Minggu, 20 September 2015

WELCOME 4G @ JOGJA DIFREKUENSI 1800...BIAR TERATUR PERLU Guaranteed frame rate (GFR)..TRUZ REFARMING

Assalamualaikum..

halo sobat jagat, gimana kabarnya?..semoga selalu mendapat limpahan barokah dari Alloh..

oke gan langsung aja..minggu lalu ane ikut acara GFR ditelkomsel..bingung juga ane apa itu GFR ternyata singkatanya Guaranteed frame rate..weleh apa lagi itu..

jadi ceritanya tuh telkomsel mau pasang 4G untuk daerah yogyakarta..semarang belum ya gaes..maklum jogja dulu yang perkembangan teknologinya bagus jadi pada melek teknologi..eh bukan berarti semarang nggak lho yach..cuma memang dijogja lebih banyak peminatnya..yang semarang sabar ya gan..

eh mentang-mentang ada 4G terus asal beli hp 4G..lha kenapa gan?..

jadi telkomsel dapat jatah 4G difrekuensi 1800 jadi inget beli hp yang support 4G di 1800..masalahe ada yang cuma support di 800,900 dll.oke lanjut gan..sebagai enginer telkomunikasi..weleh enginer..paling nggak ane kudu reti gimana teknisnya..karena nanti ada hubunganya potong band yang semula buat DCS di sharing untuk 4G..terus gimna cara mulainya biar yang pakai 2G tetep bisa make hp nya..

kata-kata yang tepat tuh REFARMING..alias menanam kembali..weleh aneh yach..tapi begitulah..jadi semua BTS dcs didata jumlah trxnya trus kemudian nanti dibagi buat 4G..bingung njelasinya..kebetulan setelah ane gogling ada blog yang share ilmu refarming..walaupun alokasi yang dijelaskan di 900 tetapi tettep sama kok cara refarmingnya..yuk gan ane copas aja..monggo sinau bareng2..

Pengaruh Refarming U900 terhadap Jaringan 2G

Assalamualaikum yaa akhi ya ukhti hihi..

Hari ini hari pertama saiah puasa setelah halangan dari hari pertama dan hari kedua saiah salat tarawih *halah wanita..ckck..

Yah,,gara-gara teman saiah di lntai 8 WPI I cerita lagi riweuh banyak kerjaan katanya terus ada trial U900 di project yang sedang dia kerjakan,,saiah jadi kepikiran buat nulis tentang U900 (padahal aku masih utang belum beres tentang dimensioning yaaa di blog sebelumnya haha). Baiklahhh..buat kalian yang belum tau apa U900,,kalem..ini mu nyoba ngasi tau sekilas konsep U900 *sekilas banget lah. Yah, CMIIW ajah kalo ada yang salah soalnya yang nulis juga maih cetek ilmunya.



Refarming,,kalo inget kata refaming ingetnya farmville ma hayday yah hahaha,,penanamaan kembali ckck. Eh tapi bener sih, maksudnya kesitu tapi masalahnya ini refarming U900. Nahhh,, U900 itu bukan seperti U13 bukan juga U19 atopun U21di sepak bola haha. Jadi simplenya gini U900, U singkatan dari UMTS dan 900 berasal dari 900 MHz. Ketebak dong apa? Yupz, U900 itu adalah sistem telekomunikasi WCDMA yang bekerja di frekuensi 900 MHz. Wait,,wait,,900 Mhz kan GSM? Yupz,,900 Mhz itu fekuensi GSM cuuyyy,,tapi berkat kebijakan Pemerintah yang mengeluarkan fatwa diizinkannya 3G di frekuensi 900 MHz jadi udah halal hukumnya 3G di frek 2G hahaha. Jadi maksud Refarming U900 iniiiii, penanaman frekuensi 3G di frekuensi 2G gitu siih..kelir yah..keliiir (*red:clear). Di Indonesia, baru Indosat yang sudah implementasi U900 dengan trial pertama di daerah Sumatra Barat dengan vendor NSN taun 2012 n sekarang mah udah di semua wilayah Indonesia U900 nya syelamaaat. Indosat ini punya bandwidth di frek 900 MHz paling gede diantara operator lain, bayangin 10 MHz (50 ARFCN, tau kan kenapa 50 ARFCN? karena kanal spasi antar frekuensi 200 KHz jadi 10 MHz dibagi 200KHz = 50 ARFCN, yaitu 1-50 dengan ARFCN 50 dijadikan guard band dengan operator Tsel) kira-kira begitu ceritanya. Oia, Tsel udah ngeplanning U900 tapi tidak diimplementasikan dan sekarang XL baru mu trial mengenai U900 (XL ketinggalan selangkah dari Isat dan Tsel). Duh sepi juga yah kalo ga pake gambar hahaha..baiklah nyari gambar dulu yah biar rada unyuu gituu..

Operator di Indonesia

Baiklah,,ampe mana tadi? Oia, sebenernya kenapa sih harus di frekuensi 900,,kenapa ga DCS aja 1800 MHz?? biar apa cobaaa? haha
Biar coveragenya lebih luas,,masih inget rumus panjang gelombang kan yang rumusnya tuh lamda = c/f jadi panjang gelombang berbandung terbalik ama frekuensi so semakin tinggi frekuensi semakin kecil panjang gelombangnya. Nah, kalo pake U900, coverage 3G bakal lebih lebar cuuuy, gaia kan? ialaaah gaiaaa..ultramen ajah ada ultraman gaia *naon sih sit teu nyambung haha,,

Vendor Telco Indonesia

Btw,,itu yang vendor,,aku paling suka nsn hihi. ok lah cukup iklannya, back to topic haha.. Eh gais,,ini asalnya saiah buka laptop teh  mu kerja lagi da,lagi banyak kerjaan maklum kuli sekaligus pembantu umum di kantor n mau Lebaran jadi weh banyak target yang harus ecip sebelum lebaran huhu dan kenapah saiah jadi curhaaat. back to topic beneran ah. Gais,, kasian yah G900 dipotong sebandwidth 3G yupz 5 MHz, yang artinya membuat freuensi 2G berkurang. Apa pengaruhnya? Gara-gara kanal frekuensinya berkurang, terus strategi fek plan pun harus diperes antara penggunaan BCCH dan TCH yang nyebabin harus dikuranginya jumlah Trx di GSM900 jadinyaaa traffiknya berkuraaaaaaanf. Nah, ini permsalahanny, gimana cara ngatasin traffik yang berkurang ini,,salah satunya ya traffik sharing yang nyebabin harus ada redimensioning untuk traffiknya,,kalem ntar yaaa dibahas lagi. Terus juga di sisi antenna, harus diperhtungkan juga. Soalnya 3G nebeng frek nya di 2G,,jadi biar traffik sharringnya berhasil enaknya orientasi antara kedua teknologi ini sama alias g bersinggungan. Nah, jadilah harus ada reenginering untuk semua band agar coverage yang dihasilkan tetep bagus ga ganggu kualitas.

Biar ada gambarnya aja ini mah haha

Oia gais,,untuk pemotongan frekuensinya, ada beberapa strategi sebenernya, bisa dilihat mungkin di gambar ini:

Skenario Frekuensi U900

Menurut kalian mana yang paling bagus? yang a,b,c, tidak semuanya ato bagus semuanya? wkwkwkwk..
Yang (a) U900 nya diselipkan diantara G900 (b)U900 berada di layer atas (c) U900 berada di layer bawah
Jawabannyaa,,yang a paling bagus soalnya paling aman interferensi dengan operator lain, skenario ini disebut dengan "sandwich layer" uhmmm yummy kayanya wkwk salah fokus. Kalo yang b dan c interferncenya bisa lebih tinggi, bukan hanya internal interference tapi juga eksternal interference dari frekuensi sebelahnya. Oia,area refarming pun perlu didefine,mana area yang direfarming, area perbatasan dan area no refarming.
Area Refarming

Untuk area refarming biasanya disebut core zone, untuk area perbatasan ini disebut buffer zone dan untuk area non refarming disebut common zone (yah,,untuk area mirip2 namana kaya GFR yaa heuu). Oia uuntuk area buffer zone biasanya diambil dari site terluar inner (core zone) dengan value Rx level sekitar -150 dBm atow sekitar 10 km. Ini untuk mengindari interferense setelah pengimplementasian yah.

Nah,gais sekarang mu nyoba bahas langkah-langkah refarming tapi di sisi 2G yaaaa. Sebenernya refarming ini ribet bingits,,jadi kalo ada langkah yang terlewat maaf yah..heu..

Aktifitas Refarming pada sisi 2G *Gambar sendiri di visio niat banget yah

Pertama, analisa kapasitas pada GSM dan DCS
Di atas udah dibahas yah, efek dari pengurangan frekuensi G900 yang diambil U900, maka jumlah frekuensi untuk TCH dan BCCH berkurang sehingga Trx pun harus didowngrade. Untuk sekarang, saiah ambil sample operator In**sat, dari 10 MHz menjadi 5MHz (BW 3G=5MHz), sehingga dari Trx maksimal 6 Trx berkurang menjadi 3Trx. Setau saiah, operator X* lg trial downgrade Trx dari 4/4/4 menjadi 2/2/2 nah pas Tsel dari 4/4/4 menjadi 1/1/1 CMIIW. Berikut sekilas flowchart untuk traffik sharing redimensioning. Mungkin ini bahasannya umum jadi maaf kalo redimensioningnya ga terlalu detail bahasnya soalnya banyak banget rumusnyaaaa..asliii bisa bahas ampe panjang banget, ngomongin utilisasi, tch blocking, half rate..So ini yaa flowchartnya,bisa lah yah dari flowchart ini diimplementasikan perhitungan dimensioningnya,,ini aku gambar juga sendiri pake Ms. Visio haha. Jadi ceritanya ginih(oia semisal aku ambil contoh kasus di operator pertama yg implementasi U900 ya), setelah kita dapet fix sitelist yang ada di area core ama buffer, maka diliat itu jumlah Trx di G900. Jika jumlah Trx untuk G900 pada area itu lebih dari 3 Trx (inget gara-gara pemotongan frekuensi 5 MHz) maka G900 harus dilakukan downgrade Trx jadi maksimal 3/3/3. Setelah itu, kita hitung ulang apakah dengan Trx tersebut bisa menghandle traffik eksisting (perhitungan melibatkan utilisasi, tch blocking (gos yang dipakai), Half rate yang dipakai, max timeslot GPRS, table erlang B, TCH busy hour traffik dan SDCCH Busy hour traffik rata2 2 minggu dll), jika tidak bisa menghandle maka kalkulasikan kekurangan traffik tersebut. Kekurangan traffik tersebut bisa dipindahkan ke berbagai cara, misalkan jika tidak ada ada DCS Colo nya bisa di add DCS Colo dengan jumlah Trx sesuai dengan kekurangannya tadi (max DCS di operator ini 8 Trx karena BW 7.5 MHz). Tadi kan kalo g ada DCS Colo, nah gimana kalo ada DCS Colonya? Ok, liat konfigurasi Trx DCS tersebut apakah bisa menghandle kekurangan traffik tadi, jika iya upgrade Trx DCS Colo sesuai kebutuhan, nah kalo ngga bisa? Liat apakah kekurangan traffik tadi lebih dari traffik sejumlah 4 Trx, kalo lebih dari 4 Trx sih lebih enak cell splitting tapi kalo kurang bisa ditraffik sharing ke 3G jika 3G nya sudah terintegrasi, kalo 3G nya belum ada,,ditraffik sharingkan dengan site neighbornya. Kira-kira begitu, kalo ada salah sila dikoreksi. Seneng kalo bisa sharing ilmu teh hihi. Ga boleh pelit ilmu soalnya ilmu yang bermanfaat salah satu asset kita ituu hehe.

Flowchart Redimensioning

Kedua, Modernisasi BTS
Modernisasi BTS ini kuduuu,,soalnya spesifikasi BTS dibutuhin biar bisa support pengimplemetasian U900. Untuk U900 inih, lebih oke support untuk menggunakan RRu (feederless) biar losses nya juga kecil. CMIIW

Ketiga, Swap Antenna Triple Band
Swap antenna ini maksudnya,, antenna eksisting yang sudah terinstall digantikan dengan satu antenna triple band dengan 6 port. Ini tuh tujuannya bukan biar banyak PO (dari sis vendor sih bahagia), tapi biar traffik sharringnya lebih smooth, soalnya mechanical tilting, azimuth n ketinggian semua band samaaaa gitu maksudnya. Terus juga dari sisi perawatan, kan enak cua 1 antenna yang dipake ga ribet lebih hemat kan heu (ini dari sisi operator). Nih aku bikin flowchart lagi, gais hidup itu simple,,jadi kalo kamu rumit tulislah masalahnya tulis alurnya terus buat flowchartnya ahahaha..Ini yah flowchart buat reengineering

Flowchart Reengineering

Aku jelasin dikit yaa, untuk reengineering, butuh site data eksisting jadii harus dilakukanlah site survey (oia, untuk site survey ini banyak banget subkon yang nipu kita azimuth lah,antenna lah jadi buat meriksa nya harus jeli n harus ngerti seengganya type antenna, cara baca tilting azimuth, obstacle, bts type, shadowing, available space dll). Nah setelah site survey ini, simulasian coverage eksistingnya terus liat statistik hasik untuk Rx Levelnya (ini dilakukan per site biar lebih bagus). Nah, untuk nyari hasil yang optimum justifikasi parameter RF nya untuk ketiga band (ketinggian antenna, azimuth, tilting, dll). Yang pernah nominal plan ato coverage assesment pasti ngerti  menderitanya jika ngerjain manual g pake ACP wkwk. Justifikasi tersebut disimulasikan sampai Rx level seengganya sama ato kalo lebih baik naik hehe. Oia gais,,buat penghematan juga, antenna yang dipakai ini, antenna triple band 6 port dengan beamwidth 65 degree (cocok buat Dense urban ma urban yah),gain 16-17 dBi terus yang paling keren itu Remote Electrical Tilting (oia tiltingnya 0-10). Kalo dulu mu benerin tilting harus ke site ngabisin biaya kalo sekarang mah tinggal ngirim CR ke OSS terus antenna nya otomatis gitu tiltingnya ngikutin keren kaaan, padahal antennanya gede bingits lah secara dinamain antenna monster, tingginya 2x tinggi aku. hahaha. Jadi 6 port ini, 2 port buat U2100, 2 port buat 1800 n 2 port sisanya 1 port untuk G900, 1 port lagi biat U900.

Next Step, GFR DCS
heu,,kenapa DCS? DCS kan 1800? Kenapa ga langsung aja G900 yang di GFR?
Gais,,akibat redimensioning tadi,,banyak banget upgrade Trx di DCS ato penambahan new site DCS. Nah, biar frekuensinya bersih, sebelum DCS new site diinetgrasikan ma diupgrad jadi dilakukanlah GFR di DCS (ini juga sekalian ngaudit neighbornya sih yaaa hehehe). Untuk DCS ga dipotong yah frekuensinyaa. Untuk strategi frekuensi planningnya tergantung dari operator lah ya, mu sfh biasa ato adhoc pun ga masalah soalnya frekuensi nya jauh dari 900 MHz dan 2100 Mhz.Tapi berhubung azimuthnya ga seragam lebih baik sfh ad hoc sih hehehe. Nah, kalo ga mau bikin RNP nya pusiang pusiang sfh biasa juga boleh wkwk. 

Biar ada gambar ajah

Kelima, Intergrasi New n Upgrade DCS Colo
Gais, GFR DCS udah berarti alokasi frekuensinya udah jelas dong udah bersih dong. Nah, enak nih ngplan na buat upgrade ma new site. Integrasi new DCS ma upgrade ini, jumlah konfigurasinya berdasarkan kekurangan traffik tadi. (gais, kalo di X* yah dipukul rata, dia kalo upgarde tuh berhubung banyakny site MBC jadi ya nambah OL1 4 Trx, kalo kurang nambah lagi OL2 4 Trx, asa hambur gais ckck)

KeEnam, Traffik Steering GSM ke DCS & Capacity Monitoring
Yeay enaaaam, tanggal lahir saiaaaah hahaha. apasih siiiit.ckckck. Maksudnya apa traffik steering? Ini tuh maksudnya mindahin traffik GSM ke DCS karena takutnya, traffik yang masuk misalkan pertama ke GSM terus klo gbisa dipindah ke DCS bakal terjadi tch blocking dimana-mana dan setelah itu RNP disalahkan. RNP selalu salah huhuu. Nah, setelah dimonitoring, kalo berhasil alhamdulillah, kalo g berhasil harus dianalisan lagi itu kenapa. Harus ada balancing coverage antara GSM dan DCS maka dari itu tadi ada reengineering. Bisa juga dipermudah handovernya ke DCS.  CMIIW yaaaa..takutnya salah


Biar lucu,,ga monoton tulisan ajah haha

Ketujuh, Downgrade GSM
Nah, udah berhasil dong traffik steeringnya, Tch blockingnya dah berkurang, tch util nya dah ga tinggi-tinggi amat, akhirnya syelamat aman deh downgrade GSM 900 jadi 3/3/3 tadi. Udah g akan kehilangan traffik, soalna dah dipindah heu.

KeDelapan, GFR GSM900
Udah didowngrade GSM nya jadi 3/3/3 dan akhirnya setelah semua konfigurasinya menjadi seperti itu, tiba juga pemotongan frekuensi U900. GFR G900 disini sekalian motong frekuensi 5 MHz untuk U900. Akan lebih baik dengan bandwidth seperti itu, frekuensi planning untuk G900 sfh adhoc.

KeSembilan, Performnace Monitoring
Sebenernya untuk Performance monitoring ini dilakukan di setiap kegiatan, ga di akhir aja. CUma bingung aja nyimpennya dimana jadi weh ditaruh di belakang hihi.

Nah kalo abis GFR G900 gitu, untuk pengimplementasian U900 (third carrier) sama saja dengan U2100 hanya bedanya mungkin perilaku strategi neighbornya kawans karena coveragenya akan sangat beda. Jadi tergantung operator juga mau strategi HO yang gimana. Apakah untuk awal inisialisasi di first carrier ato third carrier ato juga bisa saja third carrier hanya untuk mempercepat data saja. Wallahu alam bis sawab hahaha lho ko jadi gitu.
Yah,,maaf yah bila banyak kekurangannya, namanya juga masih belajar.
Kalo ada tambahan silakan,,hihi
Ini mah cuma sekilas aja,,gamabar umum,,gambaran terluar dari U900..

ane copas from...http://coretan-tea.blogspot.co.id/2014/07/coretan-tentang-u900-g900.html

tulisane bagus jadi lebih buat paham,.

semoga bermanfaat.

alhamdulillah..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar