Senin, 28 Januari 2013

MONITOR SEPARO LAYAR BAGUS SEPARO LAYAR JELEK

Assalamualaikum..
haloo sobat jagad..share lagi pengalaman ane nih..
 
photo monitor jadul yang diservice

Untuk kali ini ane share pengalaman tentang monitor separo layar bagus separo lagi jelek. ne monitor digunakan sebagai TV dengan makai TVtuner. setelah lama digunakan tiba-tiba gambar jadi gak bagus separo layar bagus separo lagi gak bagus. Pas dirumah n gak ada kerjaan so ane coba betulin tu monitor walaupun sekarang sudah gak berharga. 
 
Problem : Monitor separo layar bagus dan separo lagi jelek.
 
Oke sobat berikut hasil eksekusi dari Dr. TV :
 
 blok diagram monitor

sebelum kita masuk ke troubleshot perlu juga kita gunakan sebuah sistem praduga tak bersalah..halah kayak hukum aja..
 
tapi memang bener lho..harus seperti itu sehingga akan mudah untuk trouble shootnya dan membantu dalam mencari kerusakan lainya. 
kalau menurut Dr. TV tersangkanya adalah matrik warna yang ada dileher dari tabung monitor
kenapa memilih tersangkanya matrik warna, sobat perlu kita ketahui monitor ini berbeda sama TV yang stand alone. kalau monitor perlu memakai pernagkat tambahan seperti dari CPU, laptop, tv tuner dll. berarti monitor hanya digunakan untuk menguraikan sinyal dari CPU ke gambar. untuk tersangka yang terlibat bisa kita analisa benar tidaknya?..
- dan kalau monitor masih nyala berarti power suply tidak bersalah
- rangkaian horisontal tidak bersalah karena masih mampu menampilkan gambar
- kalau input gambar dari cpu padahal input normal. 
- dan tersangka terakhir adalah matrik warna atau tabungnya yang sudah mulai melemah
 
Apakah betul pak hakim?
    
 betul tidaknya kita akan proses berdasarkan bukti-bukti dilapangan. berikut hasil pemeriksaan dari Dr. TV:
1. ane buka  dan ane periksa apakah ada solderan yang lepas/tidak nempel atau komponen yang gosong atau ada kabel yang lepas. ternyata hasilnya nihil membuat semakin susah aja menemukan siapa tersangkanya.
2. ane putuskan untuk menukar dengan tabung yang masih normal. dan hasilnya.....masih sama tuh..berarti tabung tidak bersalah.
3. berarti benar memang  matrik warna sebagai penyebab monitor menjadi kacau gambarnya. setelah memvonis matrik pelakunya tentu harus detail lagi biang keroknya apa?..apa ada transistor yang gak bekerja, atau resistor yang korupsi atau IC sudah tidak mampu bekerja lagi. 
4. akhirnya ane cek dari yang mudah yaitu transistor dan resitor ternyata mereka normal semua. dan penyebabnya pastinya IC matrik. dan itu betul, namun saya nunggu kanibalan dulu cz dipasaran gak ada dan sementara ane maksimalkan pengaturan warnya
 5. selesai tutup lagi dah... 
 
 kalau buat service monitor ne ada linknya...
 
PERINGATAN :
jika anda mencoba langkah2 diatas dan monitor tidak sembuh juga..hubungi Dr. TV terdekat..
 
alhamdulillah..
terimakasih
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar