Jumat, 25 Januari 2013

PASANG AUDIO AMPLIFIER PADA MOBIL

Assalamualaikum..

haloo sobat jagad..share lagi pengalaman ane nih..
kali ini ane pengen share masalah  cara memasang audio amplifier pada mobil. Ketika pulang dirumah kudus ne temen pada datang bawa mobil bak yang gak ada tape mobilnya. Maklum orang kerja itu biar gak sepi pengennya ngidupin musik. lha temen kami kemudian minta dipasangkan audio amplifier yang murah habisnya nggak sampai 100 ribu. power amplifier aja nanti input musiknya dari hp. oke kemudian saya sanggupi nunggu satu hari yach biar tak belikan power dulu.
lha untuk kasus seperti ini yang merupakan pesanan hal yang harus kita rencanakan adalah:
1. power yang cocok untuk mobil karena tegangan mobil dari aki jadi rencanakan power yang bisa menggunakan tegangan 12 volt DC.
2.  harga murah tetapi suara bagus. (tanya budget aja) kalau kasus saya yang tidak habis sampai 100 ribu.
3. yang dibeli apa saja.
 
 skema diatas merupakan skema agar amplifier dapat bekerja..
1. input sudah ada dari handpone
2. power suply sudah ada dari aki mobil
3. speaker sudah punya yang bekas
4. berarti beli rangkaian power amplifier plus tone control conectornya
setelah liat itu bisa digunakan untuk budgetnya.
kemudian nyiapkan uang untuk beli rangkaian kit ditoko elektronik dan tentu saja pilih yang pakai IC penguatnya dikarenakan suara lebih halus dan tidak boros arus. ketemu rangkaian kit dengan IC LA4440..yang rangkaianya sudah ada tone controlnya. kemudian beli rangkaian plus conectornya..
setelah beli kemudian telpon temen ane biar tak pasangin. sambil nunggu power amplifier yang sudah beli ane coba dulu pake speaker ama catu daya dan input hp sudah bagus belum....selang beberapa jam mobil datang didepan toko ane trus ane siap pasang dech.. 
kemudian tuh mobil ane lihat ternyata kabelnya sudah rapi gak ada buat tegangan ke tape mobil..wah padahal ane gak mudeng masalah kelistrikan mobil. 
berikut neh langkah-langkahnya :
1. ya pake multitester (posisikan di volt)..yang hitam taruh dibodi sebagai ground/netral dan yang merah buat nyari tengangan dikabel yang benar-benar dari aki..karena kalaupun kabel kelampu juga ada tegangannya tapi kalau dikasih beban tambahan jadi drop. ya harus teliti..15 menitan baru ketemu.
2. setelah ketemu tinggal pasang aja. sambungin catu daya dari aki kerangkaian dan output rangkaian kespeaker.
3. karena sudah ada conector ke HP ya tinggal dicolokin aja ke hap..
musik di HP dinyalain trus didengerin..MANTAPPPP..hasilnya...mudah dan murah..
habisnya 65 ribu plus ongkos bensin..hehe...   
PERINGATAN :
jika anda mencoba langkah2 diatas dan tidak berhasil..hubungi Dr. TV terdekat..
alhamdulillah..
terimakasih

1 komentar:

  1. waduh emang gakk gampang ya kalau uda berurusan ama audio
    ribet bener hehe
    kyknya harus pake teknisi ujung2nya ")
    thx for sharing gan ^^

    BalasHapus