Jumat, 04 September 2015

GAS SUSAH & MAHAL, MANFAATIN RICECOOKER MU

Assalamualaikum..

halo sobat jagad, gimana kabarnya?..semoga selalu mendapat barokah dari Alloh..
kali ini ane mau copas dari threat temen-temen kaskus..masalah pemanfaatan ricecooker..kenapa ane posting ini dikarenakan sekarang ini masak sudah pakai gas LPG kalau dirumah ane pakai yang 3 kg..sampai ada 4 tabung..kenapa sampai banyak, takut kehabisan dan pas masak gasnya habis.

ane gak komplain cuma permainan gas ini sudah terlalu mengerikan ditempat ane..gas 3kg itu 25 ribu..kalau beli buat dijual lagi 23 rbu...astagfirulloh padahal dari sononya cuma 14 ribu..jauh amat harganya..iya kalau ada itupun kadang nggak ada..ya kalau ane pas ada uang sih gak masalah nak pas uang lagi menipis agak repot juga..padahalgas sudah menjadi hal yang primer..kalau nggak ada gas gak masak..

tapi ane compare sama harga listrik..kalau ane masak pakai magicom untuk masak nasi dan menghangatkan nasi satu bulan total semua beban listrik dirumah cuma 100 ribu..tapi gas lpg 3kg 1 bulan ane bisa habis 4 kadang 5 kalau ada acara hajatan bahkan bisa lebih kalau pas ada pekerja bangun rumah..makanya saya fikir pakai listrik itu lebih hemat dari pakai gas..

walah malah curhat..langsung aja ke pokok masalahnya..

oke.. pas kepepet nggak ada gas atau mau ngirit dan pengen masak sesuatu oke..pakai aja magicomu..berikut tipsnya dari temen-temen kaskus..

BERBAGAI MANFAAT RICE COOKER, SELAIN UNTUK MASAK NASI

Agan punya rice cooker yang bertengger dengan kalem di kamar kost-an Agan? Kalau selama ini Agan hanya menggunakannya untuk menanak nasi, sebenarnya Agan sedang mengabaikan keserbagunaan rice cooker, lho. Iya, walaupun namanya ‘rice cooker’, benda ini juga bisa Agan manfaatkan untuk memasak makanan selain nasi.

Apalagi di musim hujan seperti ini kesempatanmu mencari makan di luar kost lebih terbatas. Daripada harus menerjang hujan dan mengantre giliran memesan sambil basah kuyup, lebih asyik kalau Aganmemasak sendiri saja di kamar, ‘kan?

Nggak perlu takut kalau tidak punya dapur. Kali ini, Ane mau share gimana Agan bisa memasak hanya dengan rice cooker Agan. Simak, yuk!


Quote:
Quote:Memasak Mie Instan
Quote:

Hujan deras bisa membuat Agan tiba-tiba lapar dan ngidam mie instan. Eits, nggak perlu pergi ke warung untuk memesannya. Pakai saja rice cooker-mu untuk memasaknya.

Caranya, isi panci rice cooker Agan dengan air. Kemudian, rebuslah air itu hingga mendidih. Untuk merebusnya, pastikan tombol berada pada posisi “COOK” sehingga rice cooker dapat berfungsi sebagai kompor. Setelah itu, masukkan mie instan dan tunggu hingga matang.




Quote:
Quote:Memasak Telur Ceplok (Telur Mata Sapi)
Quote:

Gimana caranya? Agan hanya perlu mengaktifkan tombol “COOK“, memanaskan margarin di dalam panci rice cooker, dan menggoreng telur sesuai selera Agan. Bisa didadar, dibuat mata sapi, atau bahkan diorak-arik.

Tapi ingat, jangan gunakan sodet besar berbahan logam karena ini akan merusak lapisan permukaan panci. Gunakanlah sodet berbahan kayu atau sendok makan sebagai alat untuk menggorengnya.

Selain itu, sebenarnya Agan tidak harus menggunakan margarin untuk menggoreng. Agan bisa tetap menggunakan minyak goreng biasa. Namun, menggunakan margarin akan lebih hemat dan membuat panci mudah untuk dibersihkan. Tidak ada minyak sisa yang terbuang sia-sia, deh.




Quote:
Quote:Memasak Agar-Agar
Quote:

Memasak jelly dan agar-agar menggunakan rice cooker sebenarnya sama saja dengan menggunakan kompor. Pertama, campurkan bubuk jelly atau bubuk agar-agar dengan 3,5 gelas air ke dalam panci rice cooker. Tambahkan gula pasir sesuai selera, aduk hingga merata dan tak menggumpal. Kemudian, aktifkan mode “COOK” dan aduk terus larutan hingga mendidih.

Setelah mendidih, jangan langsung tuang larutan ke dalam cetakan; biarkan larutan untuk dingin sejenak. Jika sudah tidak terlalu banyak asap yang mengepul, tuangkan larutan ke dalam cetakan dan masukkan ke dalam kulkas supaya bisa cepat disantap.





Quote:
Quote:Memasak Sup Ayam
Quote:

Sup ayam juga merupakan salah satu makanan yang bisa Agan masak menggunakan rice cooker. Untuk membuatnya, Agan perlu menyiapkan minyak goreng untuk menumis, 1 siung bawang putih, 1 potong ayam goreng — beli saja di warung —, bumbu sup instan, kaldu ayam bubuk, serta wortel atau sayuran lain sesuai selera.

Langkah-langkah membuatnya:

  • Tuangkan minyak ke dalam panci, sedikit saja, dan tunggu hingga panas. Setelah itu, tumis hingga harum bawang putih yang telah dicacah halus.
  • Masukkan air secukupnya dan rebus bersama dengan wortel yang sudah dipotong bulat-bulat. Tambahkan bumbu sup instan dan kaldu ayam bubuk sesuai selera.
  • Sambil menunggu mendidih, suwirlah ayam goreng yang telah kamu sediakan sebelumnya. Suwiran ayam ini untuk menguatkan rasa ayam pada kuah sup.
  • Masukkan suwiran ayam tersebut dan masak hingga wortel sudah matang dengan pas.




Quote:
Quote:Memasak Bubur Ayam
Quote:

Cara memasak bubur sama saja dengan memasak nasi biasa. Hanya saja, jumlah air yang digunakan harus lebih supaya beras bisa lunak. Gunakan perbandingan 1:4 untuk memasak bubur. Jadi, jika Agan menggunakan beras sebanyak 1 gelas, maka gunakanlah air sebanyak 4 gelas.

Saat akan dimasak, tambahkan sedikit garam untuk memberi rasa gurih pada bubur nanti. Sediakan juga suwiran ayam goreng, bawang goreng, kecap, dan kerupuk untuk menambah nikmat bubur buatanmu ini.




Quote:
Quote:Memasak Pancake
Quote:

Rice cooker juga bisa untuk membuat kue, lho! Panekuk atau pancake adalah salah satu contohnya. Untuk membuatnya pun Agan tidak perlu menyiapkan bahan dan alat yang begitu banyak, hanya perlu adonan pancake instan dan bahan-bahan penunjang yang telah dituliskan di boks adonan intsan tersebut. Campurkan semua bahan tersebut dan aduk hingga merata. Tidak perlu sampai benar-benar mengembang, yang penting semua sudah tercampur dengan baik.

Setelah semua tercampur, mulai proses memasak dengan mengaktifkan mode “COOK” dan tutup rice cooker dengan baik. Tunggu 40-45 menit dan siaplah mendapat kejutan seberapa besar pancake Agan kali ini.

Oiya, ada yang perlu diperhatikan. Buatlah adonan secukupnya dan jangan memenuhi panci rice cooker. Hal ini untuk menghindari adonan menempel pada tutup rice cooker saat mengembang.




Quote:
Quote:Memasak Pasta
Quote:

Langkah-langkah membuat pasta sama saja dengan saat kamu membuat mie instan. Rebus pasta secukupnya, tambahkan sedikit garam dan margarin supaya pasta tidak lengket. Tunggu sekitar 8 menit hingga pasta Agan al dente alias masak, tapi tak lembek. Untuk sausnya, beli saja saus pasta siap saji yang banyak tersedia di pasar swalayan. Membuat pasta tidak lagi repot, kan?



Quote:
Quote:Memasak Nasi Kuning atau Nasi Uduk atau Nasi Gurih atau Nasi Lemak
Quote:

Kata siapa memasak nasi kuning, nasi uduk, dan nasi goreng itu ribet? Dengan bantuan rice cooker dan bumbu sachet instan, Agan bisa membuat masakan nasi tersebut hanya dalam beberapa langkah saja.

Pertama, cuci beras hingga bersih dan masaklah menggunakan rice cooker. Setelah mulai terlihat asap, cek tingkat kematangan nasi Agan. Jika airnya sudah mulai menyusut, masukkan bumbu instan sesuai pilihan, dan aduk hingga merata. Tutup kembali rice cooker-nya dan tunggu hingga nasi benar-benar sudah matang.


ane copas dari threatnya biskuitenak..http://www.kaskus.co.id/thread/55e7e14812e25770228b456a/masakan-mudah-yang-bisa-agan-buat-pakai-rice-cooker-nasi-gak-termasuk/

semoga bermanfaat...
alhamdulillah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar