Rabu, 30 September 2015

CARA MEMBUAT SOLDER LEBIH PANAS

Assalamualaikum..

halo sobat jagad, gimana kabarnya?..semoga selalu mendapat barokah Alloh..

ane pas baca-baca artikel eh ketemu cara unik menaikkan panas solder..cuma ane nggak merekomendasikan lho..dikarenakan sistemnya menaikkan tegangan listrik dengan menambah lilitan..sehingga efeknya memang solder jadi tambah panas cuma filamenya heaternya jadi kuat nggak tuh..tapi bisa dicoba kok..

monggo disimak..

Bagi Sobat- sobat yang soldernya kurang panas atau sulit untuk melelehkan timah, disini akan saya bagikan tips/trik untuk mengatasi masalah tersebut.

Berikut alat bahan yang harus sobat persiapkan :


ALAT

  • SOLDER & Timahnya
  • Gunting
  • dll ( sesuai kebutuhan )
BAHAN
  • TRAFO StepDown minimal 1A CT maupun Non CT (Yang biasa digunakan untuk membuat powersuplay/Adaptor)
  • Elco (Kondensator Elektrolit) 100mF / 400v atau yang di atasnya lagi, yang perlu diperhatikan voltase Elco, diusahakan jangan kurang dari 400v.
  • 4 buah dioda 1A atau di atasnya lagi (2A, 5A, dll)
  • SOLDER yang ingin dimodifikasi menjadi lebih panas
  • Kabel secukupnya
  • dll ( sesuai kebutuhan )

LANGKAH - LANGKAH PEMBUATAN

>>MENGGUNAKAN TRAFO
  • Cukup Lihat gambar dibawah untuk membuatnya.

MENGGUNAKAN TRAFO NON-CT



MENGGUNAKAN TRAFO CT



>> MENGGUNAKAN ELCO & DIODA


Selain menggunakan Trafo, kita juga bisa coba menggunakan 4 buah DIODA 1A (referensi dari om Jejak Ombak).

Berikut gambar rangkaiannya :




RASAKAN BEDANYA...

SELAMAT BEREKSPERIMENT...!!..http://sijisatuone.blogspot.co.id/2015/09/membuat-solder-agar-menjadi-lebih-panas.html

MOGA BERMANFAAT.

alhamdulillah

19 komentar:

  1. kl tdk pnas penyebabnya apa pdahal bru beli

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika tak panas sama sekali silahkan Cek kable solder yg arah ke colokan PLN, Jika putus silahkan gnt dg yg baru.
      jika trnyata kable tdk ada yg putus alias baik, kemungkinan besar Elmen nya putus, coba di cek pakai mukti tester kutub satu dg satu nya jika tak ada resistensi nya atau tdk naik jarum nya maka positif Elmen pmanasnya rusak ..

      Hapus
    2. jika tak panas sama sekali silahkan Cek kable solder yg arah ke colokan PLN, Jika putus silahkan gnt dg yg baru.
      jika trnyata kable tdk ada yg putus alias baik, kemungkinan besar Elmen nya putus, coba di cek pakai mukti tester kutub satu dg satu nya jika tak ada resistensi nya atau tdk naik jarum nya maka positif Elmen pmanasnya rusak ..

      Hapus
  2. Itu elco 100mf/400v atau elco 100uf/400v

    BalasHapus
  3. kalo yg admin ga jawab pertanyaan yg komen paling dapat copas..

    BalasHapus
  4. iya, saya juga menemukan artikel yang sama gambarnya pun sama.

    BalasHapus
  5. mending yang pakai travo ALL... minimal pakai travo 3 amper

    BalasHapus
  6. Haha .... menurut saya ini lucu .. :D

    BalasHapus
  7. تسلمووووووووووووووووووووووووووووووووووووووووووووووووووووووووووووووووووووووووووووووو

    BalasHapus
  8. Apakah solder seperti itu bisa melelehkan timah aki bos

    BalasHapus
  9. #unknown
    Tergantung berapa watt solder yg akan dimodifikasi

    BalasHapus
  10. kalo pake travo yg 5amper bisa gak bang

    BalasHapus
  11. mas itu kalo pake cara yg ke 2 efektip ngk

    BalasHapus
  12. Kalau menurut saya efektip yang pame elko 100uf 400 volt di jamin maknyus

    BalasHapus