Sabtu, 26 Januari 2013

MENGATASI USB TIDAK BERFUNGSI PADA PC/LAPTOP

Assalamualaikum..
haloo sobat jagad..share lagi pengalaman ane nih..
 
setelah liburan panjang dirumah, akhirnya sampai juga waktu untuk bekerja dikantor. lha baru masuk kantor tuh temen ane ada yang usak-usik masalah mousenya tidak bisa digunakan. Ane juga gak tau kalau ada masalah pada PC nya ane kira mousenya aja yang rusak. jadi ceritanya PCnya tu normal masih bisa digunakan cuma mousenya aja yang tidak fungsi..kemdian pinjam mouse lain juga sama..kemudian ane diminta tolong buat betulin. mulanya ane kira juga mousenya yang rusak, setelah diganti gak bisa anlisa ane salah berarti. kemudian ane cuma pake mouse yang PS2 eh ternyata bisa bisa. 
 
kemudian USB tak coba lagi dengan nyolokin flasdisk..eh masih gak bisa..berarti ne problem memang USB aja yang bermasalah. 
 
beberapa hal ane ama temen ane lakukan (ya biar gak sama salah)  :
1. biasa cari digoogle. tuh google mengatakan tu driver rusak. ane coba cari di DEVID info tempat nyari driver. ane buka device manager trus bagian USB root klik kanan pilih detai trus copy informasi hdware dan paste di DEVID info..eh langsung muncul semua.. 
 
 bisa nggak?...

masih nggak bisa..karena yang mucul cuma driver buat xp aja padahal diPC diinstali windows7
 
pusing..uing..uing...
 
2. cari lagi digoogle..mengatakan masuk ke regedit dan ganti nilai di usb storage dengan nilai 3.. akhirnya tak ganti dengan nilai 3 tak restart lagi dan gagal pula..
 
3.  trus ane tanya ama temen ku..ne kapan troublenya..baru tadi malam habis mati paksa kemudian tidak bisa..tak carilah digogle dengan ditambahi penyebab tersebut..ada ik yang sama kasusnya dan menerangkan soulusi dengan melepas kabel power selama 1 menit buat ngilangin efek jatuh tegangan..ane matiin komputernya trus tak cabut n tak tunggu..
 
dan hasilnya gmnaa..
 
berhasiiiiiiiiiil...berhasil dikomputer yang ngasih info....komputer ane nyalakan tetep aja sama..
 
4.  ane coba lagi..tanya mbah google lagi...suruh ini itu ini itu ini itu...
 
ane udah mulai nggak percaya lagi dan hampir putus asa..mungkin harus istirahat sholat magrib trus sholat isya..wah lama tu berapa jam yach... 
 
TERUSSSSS...BERHASIL NGGAK?...
 
sabar booosssss....penasaran yach...ayo tebak berhasil nggak....
 
kan semboyane...MBUH PIYE CARA KUDU ISO   MBUH PIYE CARANE KUDU DADI
 
 oke tak lanjutin ceritane...

berbagai cara udah ane lakukan semua saran dari mbah google udah ane lakuin tetapi masih tidak bisa...
 
trus ane berkomunikasi dengan mgah google dengan bahasa yang berbeda..ane coba menemukan jawabanya didunia yang berbeda yang lebih ampuh...
 
walah bahasamu ki lho..tambah rak mbois...
 
maksudnya kalau dari tadi keyword pakai bahasa indonesia sekarang aku coba pakai bahasa inggris..
 
DAN TAU NGGAK TERNYATA....
 
TERNYATA NGGAK TAU..HALAHHH...NE SOLUSINYA...
 
Jadi disalah satu forum di daerah Amerika bagian mana ane lupa..tu ada yang mempunyai masalahnya sama dan    solusinya sangat-sangat simple yaitu dengan ROLL BACK DIRVER..berikut caranya:
1. buka di device manager
 
2. cari di bagian bawah unniversal serial   bus controllers
3. cari yang ada pentungnya/yng bermasalah trus klik kanan pilih update driver

4. pilih driver dan klik   ROLL BACK DRIVER
 
5. tunggu sampai proses selesai 
 
dan hasilnya...eng...ing...eng....PC sudah pulih..
 
dan kami pun semua tertawa melihat kelucuan kita tadi yang hanya diselesaikan dengan cara yang sederhana..  
 
PERINGATAN :
jika anda mencoba langkah2 diatas dan PC/LAPTOP tidak sembuh juga..hubungi Dr. LAPTOP terdekat..
 
alhamdulillah..
terimakasih
 

1 komentar:

  1. Tambahan nich, kalo mau tau ada pentungan apa tidak maka sebelum menjalankan operasi di atas maka flashdisk harus dicolokkan dahulu ke pc/ laptop sehingga akan tau dan terdeteksi pentungannya (!)

    BalasHapus