Rabu, 16 Januari 2013

JANGAN PUTUS ASA SEBAB SELALU ADA JALAN

Assalamualaikum
Bismillahirohmanirohim
Dear agan-agan..
Setelah saya jalan-jalan melihat masyarakat sekitar. Di desa tempat saya lahir, setelah lama menuntut ilmu dan tidak mengetahui pertumbuhan masyarakat. Saya melihat hal yang jauh dari dari kota semarang tempat saya kuliah dan bekerja. Selama bertahun-tahun di Semarang tak terasa aq sudah menghabiskan uang yang tidak sedikit buat kuliah, hidup dan lain-lain. Mungkin kalau dihitung sehari bisa habis uang 20-50 ribu buat makan dan transport belum kebutuhan lainya. untuk makan ngirit habis 5 ribuan tapi paling sekali 2 kali kalau lainya ya makan agak enaklah. jadi seminggu bisa habis uang 200 ribuan. habis segitu masih normal dan biasa ada yang lebih banyak habisnya kalau cewek pasti lebih lah..
 
sory malah banyak cerita.....hubunganya apa sama jalan-jalan didesa...
 
suatu saat saya berhenti disuatu rumah . tentu saja saya langsung disambut dengan ramah dikarenakan bapak merupakan tokoh yang dari dulu selalu menggalakkan untuk pengembangan warga. saya berbincang-bincang sebentar tanya sana-sini tentang usahanya. usahanya ya seadanya kalau ada yang minta ya kerja kalau tidak ada yaudah nunggu hasil tani. singkat cerita ketika kemudian beliau mengutarakan sesuatu hal masalah hidup saya sungguh tercengang dan berhenti berfikir bahkan hati saya menangis. namun saya tahan agar tidak terlihat saya menangis. 
 (mohon maaf nama tidak saya sebutan tapi cerita saya ini dari pengalan pribadi saya)
saya : " bu usaha seperti ini apa cukup buat makan"
si ibu : " ya cukup mas. wong saya sebulan  50 ribu cukup buat makan sekeluarga"
 
ketika itu saya langsung bilang MasyaAlloh. saya hampir gak percaya kemudian ibu itu bercerita bagamana uang 50 ribu buat makan sekeluarga jumlahnya 3 orang cukup... 
 
kemudian saya tanya kenapa tidak membuat kripik, krupuk, atau makanan ringan lainya..beliau berkata sudah pernah hanya saja tidak ada yang beli mas..akhirnya rugi juga..makanya kerja sedapatnya..
 wah..berarti ini masalahnya pemasaran pastinya..
 ini hanya salah satu contoh kecil saja..dan saya sudah selama 3 tahunan ini mencari solusi untuk memajukan ekonomi masyarakat desa..
dari membuat CV, ikut anggota pengusaha se indonesia, ikut pameran dan banyak lainya sampai habis sudah uang dikantong..tapi Alloh akan memudahkan hambanya yang tidak putus asa untuk kebaikan..
begitu pusing kepala sampai mau pecah itu aku rasakan setahun lalu dibulan januari 2012. betapa tidak uang usaha habis semua tim tinggal 1 orang hutang banyak dan harus persiapan untuk nikah..itulah bulan paling pusing buat saya. tapi bukan berarti aku harus berhenti dari harapan untuk mengembankan warga desa. 
 
"SEKARANG AKU HANYA PUNYA ILMU DAN WAKTU "   inilah yang aku punya..kemudian aku teringat bekal dari orang tuaku "DAN SELAMATLAH BAGI ORANG YANG MENGIKUTI PETUNJUK"..apa ne petunjuknya....
 
kemudian ada yang pesan laptop waktu itu tidak punya uang jadi hanya sebagai makelar saja..bulan februari adalagi yang pesan..tapi suruh pakai uang sendiri..akhirnya utang sana-sini..ada pesan yang laptop lagi..uang tidak ada sebab buat nyarutang sana-sini. bulan 4 mulai bisa menggunakan gaji buat modal. dengan gaji itu hanya cukup buat kulakan 1 netbook scond. akhirnya mengambil resiko kulakan walau 1 netbook aja. 
dengan berbekal bisa blog akhirnya saya berfikir untuk jual beli online. 
setelah kupasang 1 jualanku tadi ternyata yang nawar ataupun yang tany waktu itu tak itung ada 30 orang lebih. sungguh luar biasa ternyata pemasaran online, tentu saja ada triknya dunk..
 
setelah itu aq mulai semangat dan hutang bank lagi (maklum memang bukan orang kaya juga)..Alhamdulillah modal udah kembali bahkan 1 orang timku bisa lanjut kuliah...MasyaAlloh.
 bisa dicek di...http://jagad-komputer.blogspot.com/
 
disini saya tidak cerita untuk diri saya sendiri melainkan saya harus mempraktekan sendiri baru bisa ngomong.. setelah itu saya punya ide untuk memasarka produk warga secara online karena saya sudah punya nama baik di dunia maya...
 
dan jadilah ..http://jangkung-barokah.blogspot.com/
 
dan Alhmdulillah banyak yang sudah bagus usahanya..dan yang paling prospek sekarang adalah usaha tikar pandan. yang sudah menggandeng perusahaan kerajinan tangan. setiap minggu membutuhkan 2500 lembar tikar pandan. 
ya sedikit photo ibu-ibu yang buat tikar..
 
dengan demikian ada 100 lebih ibu-ibu yang mempunyai pekerjaan sekarang...Alhamdulillah..sedikit nangis..  
 
Alhamdulillah
Wassalamualaikum    

2 komentar:

  1. sip.. shobat.., trskan perjuanganmu.., insyallah.., bila ada rejeki atau dana.., qt bs bekerja sama..,

    bismillah.., smga brjalan dengan lancar..,

    yg nm nya rejeki.., gk kan kemana., yg pntng inti dr itu semua., adalah DOA DAN BERSABAR DG PENUH KEYAKINAN...,

    BalasHapus