Selasa, 22 Januari 2013

KIPAS ANGIN TIDAK BERPUTAR..TANGANI SENDIRI AJAH...

Assalamualaikum..

temen-temen jagad..gimana kabarnya?
 ne ane masih ditempate istri maklum acara 7 bulananya kan rabu. selasa ne ane mau share tentang kipas. masalahnya begini semalem tu istri ane susah tidur gerah katanya. maklum bandanya 2 sekarang ditambah lagi dengan mendung yang buat suhu ruang jadi naik. pagi harinya bangun tidur ngeluh gerah semalaman. kemudian ane ditunjukin banyak kipas rusak dialmari gudang.
itu kipas rusak semua katanya, kalau bisa betulin bisa ditaruh kamar biar gak gerah. kemudian ane ambil satu yang masih utuh tapi divonis rusak. yang lain udah pada bongkaran jadinya mau diperbaiki belum tentu isa dipasang lagi. untuk lebih jelasnya Dr. listrik akan menjelaskan cara kerjanya..
Problem : kipas tidak berputar..
oke langkah berikut mungkin bisa membantu..
1. hubungkan kipas dengan listrik.
2. ternyata gak ada reaksi apa-apa. ane kira ne kabel bermasalah kendor ato gmana. 
3. kipas tak bongkar kemudian kabel yang kendo ane kencengin lagi karena tidak ada yang lepas.
4. ane nyalakan lagi eiiiiit..kipas berdengung mesinya pertanda arus masuk. tetapi masih tidak bisa berputar juga..
5. tak liat as-nya udah karatan..kemudian ane ambil minyak goreng dioleskan dias kipas...
6. tak putar-putar lama-lama bisa berputar..
7. tak matikan lagi kemudian tak nyalakan eh masih berdengung aja..
8. ne penyakit masih ada. karena startnya tidak bagus ne berarti kapasitornya..
9 .tak ganti aja kapasitornya biar startnya lancar..
dan eng...uing...eng....lancar deh....
kipas bisa dipakai lagi..
PERINGATAN :
jika anda mencoba langkah2 diatas dan kipas tidak sembuh juga..hubungi Dr. listrik/dinamo terdekat..
alhamdulillah..
terimakasih
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar