menjadi 2 yaitu 3v dan 5v menjadi power pembangkit untuk max 8505 dan ic swict FDW 250z.
Kekurangan suplay pada max 8505 berdampak kepada suplay power untuk processor.sebelum berasumsi power integrated yang bermasalah sebaiknya melakukan pengukuran pada kapasitor-kapasitor pendukung yang melewati jalur suplay power processor tersebut diatas.mungkin saja salah satu kapasitor yang berfungsi sebagai penahan dan penstabil arus ada yang bermasalah.jika memang setelah diperiksa semua baik maka dapat dipastikan pembangkit power suplai PU(power integrated circuit) ic MAX 8505 yang bermasalah

Untuk mengetahui system kerja ic,sebaiknya melakukan analisa terhadap ic tersebut dengan mendownload data sheet nya sehingga kita mengetahui schema ic tersebut dan cara kerjanya.
Biasanya product manufacture juga menyertakan refisi refisi modifikasi daya dan penggantian komponen untuk permasalahan behavior problem(permasalahan yang sama yang terjadi pada seri merk yang sama) contoh motherboard Toshiba seri M,L,A 200 series ..mereka sudah menyediakan tempat-tempat atau terminal jumper untuk refisi tersebut.kita tinggal mengikuti petunjuk refisi tersebut untuk memperbaiki permasalahan yang terjadi.
Contoh refisi dapat dilihat pada gambar link di bawah ini :

https://www.facebook.com/photo.php?fbid=234474396600523&set=oa.220636354657247&type=1&theater

Lakukan pencatan terhadap Ref B.2 output votage yang dikeluarkan melalui komponen komponen yang kita kenali dengan melihat symbolnya.
Refisi tersebut selalu di up date oleh manufactur factory dalam jangka waktu berkala berdasarkan laporan laporan dan keluhan pengguna terhadap motherboard yang mereka produksi.
Pengantian komponen pada refisi pada gambar 3.cukup dengan mengikuti table penggantian part yang disertakan di dalam paket skema seri tersebut.
Contoh table penggantian part pada schema dapat dilihat pada gambar dibawah ini :

https://www.facebook.com/photo.php?fbid=234474406600522&set=oa.220636354657247&type=1&theater



MENCARI HUBUNGAN KOMPONEN PADA SCHEMATIC.

Hampir semua schematic diagram berbentuk file pdf.ini bertujuan agar siapa saja yang membaca schema tersebut dapat dengan mudah menemukan hubungan antara satu komponen dengan lainnya.

pada gambar dapat dilihat kolom search yang berfungsi bagi kita untuk mencari kaitan konduktor antar komponen.

contoh pencarian pada schema :
https://www.facebook.com/photo.php?fbid=234474419933854&set=oa.220636354657247&type=1&theater

contoh pada kasus ini kita mencari hubungan antara mosfet U41 terhubung kemana saja,dengan melihat keterangan untuk mencari MISSING VOLTAGE( power),sementara ketika dilakukan pengujian komponen menunjukkan pengukuran baik.tentu saja penyebab masalah datang dari komponen yang memberikan kontribusi tegangan atau komponen tersebut membutuhkan trigger /signal untuk aktif..
Seringkali hubungan antar komponen tidak hanya terlihat pada satu halaman yang sama , yang mungkin tidak terlihat oleh kita ketika membuka satu halaman saja.maka searching kolom seperti yang kita lihat pada gambar diatas dapat berfungsi untuk mencari kode tempat yang sama atau  dengan mencari kode line yang sama.dengan demikian kita dapat mengetahui kemana saja kontribusi atau distribusi dari satu komponen ke komponen yang lain,baik berupa hubang signal,power,ground ataupun hubungan interface.
Berikut ilustrasi pencarian hubungan konduktor untuk power distribusi untuk mosfet u 14

lihat ilustrasi pencarian jalur/konduktor dibawah ini :

https://www.facebook.com/photo.php?fbid=234474439933852&set=oa.220636354657247&type=1&theater

Melihat ilustrasi pencarian inikita dapat melihat kaki 4 u41(integrated cirquit)mosfet terhubung kepada  kode tempat U40 integrated cirquid for power suplay MAX 8770G.
Sebelum kita berasumsi bahwa ic MAX 877oG yang bermasalah (kecuali tampak kerusakan fisik)ada baiknya kita mencari pula hubungan ic ini dengan ic lainnya yang mungkin saja tidak memberikan kontribusi power untuk ic MAX 8770G agar berfungsi dengan baik.

Mencari standard power (VCC) untuk motherboard chips
VCCcore atau Power suplay Procesor.
Untuk mencari vccore processor kita kembali kepada index (biasanya pada hal 1,2 atau3)dengan melihat index diagram kita dapat mengetahui detil processor terletak pada halaman berapa,buka halaman tersebut,Halaman detil mengenai processor biasanya terdiri dari beberapa halaman,selain kemudian perhatikan jalur/line konduktor power  mendapatkan kontribusi power dari komponen apa dan kode tempat berapa.
Perhatikan ilustrasi gambar di bawah ini :

https://www.facebook.com/photo.php?fbid=234474453267184&set=oa.220636354657247&type=1&theater

Lakukan pencarian komponen berdasarkan kode tempat dan memahami symbol komponen yang pada symbol gambar diatas menunjukkan symbol processor,lebih mempermudah kita menemukan komponen yang dimaksud oleh diagram.lakukan pengukuran dan standarisasi pabrik untuk resistansi dan power yang biasanya dijelaskan pada salah satu halaman detil untuk processor.
Power processor berkaitan erat dengan ICH(I.O controller hub)yang lebih di kenal dengan motherboard chips atau ada sebahagian technisi menyebutnya dengan I.O controller.selain menyediakan pengaturan power untuk processor Vccore ICH juga mengatur vcc sm-vcc GFX-Vcc NCTF.
Perhatikan line vccore pada layout ICH dibawah ini.

https://www.facebook.com/photo.php?fbid=234474463267183&set=oa.220636354657247&type=1&theater

catatan :Pemahaman symbol komponen,kode ic dan kode lokasi serta  fungsi komponen wajib dikuasai agar memudahkan penguasaan membaca schema.

cek link materi dibawah ini :
1.bagian-bagian notebook motherboard komponen,foto,fungsi,symbol dan cara kerjanya
https://www.facebook.com/media/set/?set=oa.240424089345140&type=1

2.Dasar dasar mengukur Laptop komponen
https://www.facebook.com/media/set/?set=oa.221212097933006&type=1

3.Fungsi Laptop ic dan chip
https://www.facebook.com/groups/onlinetechnician/doc/193531557367727/

4.Kode hurup dan istilah istilah dalam schema
https://www.facebook.com/groups/onlinetechnician/doc/193532030701013/

5,klasifikasi integrated circuit
https://www.facebook.com/groups/onlinetechnician/doc/193532030701013/

from mas adie...http://adiedkhaz.blogspot.com/p/cara-membaca-skema.html

untuk versi englisnya..ane tambahin juga...

Laptop Motherboard has THREE Power distribution  :


1.VALW / Power Always or MAIN DC POWER SUPPLY CIRCUIT LINE
Power used is DC ( Direct current ) DC voltage  in use 19V 3.2A generally but there is also  15V - 20V  adapter RANGE voltage used depend on LAPTOP brands.
It better to use motherboard manufacture by using Motherboard code ,we would know how much adapter voltage usage.Clavo motherboard manufacture usually use for 18.5V~3.2a Quanta 19V~3.4a   Toshiba(15V-19V) , IBM(16V-19V) Compal-Inventec-Winstron- etc. ) .

VALW also supplying adapter current sensor detector detected by charger IC (see datasheet to know how system charging/discharging work) ,When the charger ic sensor detects  current adapter present ACIN~ACDET funcion pin on schema )and confirmed to SIO to manage charging system .

Acin / ACEDET is important as the voltage sensor for ic voltage charger to pass (adp) Adapter fets current, passed several resistor voltage 19V voltage scaled according to demand charger ic (V.i.R)..
The are standard voltage for sensor each Charger ic .Open datasheet ic charger  concerned for more detail .






VALW /Always Voltage The main VALW supply comes from adaptor,Started from DC jack flow to MAIN VALW Circuit.this is a MAIN POWER INSTALATION  ON CIRCUIT ,some of using FUSE (F) to safety reason some not.This main power supply circuit using 1 or more P Channel mosfet transistor to maintain stabilized power and distribute power for Charger IC and DC/DC main power supply IC as VCC Power supply.This is important power need to activate that component.Main power also contribute N channel source adapter voltage need  processed by the DC / DC main power supply  IC (see the datasheet to know how this ic work) produced 3V and 5V_ALW and supply whole 5V and 3V device. if one of this Power missing ,motherboard will not be able to live or referred to the dead .

Before discussing the Power 5V and 3V_ALW should we understand the pathways 19V_ALW . Starting from Jack Power Adaptor sure incoming voltage by a voltage adapter . example is work at 19V~3.2a

Make sure the voltage is present 19V_ALW or (according adapter voltage) for ic charger / Battery ic VCC and for adapter current sensor detector (greater than 2.4V). missing this supply 19V stop by CSIP than 19V blocked by Analog ground coming from charging IC .some other board  blocking 19V by closing/opening gate P channel mosfet . Than 19V stop and won't supply to +BAT line and deactivated motherboard 3V and 5V system.

 DC / DC main power supply ic and upper /hi N channel (Source )need 19V  adapter voltage as VCC power to activated component.


and how to work the upper and lower N channel 5V and 3V voltage distribution

2.VS the Power Switch

VS is voltage that appears after switch on than switch button send a signal through EC_ON# (different board manufacture may have different pin name) to SIO or lately know by EMBEDDED CONTROLLER(EC) .than EC started to regulated signal by given signal gate to powered any device on VS state .
VALW main power suplay standby to get N channel Sources when the signal   ( open / close Gate ) transistor to pass voltage through Mosfet ( Drain ) as much as gate requirement than become Source for
VS voltage .
The first one that must be understood is how the system works to enable/disable Power on VS

See the System switching system work on the link below :
https://www.facebook.com/photo.php?fbid=394073730640588&set=oa.232727096781506&type=3&theater(sorry
VS POWER SUPPLY  for  BOOTSTRAP DEVICE :There are three BOOTSTRAP device : Processor -Sodim -NB/SB/GPU chip ,each device has a different names of power :
PROCESSOR  power name by VCCORE-CPUCORE,SODIM  power name by VCCRAM,CHIP power name by VCCP .With out this power the device won't display or not able to load boot up process .

VS for Strap Boot device :
1.Procesor ( VCCORE ) Standard voltage 0.9 VS - 1.5VS
see VCCORE ic power required and how it works
How to test the voltage spike VCCORE ( processor power surge )

2.SODIM/RAM  ( VCCRAM ) 
Standar Voltage rail  for DDRII is 1.8VS and 0.9VTT
and for DDRIII for 1.5VS and 0.75 VTT 


3.CHIP POWER ( VCCP ) 
see each chip datasheet to get Voltage rail get know their power sources come from including stepping signal enable through S5~S0 sleep state.

VS to Device
( Lcd / led , hdd , optical , usb , wifi , bloutooth , keyboard ,
sound , camera etc. ) For details on each Rail Voltage VS can be seen in the
schema INDEX FOR EACH DEVICE.



 3.Signal 
( the wave triger / sensor /2 way confirmation signal / data interface)

Signal function is open / close gate charge of organizing stages enable / disable each component or PCI ( Peripheral commucation interface ) . system signal regulated by Microcontroller where the manufacturer
has made the format settings the form of firmware that is planted into the bios IC to managed embedded
controlling input output system  for each ic interface. .
Differences circuit and component arrangement on the motherboard of course require
different settings Microcontroller , so  each different motherboard brand and series firmaware will necessarily require different settings .


semoga bermanfaat
terimakasih.

alhamdulillah

7 komentar:

  1. Tambah Mumet mas.. hehehehe...

    BalasHapus
  2. makasih bro atas ilmunya semoga Allah membalasnya..Aaammiiinn

    BalasHapus
  3. YEN copas kui mbok sumbere di sebutke mas, ben mas Joyo Elektro ora tambah mumet....wkwkwk....Salam Elektro....!

    BalasHapus
  4. tanya master, cara mengecek sebuah IC Reg gimana, contohnya IC 3v5v ALW cara menentukan rusak tidanya IC itu gimana?

    BalasHapus
  5. mantap Bos.. tks udh berbagi ilmu..

    BalasHapus